Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Merawat Pintu Mobil yang Benar Paling Mudah

Pintu Mobil via gooto.com

GADAIBPKBMOBIL.COM – Begini cara merawat pintu mobil yang benar dan paling mudah agar dalam berkendara, kenyamanan dan keamanan para penumpang adalah hal utama yang harus diperhatikan.

Selain untuk membuat kita tenang dan nyaman serta konsentrasi ketika mengemudikannya, hal ini juga di parhatikan untuk penumpangnya.

Cara Merawat Pintu Mobil

Salah satu penunjang keamanan dan kenyaman dalam mobil adalah pada bagian pintu. Tetapi pada aktualnya, pintu mobil ini sering luput dan sering lupa dari perhatian sang pemilik mobil tersebut. Padahal jika terjadi kerusakan pada pintu mobil, akan sangat berakibat fatal bagi semua penghuni mobil tersebut.

Misalnya saja pintu pintu tidak bisa digunakan, pastinya Anda tidak akan bisa menggunakan kendaraan Anda. Misalnya saja tiba-tiba terbuka dan tidak bisa ditutup lagi, Anda tentunya bisa membayangkan apa yang akan terjadi.

Untuk itu menjaga dan merawat pintu mobil juga merupakan suatu keharusan. Nah simak saja tips merawat pintu mobil :

Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Cara merawat pintu mobil yang pertama ialah wajib menyiapkan peralatan terlebih dahulu. Sebelum masuk ketahap perawatan, Anda telebih dahulu menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam perawatan mobil Anda.

Antara lain obeng plus dan obeng minus, kuas, solar, gemuk, atau pelumas lainnya yang bisa Anda gunakan dengan cara disemprotkan.

Buka Bagian Trim Pintu

Buka trim pintu (panel penutup) dengan posisi kaca turunkan ke bagian bawah, lalu buka baut yang menjadi pegangan pintu, dan gagang pintu tersebut dengan menggunkaan obeng plus yang tadi sudah Anda siapkan. Kemudian lepaskan tuas pemutar kaca dengan cara mencungkil pin nya.

Buka Bagian Panel Pintu

Cara merawat pintu mobil selanjutnya yakni dengan membuka panel pintu. Buka panel pintu dengan menggunakan obeng min yang tadi sudah Anda siapakan dengan cara mencungkilnya. Apabila mobil Anda kebetulan menggunakan power window, copotlah terlebih dahulu sakelarnya.

Jangan lupa untuk memperhatikan list kaca (weather strip). Setelah itu bersihkan semua kotoran yang menempel dengan menggunakan kuas dan juga solar yang tadi. Setelah itu bekas solar di lap hingga kering dan bersih.

Proses Pembersihan Bagian Regulator

Bersihkan juga gigi regulator hingga benar-benar tidak ada kotoran yang menempel, setelah itu oleskan dengan gemuk agar. Gemuk ini berfungsi sebagai pelumas agar tidak keras. Setelah itu periksalah penimbang regulator, juga rel atas dan rel bawah penggerak tangkai regulator.

Pastikan bersih dan terhindar dari kotoran. Untuk membersihkannya Anda dapat menggunakan solar, kemudian setelah diolesi gunakan juga pelumas yang berungsi agar tidak keras ketika Anda gunakan.

Proses Penyetelan Bagian Kaca

Apabila kaca kendaraan Anda kelihatannya miring, lakukan penyetelan kaca tersebut dengan cara menaikkan kaca mobil Anda setengah, kemudian setelah itu kendurkan dua baut penimbang bagian bawah.

Setelah itu, doronglah kaca kebagian belakang. Setelah dirasa sudah tidak miring, kencangkan kembali baut yang tadi Anda kendurkan agar posisinya kembali seperti semula.

Periksa Bagian Tangkai Besi Pengunci Pintu

Setelah melakukan ke tujuh langkah diatas, hal yang tidak kalah penting yang harus Anda perhatikan adalah memeriksa tangkai besi pengunci pintu. Terutama bagian bawah yang berfungsi untuk menggerakkan kunci. Apabila Anda temukan kotor atu berkarat, segera melakukan pembersihan.

Pemasangan Pintu Kembali

Langkah terakhir cara merawat pintu mobil adalah langkah pemasangan pintu kembali ke posisi awal. Pasangkan kembali panel pintu. Dan untuk mobil Anda yang menggunakan power window, jangan lupa untuk memasang kembali sakelar yang sebelumnya Anda lepaskan.

Lakukanlah langkah-langkah diatas setidaknya per 6 bulan sekali, agar pintu anda terhidar dari kerusakan atau ketidak nyamanan lainnya yang tidak kita harapkan.

(Dikutip dari berbagai sumber. Gambar: gooto.com)