Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Benar Merawat Pintu Geser Mobil

Pintu Geser Mobil Via riauauto.blogspot.co.id

Mobil yang menggunakan pintu geser biasanya adalah mobil-mobil MPV Premium, contohnya,  seperti Honda Freed, Daihatsu Luxio, Toyota Alphard dan masih banyak lagi.  Selain memiliki pintu geser mobil-mobil tersebut juga dilindungi dengan body yang super premium, tampilan pintu geser pada mobil tersebut memang layaknya pemanis namun sebenarnya perannya sangatlah penting.

Tetapi, sayangnnya sebagian dari pemilik mobil dengan pintu geser tersebut, banyak yang belum mengetahui betapa pentingnya merawat pintu geser. Mobil dengan menggunakan pintu geser pastinya terlihat lebih menarik dibandingkan mobil yang menggunana desain pintu biasa. Untuk  perawatan sebenarnya sama yakni pada masalah roda-roda pada pintu gesernya, Untuk lebih jelasnya.

Langsung saja anda simak caranya berikut ini :

  1. Kondisi Rel Pintu Geser

Dengan memperhatikan kondisi rel pintu geser, saat membersihkannya sebaiknya anda menggunakan lap khusus yang lebih halus karena kotoran kecilpun bisa mempengaruhi kondisi rel pintu geser, gunakan lap bersih untuk membersihkannya jangan lupa semprotkan cairan khusus seperti pelumas.
semprotan ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan sisa pelumas. Dan jangan lupa perhatikan juga bagian-bagian dalam rel pintu geser barang kali ada kotoran seperti daun yang masuk dalam bagian rel pintu geser anda.
  1. Pelumas Gemuk

Setelah rel dibersihkan pastinya tinggal kita olesi dengan gemuk (sejenis pelumas pasta yang menggandung paraffin), hindari penggunaan gemuk yang menggandung oli karena oli bisa membuat debu dan kotoran mudah menempel, jangan lakukan perawatan dengan menggunakan oli untuk melumasi rel pintu sliding karena hal tersebut hanya akan membuat area tersebut cepat kotor dan nantinya akan berpengaruh pada perfoma pintu mobil anda.
  1. Bearing

Berikutnya yaitu mengecek dan rawat kondisi bearing, Bila pintu geser mulai menggeluarkan bunyi yang tidak biasa maka sebaiknya anda segera  melakukan perawatan pada bearing, maka lumasilah bearing dengan hati-hati usahakan jika pelumasnya menetes ke body mobil maka anda harus langsung bersihkan dengan kain halus lalu siram dengan air kemudian bilas  dan lap lagi sampai kering.
  1. Untuk Menghemat Aki

Selanjutnya menggunakan sistem elektrik, sebagai tips saja pada saat kondisi mesin mati usahakan pintu geser jangan terlalu sering di buka tutup. dengan melakukan buka tutup pada pintu geser elektrik,  maka pada saat mesin mati dapat menyebabkan aki tekor.
Saat sedang di buka atau di tutup sebaiknya jangan mempercepat gerakan pintu geser, biarkan sistem kerja elektrik bekerja dahulu sampai selesai, jika hal tersebut sering dilakukan dapat merusak sistem kerja elektrik.
  1. Hindari Benturan

Menggurangi benturan, benturan yang dimaksud yaitu jangan ada benturan keras saat menutup pintu mobil. dengan adanya hentakan keras akan merusak pintu mobil bukan hanya pintu saja tapi bisa berakibatkan pada pengait pintu yang bisa rusak ataupun patah. labih baik tutup pintu dengan pelan.selain itu perhatikan juga barangkali ada benda di dekat pintu geser anda.
Dari Berbagai Sumber