Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Benar Memilih Oli Mesin

Oli Mesin Via otospek.com

Tahukah Anda, Memilih oli mesin yang tepat bisa memperpanjang usia mesin mobil? Mesin pada setiap mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, hal ini tentu membutuhkan cara perawatan yang tidak sama. Salah satu yang harus mendapatkan perhatian lebih yaitu  pemilihan oli mesin yang tepat. Memang, memilih oli mesin secara sembarangan tidak akan memberi dampak secara langsung.

Namun, dampak yang ditimbulkannya akan muncul dalam jangka panjang. Daripada mesin mobil lebih cepat mengalami kerusakan lebih baik Anda jaga dan rawat mesin mobil Anda agar tetap awet dan tahan lama. Satu hal yang harus diingat, oli mesin harus diganti tepat waktu. Sebab jika oli mesin tidak diganti pada waktu yang tepat hal tersebut akan berakibat cukup fatal bagi kondisi mesin mobil.

Terlebih akhir-akhir ini banyak jenis oli mobil baru yang beredar di pasaran. Hal ini tentu membingungkan para pemilik mobil. Yang perlu Anda ketahui oli mobil mahal belum tentu baik dan cocok untuk mobil Anda. Pilihlah oli mobil sesuai dengan kebutuhan mobil Anda agar memberi efek yang optimal bagi performa mobil.

Selain sebagai pelumas, oli juga memiliki fungsi sebagai pendingin, anti karat, dan juga sebagai penutup celah pada dinding mesin. Dengan adanya oli mesin maka gesekan antar komponen yang terdapat di bawah kap mesin jadi lebih halus dan tidak akan menimbulkan kerusakan satu sama lain. Selain itu, suhu mesin juga jadi lebih stabil dan ideal.

Langsung saja anda simak caranya berikut ini :

  • Pilih Oli Sesuai Mesin Mobil Anda 

Tidak sedikit orang yang masih belum bisa memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mobil nya sendiri. Padahal, hal ini merupakan poin yang sangat penting guna menjaga kondisi mobil. Parameter SAE (Society of Automotive Engineers) yaitu salah satu parameter yang bisa dimanfaatkan untuk memilih oli mobil.
Biasanya terdapat kode spesifikasi pada mesin mobil yang tertulis 5W-50, 15W-50, 15W-40, dan lainnya. Cara membaca kode di atas yait, huruf ‘W’ di belakang angka adalah singkatan dari Winter. Contoh, SAE 15W-50, kode tersebut menunjukkan bahwa oli tersebut memiliki kekentalan SAE 15 pada kondisi suhu dingin dan memiliki kekentalan SAE 50 pada kondisi suhu yang panas.
Dengan begitu oli akan memberi perlindungan optimal meski mesin dinyalakan dalam kondisi yang sangat ekstrim sekalipun. 
  • Pilih Oli Bersertifikasi

Wajib anda perhatikan saat harus memilih oli mesin. Hal tersebut adalah sertifikasi yang dimiliki oleh oli. Beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasi antara lain, API, ACEA, ILSAC, dan JASO. Dengan memilih oli yang sudah tersertifikasi maka oli tersebut telah terjamin standar dan kualitasnya.
Anda bisa dengan tenang memilih oli-oli tersebut tanpa harus khawatir lagi mengenai kualitas yang mereka miliki.
  • Perhatikan Buku Panduan Mobil

Tips paling mudah menentukan jenis oli apa yang cocok dipakai mobil anda adalah dengan melihat buku panduan dari mobil itu sendiri. Di dalam buku panduan mobil pastinya dijelaskan tentang oli atau pelumas apa yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

Jangan terpaku pada satu merek oli  saja, utamakan memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Nah, jika anda sudah paham tentang apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih oli mesin, kini saatnya memilih oli yang tepat untuk mobil anda. Dari Berbagai Sumber
  • Pilih Bahan Mineral Atau Sintesis

Oli mesin dibedakan menjadi dua jenis sesuai dengan bahan pembuatnya, yaitu oli mineral dan oli sintetis. Oli mineral yaitu oli yang terbuat dari bahan dasar mineral. Mineral ini diekstrak dari minyak bumi yang memiliki molekul alami dan sangat baik untuk merawat kondisi mesin. Sedangkan oli sintetis terbuat dari bahan-bahan kimia yang memiliki sifat aditif.
Keunggulan oli sintetis ini  adalah kemampuannya dalam mengatasi perubahan suhu. Hal ini sangat baik karena bisa melumasi mesin dengan sempurna dalam kondisi apapun.
Dari Berbagai Sumber