Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Merawat Body Mobil dan Menjaga Dari Debu

Body Mobil via komunitas.bukalapak.com

Dapat dikatakan bahwa seluruh pemilik mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra adalah pemilik mobil baru,karena mobil ini sendiri baru pertama kalinya di launching pada bulan Agustus 2016. Bahkan banyak di antaranya yang baru pertama kali memiliki mobil atau baru pertama kalinya memiliki mobil baru.

Mobil baru,tentu membutuhkan perawatan supaya tampilannya indah dan penampilannyaa dapat lebih lama bertahan. Untuk itu,berikut kami sampaikan beberapa cara dari anggota Indonesian Calya Sigra Family (ICFS) di berbagai daerah di Indonesia,terkait perawatan harian untuk unit Calya–Sigra baru yang dimilikinya.

Berikut adalah Tips Merawat Cat Mobil, yang disampaikan oleh Oyotegy,salah seorang anggota ICSF yang disampaikan melalui WA grup,supaya cahaya cat bertahan lebih lama :

Cara yang pertama kali anda lakukan adalah menghindari mobil dari sinar UV atau sinar matahari yang terlalu berlebihan. Saat berhenti carilah tempat parkir yang teduh jika mobil akan diparkir lama. Tetapi saat ini terkadang jarang tempat parkir yang teduhhal ini bisa anda atasi dengan menggunakan sarung mobil atau penutup mobil lainya.

Berikutnya yaitu menggunakan sabun atau shampoo khusus mobil ketika mencuci mobil,karena sahmpo mobil memiliki kemampuan yang sudah disesuaikan untuk merawat cat mobil.

Jangan menggunakan deterjen dan sabun colek untuk mencuci mobil karena mengakibatkan body mobil semakin tipis dan menjadikanya kasar,banyak yang membuktikan bahwa menyuci mobil menggunakan sabun colek dan deterjen berpengaruh pada warna mobil yang tidak merata dan tidak terlihat bersih.

Cara selanjutnya yaitu membersihkan bagian luar mobil dengan kain yang halus atau tidak kasar. Biasanya sudah tersedia kain khusus untuk lap mobil seperti chamois atau kanebo. Jika anda tidak mempunyai kain Chamois Otolovers bisa menggunakan kain lain yang berbahan halus dan lembut.

Cara membersihkan mobil dengan kain lap selanjutnya yaitu memperhatikan body. Jika body mobil dalam keadaan kering maka anda harus menyiramnya terlebih dahulu,banyak yang tidak mengetahui jika mengelap body dalam keadaan kering dapat mengakibatkan body terlihat tidak bersih dan meninggalkan bekas goresan kecil.

Cara merawat cat mobil berikutnya yaitu mencuci mobil secara teratur. Penyucian secara teratur bertujuan untuk menghindari kotoran yang menempel terlalu lama karena dapat mengurangi cahaya cat mobil anda. Tetapi menyuci mobil tidak harus setiap hari,minimal seminggu sekali saat musim kemarau,dan lebih sering lagi ketika musim hujan.

Saat mobil anda terkena air hujan jangan dibiarkan,langsung siram dengan air bersih lalu keringkan atau anda bisa mencucinya. Ternyata air hujan mengandung asam yang cukup tinggi sehingga dapat memudarkan cat mobil jika dibiarkan.

Tips yang terakhir adalah memarkir kendaraan saat malam hari. Jauhkan memarkir kendaraan di tempat yang terbuka karena air embun dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan body mobil. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dapat mengakibatkan body mobil anda mengalami retak-retak kecil. Pasang sarung mobil saat parkir untuk menjaga dari benda-benda yang dapat memudarkan cat mobil.

Tips mencuci mobil lebih baik menggunakan metode 2 ember,dengan cara :

Ember 1 berisikan air + sabun,ember 2 berisi air bersih saja.
Setelah spon dicelup ke ember 1 dan sudh diratakan ke body jangan langsung dicelup ke ember 1 celuplah ke ember 2 tujuannya untuk merontokkan debu2 yg menempel di spons/alat bantu cuci kendaraan,setelah itu silahkan kembali celup spons ke ember 1. Karena kalau langsung di celup ulang dengan 1 ember kotoran akan tercampur ke cairan sabun dan itu menyebabkan swirl atau baret halus pada body. Jika ember 2 sudah berasa kotor segera ganti dengan air baru

Sementara itu,anggota ICFS dari Yogyakarta,Sulis Tianto memberikan beberapa contoh produk yang dapat digunakan untuk perawatan mobil antara lain :

Yaitu shampoo mobil yang sekaligus berfungsi sebagai wax (pemoles) sehingga kilau cat bertahan lebih lama. Berdasarkan pengalaman ketika menggunakan shampoo mobil ini,maka kotoran/debu tidak mudah menempel pada body mobil.

Adapun pembersihan debu dari body mobil, disarankan supaya menggunakan kemoceng dari bulu domba dan menghindari kemoceng bulu ayam. Kenapa ? Karena apabila menggunakan kemoceng bulu ayam,dan terdapat bulu ayam yang patah,maka dapat memperbanyak baret pada body mobil.

Sebagai bahan pemoles yang mudah diaplikasikan,pemilik Calya–Sigra juga  dapat menggunakan produk ini :

Berdasarkan pengalaman,dengan wax spray tersebut,permukaan mobil seolah terlapisi,sehingga debu tidak mudah menempel baik pada body maupun kaca. Bahkan air hujan langsung mengalir pergi,tanpa menempel pada body dan kaca mobil.

Namun menurut beberapa sumber yang penulis temukan, penggunaan wax yang dioles memberikan hasil polesan yang lebih bertahan lama daripada waz spray.

Dari berbagai sumber..