Tlp SekarangWA Sekarang
Fungsi Dashboard Pada Kendaraan Mobil

Dashboard Mobil melalui otomania.gridoto.com

Setiap kendaraan mobil memiliki dashboard tepatnya  didepan pengemudi. Selain itu dashboard memiliki fungsi yaitu untuk menempatkan radio,CD,tempat minuman,laci,tombol-tombol kontrol AC,lampu,setir mobil dan lain sebagainya. Dan indikator pada umumnya yaitu : 

1. Speedometer

Speedometer merupakan petunjuk kecepatan kendaraan, umumnya dalam ukuran km per jam, tetapi beberapa jenis kendaraan menerapkan mile per jam.  Dalam speedometer tersebut tercatat angka dari 0-180 km per jam atau bahkan pada mobil sport ada yang 0-300 km per jam.

Angka yang tertera tersebut merupakan angka kecepatan teoritis, yang mana untuk mencapai kecepatan maksimum tentunya dengan posisi kondisi kendaraan masih prima baik mesin atau sasis.

Indikator ini ditunjukan oleh jarum atau sistem digital. Dengan indikator ini pengemudi dapat membaca kecepatan kendaraan melaju dijalan, dengan demikian pengemudi dapat mempertimbangkan keamanan berkendara disesuaikan kondisi jalan serta pertimbangan antisipasi pengereman.

Pada speedometer analog digerakan dengan mengukur kecepatan roda berputar  melalui gear dan dihubungkan dengan kabel baja yang secara nonstop berputar seiring dengan berputarnya roda.

Dengan demikian ukuran lingkar ban berpengaruh terhadap  pembacaan speedometer. Biasanya setiap kendaraan sudah ditentukan spesifikasi ukuran ban yang diperbolehkan. Makin dikecilkan ukuran lingkar ban dari yang seharusnya, maka semakin cepat berputar dan semakin cepat speedometer terangkat, begitupun sebaliknya.

2. Tachometer

Tachometer merupakan indikator kecepatan putaran mesin dengan satuan round per minutes (RPM). Umumnya angka yang ditunjukan adalah 1-8, angka tersebut masih harus di kali 1000. Bila jarum menunjukan angka 7 artinya bahwa mesin berputar pada 7000 putaran per menit.

Dalam indikator tachometer dibagi atas dua zona, hijau dan merah. Zona hijau adalah zona aman untuk putaran mesin, biasanya 1-6 selebihnya,  zona merah 7 adalah zona yang kurang aman bila mesin terus menerus berada pada zona tersebut.

Kondisi komponen serta kualitas oli perlu dipertimbangkan bila kendaraan selalu berada pada putaran tinggi selain pemborosan bahan bakar. Karena semakin tinggi putaran mesin, maka semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan mesin.

Komponen yang menggerakan jarum tachometer secara teknis hampir sama dengan speedometer. Hal yang membedakan hanya pada sumbernya.

Tachometer digerakan oleh gear yang dihubungkan dengan poros bubungan pada mesin, sedangkan yang menggunakan digital dihubungkan dengan koil. Sebaiknya putaran mesin harus dijaga tetap di zona hijau untuk menjaga keawetan mesin jangka panjang.

3. Petunjuk BBM

Skala ditunjukkan dengan huruf E (empty) dan F (Full). Bila poisis jarum sudah menyentuh garis merah atau garis E, umumnya masih tersisa bbm 5-9 liter, sehingga masih ada kesempatan untuk mencari pompa bensin terdekat.

Pada saat bbm sedikit, endapan termasuk air dalam tanki akan turut tersedot pompa dan akan menyumbat saluran bbm menuju mesin, sehingga kinerja mesin akan terganggu.  Sebaiknya dihindari posisi jarum dibawah seperempat dari skala untuk menghidari akibat tersebut.

Di kutip dari berbagai sumber.