Tlp SekarangWA Sekarang

Mobil merupakan salah satu alat transportasi roda empat yang dapat digunakan untuk mencapai suatu tempat tertentu. Banyak sekali kecelakaan mobil yang terjadi saat ini dan diakibatkan karena kurangnya perawatan mobil.  Baik itu perawatan mesin, perawatan ban, perawatan sparepart mobil serta perawatan lainnya.

Perawatan interior mobil

Interior yang bersih by rumah.com

Perawatan mobil tidak hanya dilakukan pada perawatan eksterior mobil saja tapi perawatan interior juga harus diperhatikan. Perawatan mobil diperlukan supaya mobil memberikan manfaat yang maksimal dalam penggunaanya. Tidak sedikit pemilik mobil lebih senang merawat eksterior mobil mereka dibanding interiornya, karena mereka beranggapan orang pasti akan menilai dari luar saja.

Cara Merawat Interior Mobil

Interior mobil juga perlu diperhatikan kebersihan dan perawatannya. Kenyamanan kamu saat berkendara juga ditentukan dengan keadaan interior mobil kamu. Apa jadinya jika saat kamu berkendara, keadaan interior mobil kamu terasa pengap, bau, dan berdebu.

Pasti tidak nyaman bukan? Nah, oleh karena itu perawatan interior mobil kamu juga sangat diperlukan. Kalau interior mobil kamu bersih, wangi dan terawat pasti orang yang berada di dalam mobil pun akan merasa nyaman. Mengendarai mobil juga akan khusuk, perjalanan pun akan terasa menyenangkan.

Merawat interior mobil tidak harus dilakukan di salon mobil, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah mulai dari membersihkan dashboard, karpet, jok dan plafon.  Pada artikel kali ini akan membahas tips merawat interior mobil yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini :

  1. Bersihkan Dashboard

Perawatan interior mobil

Perawatan Dashboard by blackxperience.com

Bila dashboard mobil kamu berdebu dan kotor maka orang akan memberikan kesan pemilik mobil kurang rajin dalam menjaga kebersihan. Debu yang menempel di sela-sela dashboard mungkin akan susah dibersihkan. Biarpun sudah dibersihkan menggunakan kemoceng tapi masih ada saja dedu.

Cara lain yang bisa kamu coba yaitu dengan membasahi lap dengan campuran air dan sedikit sabun cair. Kemudian mengelapkannya pada dashboard secara lembut supaya dashboard tidak lecet, dan lap lagi menggunakan lap kering.  Setelah itu oleskan biopolish leather care yang bertujuan untuk menjaga dashboard dari paparan sinar matahari supaya dashboard tidak mudah kering dan mengelupas.

  1. Membersihkan Jok Mobil

    Perawatan Interior mobil

Perawatan jok mobil via news.okezone.comCara merawat interior mobil selanjutnya ialah menjaga kebersihan jok. Bagian mobil yang satu ini rawan sekali dengan yang namanya rusak karena kegunaannya untuk duduk. Bagaimana bila jok mobil kamu keras tidak enak di duduki, penyebabnya karena kamu kurang memperhatikan perawatannya.

Cara mengatasinya kamu harus sering-sering melakukan perawatan pada jok mobil kamu dan mengetahui cara merawat jok mobil yang benar. Jika jok mobil terbuat dari kulit asli, yang perlu kamu lakukan adalah bersihkan bagian jok yang tidak terjangkau dengan vacum cleaner atau kuas. Basahi plas camois dan peras lalu usapkan pada jok mobil kemudian semprotkan cairan pembersih. Lakukan secara berkala selama 3-4 bulan.

Jika jok mobil berbahan bludru yang perlu dilakukan adalah bersihkan jok dengan menggunakan vacum cleaner jika tidak ada boleh menggunakan sikat yang berbulu halus. Semprotkan cairan pembersih ke jok mobil kemudian sikat jok mobil mengunakan sikat berbulu halus. Lap semua permukaan jok mobil dan keringkan.

Jangan mengeringkan jok mobil  mengunakan hair dryer karena dapat merusak kontur busa yang mengakibatkan tekstur busa menjadi keras.

  1. Membersihkan Flapon Mobil

Perawatan Interior mobil

Perawatan plafon Mobil by hello-pet.com

Membersihkan flapon harus lebih telaten lagi karena salah cara membersihkannya bisa-bisa flapon mobil kamu kendur, sobek atau rusak. Perawatan yang bisa kamu lakukan yaitu, basahi lap (jangan terlalu basah) usapka pada permukaan flapon secara halus kemudian semprotkan cairan pembersih fabric yang bisa didapatkan di toko matrial/otomotif terdekat.

Lap flapon menggunakan kain microfiber secara halus dan jangan terlalu di tekan karena bisa merusak flapon. Bila ada noda yang susah untuk dibersihkan gunakan sabun untuk membersihkannya tapi penggunaan sabun hanya di bagian noda saja, kemudian lap kembali flapon sampai benar-benar bersih dari sabun.

  1. Membersihkan Karpet Mobil

Perawatan Interior mobil

Membersihkan
karpet mobil by http://indonesiautosblog.com

Karpet merupakan bagian yang paling kotor yang ada di dalam mobil, karena sering di injak sehingga kotoran dari luar akan di bawa masuk oleh sepatu atau sandal ke dalam mobil dan menempel di karpet. Oleh sebab itu kamu akan memerlukan tenaga ekstra untuk membersihkannya.

cara membersihkan bagian dalam mobil yang pertama dengan keluarkan semua karpet yang ada di dalam mobil. Bila karpet terbuat dari kain, usahakan saat menyikat harus menggunakan sikat yang berbulu halus dan jangan menyikat terlalu keras.

Bila ada noda di karpet yang susah untuk dihilangkan, gunakan cairan stainremove untuk membersihkannya. Lap kembali karpet hingga bersih dan keringkan. Saat akan memasang karpet ke mobil, usahakan lantai mobil sudah dibersihkan dari debu dan kotoran.

Beda halnya dengan karpet yang terbuat dari karet, cara membersihkannya lebih mudah. Keluarkan karpet dari mobil, bersihkan karpet dari debu dan kotoran yang menempel kemudian sikat menggunakan sikat yang berbahan halus dan setelah selesai bilas menggunakan air bersih. Jemur karpet sebelum di di pasang lagi di lantai mobil.

Selain membersihkan bagian-bagian dalam mobil, alangkah lebih baik lagi bila kamu selalu menghindari beberapa masalah yang menyebabkan interior mobil kamu kotor, bau, pengap dan berdebu.

Caranya yaitu jangan meroko di dalam mobil, karena asap rokok meninggalkan bau yang lumayan tidak sedap. Selain itu, puntung rokok dan juga debu bekas rokok membuat interior mobil kamu menjadi kotor. Kalaupun mau merokok di dalam mobil, sediakan pewangi semprot atau pewangi mobil lain supaya menetralisir bau tidak sedap yang ditimbulkan rokok.

Selain rokok, hindari juga makanan-makanan basah seperti nasi, sayuran, roti yang di simpan dalam mobil. Makanan basah yang dibiarkan berada di mobil berhari-hari akan menimbulkan bau asem/tidak sedap. Bila ada makanan yang tumpah di dalam kabin mobil, segera bersihkan menggunakan sabun.

Bagi mobil yang jok nya terbuat dari kulit, jangan parkir mobil di tempat yang panas karena akan merusak jok kulit dan juga akan mengeluarkan bau pada jok.

 

Sekian informasi dari saya, semoga artikel diatas dapat menjadi wawasan bagi kita semua yang memiliki kendaraan pribadi. Terimakasih