Tlp SekarangWA Sekarang
7 Cara Mudah Dan Sederhana Merawat Spare Parts AC Mobil Agar Tahan Lama

Merawat Ac Via rotarybintaro.co.id

Pernahkah anda mengalami kerusakan pada sistem AC mobil ?

Tanda dari kerusakan pada AC mobil yang paling mudah dirasakan adalah perubahan temperatur atau suhu AC mobil. Dari yang biasanya AC menghembuskan udara dingin,  berubah menjadi kurang dingin bahkan tidak dingin sama sekali.

AC yang tidak lagi menghembuskan udara dingin atau sejuk biasanya disebabkan oleh komponen  AC mobil yang mengalami kerusakan. Ada beberapa  jenis kerusakan pada spare parts AC mobil. Seperti contohnya, kebocoran oli kompresor, kerusakan pada expansi, cooling fan mati, kebuntuan pada kondensor, dan lain sebagainya.

Kerusakan  pada spare parts AC mobil sebetulnya  bisa dicegah. Paling tidak diminimalisasi agar umur pemakainya lebih awet atau tahan lama. Salah satunya dengan service AC mobil rutin.     Lalu perawatan lain spare parts AC mobil bisa kita mulai dengan melakukan 7 Cara mudah dan  sederhana berikut ini :

1. Bersihkan Kabin Mobil Secara Rutin

Mobil yang setiap hari dipakai entah itu untuk pergi ke kantor, antar anak, atau untuk usaha pasti terdapat banyak  macam kotoran menempel pada kabin setelah pemakaian . Kotoran yang kasat mata maupun yang tak kasat mata seperti debu halus yang ada di kabin ternyata bisa menghambat kinerja AC mobil. Kotoran-kotoran tersebut bisa menempel di spare parts seperti kondensor, kompresor, dan lain sebagainya.

Kotoran yang masuk ke komponen-komponen sistem AC mobil dapat mengakibatkan korosi, sehingga spare parts atau komponen akan cepat aus dan rusak. Untuk pencegahan kita bisa dengan rutin membersihkan kabin dari kotoran yang terlihat. Akan lebih bagus lagi jika kita selalu membersihkan saat mobil habis digunakan. Alternatif lainnya adalah dengan memasang filter kabin, untuk meminimalisasi kotoran yang masuk ke sistem AC.

 

2.   Bersihkan Filter Kabin

Sebagai penapis debu dan kotoran, filter kabin sangat mudah kotor. Sebelum kotoran yang menempel pada filter kabin terlalu banyak, sebaiknya segera dibersihkan. Anda bisa membersihkannya dengan cara menyemprotkan angin atau vacuum. Namun jika ternyata filter kabin mobil anda sudah terlalu banyak kotoran yang menempel, sebaiknya segera ganti filter kabin dengan yang baru.

Pentingnya membersihkan filter kabin pada mobil anda. Karena jika filter kabin sudah terlalu kotor, bisa mengakibatkan hembusan AC mobil menjadi kurang dingin. Dan juga spare parts seperti kompresor harus dipaksa untuk bekerja lebih keras yang mengakibatkan kompresor atau spare parts lainnya mudah aus dan mengalami kerusakan.

3.   Bersihkan Kondensor

Kondensor adalah salah satu spare parts dalam sistem AC mobil yang fungsinya untuk menyerap udara panas dari freon yang sebelumnya mendapat tekanan dari kompresor. Kondensor juga berfungsi untuk mengubah gas freon menjadi cair.

Kondensor bisa anda bersihkan ketika anda sedang mencuci mobil. Kotoran yang menempel pada kondensor bisa menyebabkan aus dan kebocoran pada AC. Kondensor yang sudah bersih dari kotoran akan membuat hembusan AC mobil menjadi lebih segar dan dingin. Dan  kinerja dari spare parts lainnya juga bisa optimal, Dan akan lebih tahan lama masa pakainya.

4.   Tidak Merokok Dalam Mobil

Tidak merokok saat mobil melaju dan AC mobil dalam keadaan menyala. Asap rokok bisa menggangu kinerja evaporator yang  dapat mengakibatkan evaporator mengalami kerusakan. Asap dari rokok yang menyala akan terhisap blower kemudian menempel pada evaporator.

Kotoran dari asap rokok akan mengendap pada evaporator. Kotoran yang mengendap inilah yang akan menghambat kinerja si evaporator. Guna meminimalisasi kotoran pada evaporator sebaiknya anda membersihkan evaporator secara rutin. Dan usahakan jangan merokok di dalam mobil saat AC mobil menyala.

5.   Cek Putaran Ekstra Fan

Fungsi ekstra fan pada sistem AC mobil adalah untuk membantu proses pendinginan kondensor. Proses itu dinamakan kondensasi, kondensasi yang maksimal akan memberikan udara dingin dari AC mobil anda. Usahakan agar anda mengecek ekstra fan secara berkala dan rutin. Supaya  AC mobil tetap menghasilkan udara dingin, Dan juga kinerja semua spare parts sistem AC mobil tetap lancar. Dan hasil dari itu semua akan menjaga keawetan spare parts mobil anda.

6.   Pastikan Parkir di Tempat Teduh

Jika anda masih sering memarkir mobil di tempat yang langsung terkena panas matahari, sebaiknya besok jangan lagi anda lakukan. Karena apa? Mobil yang terparkir ditempat yang panas akan mengakibatkan kabin mobil ikut panas. Sehingga pada saat dihidupkan, AC mobil akan membutuhkan tenaga ekstra untuk mendinginkan kabin panas tersebut. Hal tu akan menguras tenaga spare parts dan perlahan akan menjadi aus dan rusak.

 

7.   Usahakan Rutin Service AC Mobil

Service AC mobil secara berkala akan membuat spare parts AC mobil menjadi lebih awet dan  tahan lama. Dan AC pada mobil anda akan terus menghasilkan udara segar dan dingin. Untuk service AC sebaiknya anda bawa pada bengkel terpercaya dan mrngutamakan kebutuhan konsumen.

Dari Berbagai Sumber