Tlp SekarangWA Sekarang
Faktor Kampas Rem Mobil Habis Dan Harus Ganti

Kampas Rem via mekanikmitsubishi.com

Kampas rem pada mobil merupakan salah satu bagian yang memiliki fungsi cukup penting dan tentunya membutuhkan perhatian yang khusus. Tanpa kehadiran dan kondisi kampas rem mobil yang baik,maka tentu saja berkendara menjadi tidak nyaman dan aman untuk anda.

Kampas rem mobil juga dapat mengalami tergores dan habis sehingga perlu diganti. Hal ini dikarenakan cara kerjanya yang selalu menghentikan putaran dari roda sehingga menyebabkan kampas rem selalu tergores sampai habis.

Kampas rem mobil yang habis dan sudah lama tentu saja akan sangat berpengaruh pada peforma mobil. Selain itu,kampas rem mobil yang habis tentu saja akan membahayakan keselamatan berkendara anda apalagi jika anda senang menggunakan dalam kecepatan yang tinggi.

Tidak hanya itu saja,kampas rem mobil yang tidak segera diganti tentu saja akan menyebabkan kerusakan pada bagian mobil lainnya seperti :

1. Sistem suspensi akan bekerja lebih keras dari sebelumnya dikarenakan harus menstabilkan roda yang bergetar ketika melakukan pengereman.
2. Kerusakan pada piringan cakram.
3. Kerja power steering akan lebih keras dalam meredam getaran.
4. Kerusakan pada ban mobil.
5. Resiko ketika mengendarai di jalanan yang macet serta menanjak.

Tentu saja hal ini akan menyebabkan mobil mengalami kerusakan dan membuat anda harus mengeluarkan biaya yang berlebih. Untuk itu,penting untuk mengetahui kampas rem sudah habis atau tidak supaya segera dilakukan penggantian.

Nah berikut ini beberapa ciri kampas rem mobil yang habis yang perlu anda ketahui:

1.Injakan Rem Semakin Dalam

Ciri ciri yang paling jelas jika kampas rem mobil sudah habis adalah ketika anda menginjak rem mobil anda. Jika kampas rem mobil sudah habis,maka saat anda melakukan pengereman akan sangat terasa sekali jika injakannya semakin dalam dan jauh dibandingkan biasanya. Hal ini menjadi tanda yang jelas dan mudah dikenali ketika kampas rem mobil sudah mulai tergores habis.

2.Rem Bergerak Saat Digunakan

Ketika kampas rem mobil mulai tergores habis,maka secara tidak langsung akan mengakibatkan adanya gerakan-gerakan di rem mobil saat anda mengemudinya dalam kecepatan yang cukup tinggi dan tiba-tiba melakukan pengereman. Gerakan-gerakan yang terjadi biasanya dikarenakan kampas rem yang sudah habis sehingga menyebabkan permukaannya menjadi tidak rata.

3.Munculnya Bunyi Ketika Melakukan Pengereman

Saat kampas rem mobil mulai tergores habis,akan muncul suara atau bunyi yang cukup menganggu saat melakukan pengereman. Suara-suara yang muncul mirip seperti logam yang bergesakan satu sama lainnya.

Hal ini terjadi karena kampas rem mobil yang memang sudah habis sehingga hanya menyisakan bagian logamnya saja yaitu bagian besi yang bergesekan dengan piringan cakram rem secara bersamaan.

4.Menurunnya Minyak Rem

Ciri-ciri lainnya yang dapat anda lihat adalah pada bagian minyak rem mobil. Jika kampas rem mobil anda mulai habis tergores,maka akan terjadi penurunan minyak rem.  Anda bisa melihat jika terdapat rembesan ataupun tetesan minyak rem.

Hal ini bukan disebabkan karena adanya kebocoran pada minyak rem melainkan karena kondisi kampas rem yang sudah habis. Sehingga ketika anda sudah mengganti kampas rem mobil,maka kondisi minyak rem mobil anda akan kembali normal.

