Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Membersihkan Dan Merawat Setir Mobil

Setir Mobil via afikrubik.com

Setir mobil mungkin saja menjadi interior pertama yang menarik minat pengemudi ketika duduk di dalam sebuah mobil. Mobil sekarang mempunyai banyak fitur yang berada di roda kemudi. Oleh sebab itu,kondisi setir mobil harus selalu dalam keadaan yang bersih dan indah dipandang mata sehingga memudahkan penggunaan fitur-fitur fungsional tersebut sekaligus menambah kenyamanan ketika sedang berkendara.

Berikut adalah tips membersihkan dan merawat setir mobil:

1.Setir Dengan Balutan Bahan Plastik atau Vinyl

Cairan pembersih plastik atau vinyl sangat mudah sekali didapatkan di toko ataupun supermarket terdekat. Dapat juga menggunakan air hangat yang dicampur dengan shampoo apa saja. Diusahakan tidak terlalu kental komposisinya. Kemudian isi cairan pembersih tersebut ke dalam botol sprayer dan siapkan juga sikat gigi,kain lap bersih dan kain microfibre.

Langkah-langkah membersihkannya adalah seabagai berikut:

  • Semprotkan cairan pembersih secara merata di permukaan plastik pembungkus roda kemudi,lalu diamkan beberapa menit.
  • Setelah beberapa waktu,gosok dengan kain lap bersih. Bersihkan kotoran yang menempel di atas permukaan roda kemudi dengan gosokan yang lembut sehingga tidak merusak bahan plastik.
  • Jika masih ada kotoran yang membandel,semprotkan sekali lagi dengan cairan pembersih. Gunakan sikat gigi untuk mengangkat kotoran tersebut. Setelah itu,keringkan dengan menggunakan kain bersih dan halus atau kain microfibre.

2. Setir Dengan Balutan Bahan Kulit

Belilah pembersih khusus untuk bahan kulit di toko ataupun supermarket terdekat .Dapat juga menggunakan air hangat yang dicampur dengan shampo apa saja. Kemudian isi cairan pembersih tersebut ke dalam botol sprayer dan siapkan juga sikat gigi,kain lap bersih dan kain berserat halus.

Langkah-langkah membersihkannya adalah seabagai berikut:

  • Hilangkan debu yang biasanya menempel pada kemudi berbahan kulit dengan menggunakan kuas atau kain lap kering.
  • Semprotkan pembersih ke seluruh permukaan roda kemudi secara merata dan biarkan beberapa saat sampai meresap ke bahan kulit tersebut.
  • Gosok lembut dengan sikat gigi terutama pada bagian-bagian roda yang ada noda membandelnya.
  • Bersihkan dengan kain lap bersih dan kering.
  • Perlu diingat untuk membersihkan pada bagian tengah kemudi terutama pada tombol-tombol fungsional yang ada pada mobil-mobil masa kini. Bersihkan dengan menggunakan kain lap basah yang sudah diperas kering.
  • Langkah pamungkas,gunakanlah bahan conditioner ke semua permukaan berbahan kulit yang ada di roda kemudi. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembaban bahan tersebut.

Selain membersihkan roda kemudi,ada cara yang paling ampuh untuk menjaga kondisinya,yaitu melakukan perawatan yang maksimal. Cara perawatan berikut ini akan membantu menjaga kondisi roda kemudi anda.

1.Biasakan mencuci dan mengeringkan tangan sebelum mengemudi atau memegan setir dalam keadaan bersih.

2.Perlu diingat untuk membersihkan roda kemudi dan dashboard saat melakukan pencucian mobil. Dan selalu menjaga kondisi roda kemudi anda tetap kering. Untuk yang berbahan kulit supaya tetap dalam keadaan lembab.

3.Pilih produk perawatan yang netral dan melembabkan khusus untuk material pembungkus roda kemudi. Biasanya tidak mengkilap.

4.Diusahakan parkirkan mobil di tempat yang tidak terkena langsung matahari karena dapat meningkatkan suhu dalam kabin atau bisa juga menggunakan sun shade atau body cover jika terpaksa lama berada dibawah terik matahari. Akibatnya bahan pembungkus jok,dashboard dan roda kemudi akan cepat rusak atau pecah-pecah.

Dari berbagai sumber..