Tlp SekarangWA Sekarang
Efek Gonta Ganti Oli Mesin Pada Mobil Dan Juga Pada Motor

Oli via carreview.id

Pada saat ini memang semakin banyak sekali produsen oli yang menawarkan berbagai produk oli mesinnya, dan mereka juga menawarkan berbagai keunggulan masing-masing dan juga menawarkan harga yang berbeda-beda, ada yang menawarkan harga yang murah ada juga yang memberikan harga yang tinggi namun mengklaim memiliki kualitas yang sangat baik.

Namun jika dilihat dari fungsinya memang oli itu berfungsi untuk melumasi bagian yang ada didalam mesinn agar bisa berjajalan mulus dan juga menjadi pendingin pada mesin, dan oli juga berfungsi sebagai alat untuk bisa meminimalisir gesekan pada loogam yang ada didalam meisn sehingga tidak cepat terjadi keausan didalam mesin kendaraan.

Dan memang kualitas oli juga berbeda-beda satu sama lain, dan yang paling jelas dan bisa dilihat dengan mata telanjang itu urusan kekentalan dari oli, ada oli yang cenderung lebih kental dari oli yang lain ataupun sebaliknya, dan penggunaannya juga tergantung dari spessifikasi dari mesinnya.

Secara umum memang pada sekarang ini oli yang dibutuhkan itu oli mesin yang encer karena mesin-mesin sekarang memang memiliki komponen yang semakin rekat antara satu dengan yang lainnya.

Dan memang sekarang ini masih banyak sekali orang-orang yang masih sering menggonta-ganti oli mesin mereka untuk bisa mendapatkan performa mesin yang baik, namun ternyata ada efek yang harus diterima oleh pemilik kendaraan, jika anda sekarang ini masih melakukan hal tersebut sebaiknya anda mulai sekarang menghindarinya.

Efek Gonta Ganti Oli Mesin

Hal yang memang menjadi efek samping dari seringnya gonta ganti merk oli mesin seperti tarikan mesin yang terasa berkurang walaupun hal ini tidak terlalu signifikan namun tetap bisa dirasakan oleh pemilik kendaraan.

Beratnya tarikan mesin bisa terjadi karena oli merk A dan merk B itu memiliki zat yang berbeda dan anda juga sebenarnya tidak tahu bahan kimia apa saja yang terdapat pada oli mesin tersebut, pastinya ada kemungkinan terjadi reaksi didalam mesin karena adanya zat aditif yang berbeda-beda.

Jika pada saat memasukan oli baru pada mesin pastinya anda akan mendapati oli lama itu masih tertinggal didalam mesin kendaraan anda, dan hal inilah yang memang menjadi efek gonta ganti oli mesin yang anda rasakan saat ini.

Namun, hal ini memang mustahil jika dihilangkan karena sisa-sisa oli itu sangatlah sulit untuk dibuang walaupun anda sudah menyemprotnya dengan menggunakan kompresor untuk bisa membuang sisa-sisa oli mesin.

Jadi mulai sekarang anda itu harus menghindari gonta ganti oli, jikalau anda sudah terlanjur mengganti oli anda dengan merk lain maka anda harus rutin menggunakan merk yang baru tersebut, jangan sampai berpindah pada merk lain lagi karena hal ini akan mempengaruhi kinerja kendaraan anda.

Jadi misal sekarang anda mengganti oli dari merk A ke oli merk B dan penggantian oli berikutnya anda harus menggunakan oli merk B lagi, jangan sampai anda berpindah lagi ke merk C karena dapat terjadi hal – hal yang tidak di inginkan.