Tlp SekarangWA Sekarang
Faktor Utama Velg Kendaraan Mobil yang Mudah Rusak dan Solusinya

                                                                              Ban Mobil via caramudah.id

Velg adalah lingkaran luar desain logam yang tepi bagian dalam dari ban sudah terpasang pada kendaraan seperti mobil. Contoh, pada roda sepeda di tepi lingkaran yang besar menempel pada ujung luar dari jari-jari roda yang memegang ban dan tabung.

Velg yaitu salah satu komponen kendaraan yang bersifat primer. Selain menopang ban, velg juga berfungsi sebagai penerus tenaga dari mesin dan mengendalikan arah gerak mobil. Namun, velg juga dikenal sebagai salah satu komponen mobil yang rawan sekali mengalami kerusakan. Kerusakan velg mobil yang terjadi pada umumnya dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan Anda dalam mengemudi. Wajib anda ketahui faktor utama velg kendaraan mobil yang mudah rusak, diantaranya yaitu :

1. Terlalu Sering Melintasi Jalan yang Rusak

Jalan rusak memang menjadi faktor penting yang menyebabkan velg mobil Anda cepat rusak. Apalagi jika Anda melintas dengan kecepatan di atas 30 km per jam alias ugal-ugalan, benturan keras yang terjadi pada ban Anda dapat menyebabkan velg menjadi bengkok. Terlebih jika ban Anda tak memiliki tingkat ketebalan yang baik.

Jadi, lebih baik kurangi kecepatan Anda dalam berkendara dan jangan terlalu sering mengerem mobil Anda pada jalanan rusak. Rem mendadak pada jalanan rusak juga dapat mengakibatkan velg Anda bengkok maupun pecah karena hantaman yang terjadi dengan bebatuan maupun lubang jalan.

2. Ban yang Tak Sesuai Dengan Velg

Velg mobil yang Anda pakai, tentu tidak dapat Anda pasangkan dengan berbagai jenis ban yang Anda sukai. Velg memiliki jenis masing-masing  yang juga harus disesuaikan dengan penggunaan ban-nya.

Biasanya, jika velg dan ban tidak sesuai, tingkat kenyamanan Anda dalam berkendara akan terganggu. Bahkan yang lebih buruk lagi, penggunaan ban yang tidak sesuai dengan jenis velg, dapat menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, ban yang tidak sesuai dengan karakter velg tentu dapat menyebabkan kerusakan velg lebih cepat. Baik itu dari segi ketebalan ban maupun degi tapak ban. Bagi Anda yang senang mengikuti kemajuan jaman dan memasang ban offroad, sebaiknya Anda diskusikan terlebih dahulu dengan mekanik bengkel supaya velg Anda diganti dengan yang sesuai.

3. Faktor Tekanan Angin

Ketika mengisikan angin pada ban, hendaknya Anda mengikuti standar dan prosedur pabrik yang telah ditetapkan. Sama seperti ketika ban terlalu tipis, tekanan angin yang tidak sesuai juga mudah menyebabkan kerusakan pada velg mobil Anda.

Anda dapat melihat tekanan angin yang dianjurkan oleh pabrik yang biasanya terdapat di bagian pintu mobil sebelah kanan depan. Apabila tekanan angin pada ban terlalu keras, hal ini dapat menyebabkan terjadinya bengkok ataupun benjol saat ban menghantam lubang yang ada di jalan.

Sebaliknya, tekanan angin yang terlalu lemah pada ban juga dapat menyebabkan velg lebih mudah berhubungan langsung dengan bebatuan maupun lubang yang ada di jalan. Jadi, tetap ikuti prosedur pabrik supaya tekanan angin yang Anda masukkan dapat sesuai dengan karakteristik velg Anda.

Di kutip dari berbagai sumber.