5.Adanya Serbuk Kampas

Ciri ciri lainnya yang dapat mudah terlihat ketika kampas rem mobil sudah mulai habis adalah adanya serbuk kampas yang berada di velg bagian dalam,terutama di daerah sistem pengereman. Jika kondisi ini sudah terjadi pada mobil anda,maka akan lebih baik jika anda segera mengganti kampas rem mobil anda dengan yang baru.

Nah berikut ini ada beberapa tips merawat kampas rem mobil yang baik:

  • Pertama,cobalah untuk memeriksa kondisi dengan posisi dari tromol terutama pada bagian penampang dudukan cakram. Hal ini berlaku pada tromol bekas maupun tromol baru sekalipun.
  • Bersihkan bagian tromol hingga penampang cakram benar-benar dalam keadaan yang bersih.
  • Selain itu pastikan jika permukaan dari dudukan cakram rata sehingga nantinya piringan cakram dapat berputar secara simetris  dan beban kampas tidak akan terlalu berat.
  • Jangan lupa untuk sering-sering membersihkan kaliper dan pin fleksibelnya. Hal ini memiliki tujuan supaya tekanan yang berasal dari kampas rem nantinya sama rata.
  • Perhatikan jika jarak bebas antara kampas rem dan piringan. Jika belum tepat,maka cobalah mengatur kembali ke posisi awal. Jangan sampai piringan cakram nantinya menyentuh kampas rem.
  • Pastikan selalu jika bearing roda mobil anda terlumasi dengan baik. Sehingga lakukan pelumasan secara teratur. Hal ini bertujuan supaya menghindari speling pada bearing mobil yang membuat piringan cakram bergesekan dengan kampas rem.

Jika dirasa sudah waktunya melakukan penggantian kampas rem,maka segera lakukan penggantian kampas rem mobil. Untuk menggantinya,anda bisa melakukan sendiri di rumah.

Berikut ini cara mudah mengganti kampas rem mobil sendiri:

  • Siapkan alat-alat seperti kunci roda,dongkrak,kunci pas,track, dan rubber grease.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan kampas rem yang baru.
  • Kendorkan semua mur yang ada pada roda yang akan dibongkar bagian brake pad
  • Dongkrak mobil di bagian depan,kemudian buka kampas rem yang berada di belakang roda.
  • Setelah itu lepas semuanya mur-mur roda dengan menggunakan kunci roda.
  • Bukalah roda dan lepaskan hubungan roda sampai terlihat bagian disc brake nya.
  • Kemudian buka pen caliper di bagian bawah dengan menggunakan kunci 12 atau 14. Buka juga pegangan selang minyak rem jika memang dibutuhkan. Hal ini karena ada beberapa tipe mobil yang terkadang kesulitan membuka caliper jika tidak dibuka pegangan selang minyak rem nya.
  • Tarik caliper tersebut ke atas,setelah baut dari pen caliper terbuka.
  • Tarik kampas rem mobil keluar melalui arah samping. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi dari pelumasan pen caliper sheingga nantinya mudah untuk ditarik atau didorong.
  • Setelah kampas rem terbuka,jangan lupa memindahkan plat kampas rem yang lama ke kampas rem yang baru.
  • Kemudian dorong piston kaliper ke arah belakang untuk menyesuaikan ketebalan dari kampas rem yang baru.
  • Setelah itu pasang brake pad baru pada posisinya dan lakukan pemasangan mur-mur dan bagian yang sudah dibongkar sebelumnya.

Nah itu ciri ciri kampas rem mobil habis yang dapat anda ketahui. Pastikan untuk segera mengganti kampas rem mobil dengan yang baru ketika anda melihat ciri-ciri yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Penggantian kampas rem akan sangat berpengaruh pada keselamatan dan keamanan anda ketika berkendars. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Dari berbagai sumber..