Tlp SekarangWA Sekarang
Penyebab Rem Mobil Blong Dan Solusinya

Rem Mobil Via otomotif.metrotvnews.com

Rem tentunya memiliki fungsi yang sangat vital. Fungsi rem secara umum yaitu untuk memperlambat ataupun menghentikan putaran mesin. Dengan adanya rem, tentu keamanan dan kenyamanan kendaraan anda akan terjamin.

Rem mobil memang harus diberikan perawatan secara berkala agar kondisinya tetap awet dan tidak cepat rusak. Rem yang blong merupakan kondisi dimana rem tidak dapat berfungsi sama sekali. Bahkan kasus rem blong ini menjadi penyebab utama dari kecelakaan yang sering terjadi dijalanan.

Bukan hanya pada mobil saja, rem blong juga dapat terjadi pada motor, bus, truk, dan kendaraan lainnya. Lalu apa saja yang menjadi penyebab rem mobil blong dan solusinya?

berikut penjelasannya :

  1. Oli Rem Habis

Oli rem yang kurang atau habis. Kondisi minyak rem yang kurang tentu saja membuat kinerja rem tidak maksimal, hal ini dikarenakan proses penerusan tenaga dibantu oleh minyak rem. Karenanya, Pastikan untuk selalu perhatikan kondisi volume oli rem jangan sampai anda menggunakan mobil saat oli rem sudah habis.
Jika kondisi nya berkurang sedikit, hal ini tidak akan jadi masalah asalkan tetap mencukupi dan mampu meneruskan tekanan hingga ke piston atau caliper agar dapat menekan kampas. Jika kondisi minyak rem anda berkurang drastis dalam jangka waktu yang singkat, Bisa saja hal ini disebabkan adanya kebocoran pada sistem pengereman mobil anda.
Tentunya anda harus segera memperbaikinya agar tidak terjadi resiko yang membahayakan. Lakukan pengecekan rutin setidaknya 3 minggu hingga satu bulan sekali. Apabola jumlahnya kurang, maka anda bisa menambahkannya hingga pada batas maksimal. Selain itu, pastikan anda menggunakan oli rem yang berkualitas.
  1. Kanvas Rem Aus 

Kanvas pada rem sudah aus sehingga membuat kinerja rem tidak pakem (rem blong). Kanvas rem yang sudah aus biasanya akan menimbulkan bunyi saat anda sedang mengerem kendaraan, namun ini hanya terjadi pada mobil-mobil tertentu yang sudah dilengkapi dengan plat indikator.
Kondisi kanvas rem yang aus tentunya sudah menjadi hal yang biasa, namun anda tak boleh membiarkannya begitu saja. Kanvas rem yang aus harus segera diganti.
  1. Seal Piston Master Silinder Rusak 

Kondisi seal piston master silinder juga menjadi salah salah satu penyebab rem blong. Seal piston master silinder yang sobek atau rusak biasanya dikarenakan faktor pemakaian yang sudah lama serta kualitas oli rem yang buruk. Oli rem yang tidak berkualitas akan membuat seal menjadi cepat rusak.
Untuk mengatasinya, tentu anda harus menjaga kualitas oli rem yang anda gunakan. Jangan menggunakan oli rem yang berkualitas buruk karena hal itu hanya akan membuat kerusakan pada sistem pengereman mobil anda.
  1. Vapour Lock

Vapour Lock merupakan kondisi dimana minyak rem menguap yang disebabkan pengaruh dari kondisi mobil yang terlalu panas. Suhu yang terlalu panas inilah yang membuat oli rem mendidih dan timbul gelembung udara yang ada pada sistem pengereman. Sehingga membuat kinerja rem tidak maksimal dan blong.
Penyebab vapour lock ini dapat dikarenakan suhu mobil yang terlalu panas karena pengereman serta kualitas oli rem yang buruk. Karenanya pastiakan anda selalu melakukan pengecekan rutin pada mesin kendaraan serta gunakan oli rem yang berkualitas untuk kendaraan anda.
  1. Piston Rem Rusak

Kondisi piston rem yang rusak dan aus, Hal ini akan menyebabkan kinerja piston tak maksimal saat meneruskan tekanan hidraulis yang berasal dari pedal. Periksa terlebih dahulu penyebab piston rem rusak, barulah anda bisa memperbaiki piston yang rusak tersebut.
  1. Selang Oli Rem Tersumbat

Kondisi selang oli rem yang tersumbat dapat menganggu kinerja sistem pengereman pada mobil anda yang dapat membuat rem menjadi blong. Tersumbatnya selang rem ini bisa terjadi karena terlalu banyak kotoran yang ada di dalam oli rem. Kotoran ini bisa disebabkan karena kotoran yang masuk melalui tangki cadangan.
Selain itu, oli rem yang kotor juga dikarenakan kualitasnya yang buruk sehingga menghasilkan endapan. Untuk mengatasinya, anda bisa memilih oli rem yang memiliki kualitas baik, Hal tersebut memang mahal namun akan merawat komponen di dalamnya.
  1. Sistem Pengereman Bocor

Beberapa komponen rem yang mengalami kebocoran tentu saja akan menyebabkn rem mobil blong. Bila kebocoran terjadi pada master rem, Hal ini biasanya disebabkan karena penggunaannya yang sudah cukup lama, sehingga kemampuan dan elastisitasnya berkurang.
Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda harus segera membawa mobil ke bengkel terdekat untuk diperbaiki. Nah, itu tadi beberapa informasi dari Penyebab Rem Mobil Blong dan Solusinya, Semoga Bermanfaat.
Dari berbagai sumber