Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Efektif Cegah Ac Mobil Bau

Cegah Ac Bau Via superpolishpremium.com

Ac Mobil merupakan salah satu perangkat penting yang harus ada di dalam mobil. Selain berguna untuk mengusir hawa panas, AC mobil juga berguna sebagai pendingin kabin terutama pada saat musim kemarau tiba. Berbagai permasalahan pada AC mobil seperti bau yang tidak sedap dan apek sering kali mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara.

Keliru dalam memilih pengharum mobil dan minimnya perawatan interior merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya bau tidak sedap dari AC mobil. Debu-debu dari luar yang mengendap di dalam evaporator akan mengganggu kinerja AC mobil anda. Saat debu bercampur dengan air dari saluran AC itulah yang akan memicu tumbuhnya jamur.

Jamur inilah yang akan Menimbulkan bau tak sedap pada AC mobil. Jadi diperlukan pengharum ruangan yang tetap dan sesuai dengan kondisi mobil anda. Interior yang tidak rutin dibersihkan, seperti membiarkan karpet basah hingga kering dengan sendirinya akan menyebabkan timbulnya jamur dan bau tak sedap. Bagaimana agar mobil anda terhindar dari masalah tersebut.

Langsung saja simak beberapa cara efektif cegah Ac mibil bau berikut ini :

  1. Menjaga kebersihan kabin mobil

Pisahkan dan kluarkan barang/benda yg tidak diperlukan dalam mobil,kemudian rapihkan benda-benda yang sekiranya masih digunakan. Jika memungkinkan, masukkan ke laci atau glove box. Area lantai adalah area yang mudah meninggalkan kotoran seperti pasir, tanah. Area tersebut wajib anda Bersihkan secara rutin.
  1. Bersihkan sisa-sisa makanan atau minuman

Jika ada sisa makanan atau minuman didalam kabin mobil ana, usahakan untuk segera diambil dan dibersihkan untuk mencegah munculnya bau tak sedap. Makanan yang mempunyai aroma yang menyengat, seperti durian dan lain sebagainya dapat meninggalkan aroma dalam jangka waktu lama. Apabila makanan tersebut masih dapat konsumsi, usahakan untuk memasukkan kedalam wadah yang tertutup rapat.
  1. Jangan gunakan karpet yang masih basah

Ketika mobil anda dicuci, sebaiknya beberapa jenis karpet yang ada dalam mobil anda juga ikut dibersihkan dengan air. Kemudian tunggu sampai karpet benar-benar kering, sebelum dipasang ketempat semula. Karpet yang basah dapat meninggalkan kelembaban di area lantai mobil anda, dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dikemudian hari.
  1. Keringkan sisa makanan yang tumpah dijok

Terkadang saat makan didalam mobil makanan atau minuman bisa saja tidak sengaja jatuh atau tumpah. Hal ini tentu akan mengotori area jok mobil. Usahakan untuk langsung  membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela jok mobil tersebut sebelum timbul masalah bau dikemudian hari. Gunakan tisu basah atau kain halus untuk membersihkannya.
  1. Gunakan Pengharum

Untuk menjaga agar aroma kabin terasa wangi dan segar, Anda bisa menambahkan pengharum ruangan didalam kabin mobil anda. Tersedia berbagai jenis merk dan aroma dari parfum tersebut disesuaikan dengan selera anda. Akan tetapi gunakanlah pengharum  ruangan sewajarnya. Jika terlalu berlebihan, partikel parfum dapat menempel di evaporator. Dalam jangka waktu tertentu evaporator akan kotor dan timbul jamur. Hal ini dapat menimbulkan masalah AC bau tak sedap nantinya.
  1. Jangan merokok dalam mobil

Bagi sebagian orang, merokok saat mengendarai mobil dapat menghilangkan kejenuhan. Namun  ketika rokok dinyalakan dan mobil melaju, ada sebagian asap rokok yang masuk ke kabin. Meskipun saat merokok kaca jendela sudah dibuka. Asap tersebut akan tetap menempel pada kain atau material interior kabin dan dapat menimbulkan bau asap rokok dikemudian hari.
  1. Gunakan heater

Beberapa jenis mobil dilengkapi dengan heater pada sistem AC. Heater ini berfungsi untuk menghangatkan suhu ruangan dalam mobil. Hidupkan heater sesekali waktu dan blower diposisikan hi agar dapat mengurangi timbulnya jamur pada kabin mob8il anda.
  1. Bersihkan filter AC secara rutin

Sistem AC pada mobil tertentu dilengkapi dengan filter AC. Filter ini berguna untuk menyaring partikel debu didalam kabin, sehingga kabin menjadi bersih. Melakukan pembersihan secara rutin pada filter AC dapat mengurangi timbulnya bau pada kabin. Agar lebih praktis, lakukan bersamaan saat melakukan servis kendaraan.
  1. Gunakan mode recirc

Pada beberapa AC mobil terdapat dua pengaturan air inlet mode, yakni refresh dan recirc atau recirculation. Mode refresh memungkinkan udara luar dapat masuk ke kabin kemudian  didinginkan oleh unit cooler. Mode ini sangat cocok untuk berkendara di tempat yang sejuk, udara cukup bersih tanpa perlu membuka kaca jendela.
Mode recirc hanya mensirkulasikan udara yang ada dikabin, sedang udara dari luar kabin akan di cegah masuk. Usahakan untuk selalu menggunakan mode recirc apabila berkendara di kota besar dengan kepadatan mobil banyak.
  1. Kendarai mobil dengan kaca tertutup

Ketika sedang berkendara, usahakan pintu dan kaca selalu tertutup rapat. Selain dapat mencegah masuknya debu dari luar, hal ini bertujuan agar udara luar tidak masuk ke dalam kabin. Sehingga aroma yang berada diluar mobil, seperti asap knalpot, dan lain sebagainya tidak masuk ke dalam.
Dari Berbagai Sumber