Tlp SekarangWA Sekarang
Manfaat Memasang Kamera Dashboard Pada Kendaraan Mobil

Kamera Dashboard via sidomi.com

Beberapa tahun belakangan ini penambahan fitur kamera dashboard pada mobil banyak yang menggunakannya. Selain membuat mobil anda semakin trendy, fitur tersebut juga dapat membantu pengemudi dalam hal yang lebih bermafaat, contohnya ketika terjadi suatu tindakan kejahatan kamera tersebut bisa menjadi bukti tentang bagaimana keadaan sebenarnya yang sedang terjadi di tempat tersebut.

Berikut beberapa manfaat dari penggunaan dashcam (dashboard camera) yang mungkin belum Anda duga sebelumnya.

1. Terhindar Dari Penipuan

Menghindari penindasan yang dilakukan dengan kedok kecelakaan. Pengendara yang mempunya fitur dashcam dapat menghindari kasus tersebut,terkadang saat seseorang mengalami tabrakan mereka akan saling menyalahkan antara beberapa pihak yang terlibat dalam kondisi tersebut. Rekaman yang terekam di kamera dashboard dapat menjadi bukti nyata untuk mengetahui siapa yang benar atau siapa yang salah dalam kondisi tersebut.

2. Sebagai Bahan Pelengkap Klaim Asuransi

Memudahkan klaim Asuransi tentang sebuah kecelakaan. Dengan pengunaan kamera di dashboard anda dapat membantu pihak asuransi untuk menyelidiki kejadian yang sedang anda alami sehinga mereka dapat lebih mudah untuk mengetahui kalau anda memang layak untuk mendapatkan klaim Asuransi tersebut.

3. Sebagai Bukti Rekaman Selama Mobil Berada Di Tempat Parkir

Dashcam dapat memantau kendaraan anda saat posisi parkir. Kejahatan atau kejadian yang tidak kita inginkan sering terjadi ketika jauh dari pandangan kita. Saat kondisi kendaraan dalam keadaan terparkir banyak sekali kejadian yang mungkin bisa terjadi seperti tersentuh oleh kendaraan lain atau tindakan pencurian. Disinilah manfaat memasang kamera di dashboard anda untuk merekan kejadian disaat mobil tersebut jauh dari pengawasan.

4. Dapat Melacak Kendaraan Mobil, Ketika Di Pinjam Oleh Orang Lain

Dashcam dapat menelusuri penyalahgunaan saat pemakaian kendaraan. Sistem dashcam yang selama ini ada akan menyala jika mobil dihidupkan. Dalam kasus kendaraan anda di pinjam oleh orang lain dan jika terjadi kejadian yang  tidak di inginkan, rekaman yang ada di dalamnya dapat membantu anda untuk menuntut ganti rugi jika terjadi sesuatu yang merugikan pada kendaraan anda.

Selain itu Dengan mudah anda dapat mengetahui kemana saja kendaraan anda digunakan. Sebagian perangkat dashcam sudah dilengkapi dengan GPS. Dengan demikian anda dengan mudah dapat melakukan pengecekan kendaraan lewat laptop atau smartphone yang terhubung dengan Internet.

5. Merekam Momen Penting Dijalan Raya

Ketika anda sedang mengendarai mobil pasti saja ada kejadian kejadian tak terduga yang nanti bisa kalian saksikan contohnya saja kendaraan yang tepat berada didepan anda sedang mengalami kecelakaan. Selain itu Mungkin ada kejadian lainnya seperti kejadian lucu.

Sayang sekali bila anda sedang mengalami kejadian lucu dijalan raya dan tidak sempat merekamnya langsung. Merekam menggunakan kamera dasboard ini tentu lebih mudah dan peraktis ketimbang menggunakan smartphone yang pengoperasiannya perlu memakan waktu yang cukup lama atau lambat.

Di kutip dari berbagai sumber.