Tlp SekarangWA Sekarang
Fungsi Sekring Pada Mobil

Sekring Mobil via tribunnews.com

Mengenal Sekring ( Fuse ) 

Sekring atau yang lebih di kenal dengan ” Fuse ” merupakan komponen terpenting pada suatau kendaraan.

Sekring ini pada dasarnya terdiri dari sebuah kawat halus pendek dan akan meleleh serta terputus jika dialiri oleh arus listrik dari sistem kelistrikan pada mobil yang berlebihan. Atau dengan kata lain, akan terjadi hubungan arus pendek ( shord circuit ) dalam sebuah perakatan listrik atau elektronika.

Dengan putusnya sekring ( fuse ) tersebut, maka arus listrik yang berlebihan tersebut tidak akan bisa masuk kedalam rangkaian elektronika sehingga tidaka akan merusak komponen – komponen yang terdapat dalam rangakian elektronika yang bersangkutan.

Fungsi Sekring ( Fuse )

Karena sekring tersebut akan berfungsi untuk melindungi peralatan listrik dan peralatan elektronika dari kerusakan akibat arus yang berlebihan. Sekring atau fuse ini sering juga disebut dengan pengaman listrik. Oleh karena itulah keberadaan komponen yang satu ini cukup dipertimbangkan dalam sebuah komponen elektronika. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari sekring ( fuse ) :

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk memutuskan hubungan ketika terjadi hubungan singkat atau dapat disebabkan oleh kelebihan arus yang mnegalir atau beban lainnya sehingga arus listrik tidak akan mengalir
  • Sebagai komponen yang berperan penting untuk menjaga komponen listrik pada mobil yang terdapat dalam sebuah rangkaian listrik.
  • Sebagai komponen yang berfungsi sebagai pengaman kelistrikan.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mencegak kebakaran, karena memang dengan adanya sekring atau fuse ini semua komponen kelistrikan yang ada akan aman.