Tlp SekarangWA Sekarang
Cara Benar Bersihkan Injektor Mobil

Perawatan Injektor Mobil via belionderdil.co.id

GADAIBPKBMOBIL.COM – Injektor Mobil penting untuk diperhatikan mengingat Injektor mobil adalah salah satu komponen dalam mesin injeksi yang mempunayi fungsi untuk mengalirkan bahan bakar kendaraan ke dalam ruangan silinder.

Dengan adanya injektor ini akan sangat berpengaruh pada peforma kendaraan anda, terutama bagi mobil yang sudah menggunakan sistem EFI. Sistem kerja injeksi tidak lepas dari ECU (electronic control unit) yang sebenarnya merupakan bagian penting di dalam sebuah mobil.

Pada umumnya, cara kerja dari sistem injeksi atau EFI (electronic fule injection) terbagi menjadi tiga bagian utama, antara lain:

  • Sistem pengiriman bahan bakar kendaraan
  • Sistem kontrol elektronik
  • Sistem induksi udara

Umumnya ECU (electronic control unit) mempunyai fungsi untuk pengontrol campuran dari bahan bakar yang digunakan oleh sebuah mobil. Fungsi ECU juga akan menentukan jumlah dari bahan bakar yang harus disuntikkan di dalam mesin kendaraan.

ECU juga berfungsi untuk menentukan waktu dari pemberian udara dan rasio ke dalam mesin. Proses ini sering disebut durasi injeksi. Selain itu fungsi dari ECU juga dapat mengontrol waktu dari pengapian mesin kendaraan dan masih banyak lainnya.

Kini hampir semua produk mobil yang dikeluarkan memakai sistem injektor,hal ini dikarenakan dapat menghasilkan tenaga atau peforma kendaraan yang baik dan bersih bila dibandingkan dengan mobil yang menggunakan sistem karburator.

Selain itu, sistem injektor juga dapat lebih mudah untuk dihidupkan karena sistem injektor menyemprotkan kabut bahan bakar kendaraan berbentuk kabut yang halus ke dalam ruang bakar.

Namun selain kelebihan yang saya jelaskan tadi sistem injektor juga memiliki kelemahan yaitu pada harganya yang mahal dan rumit pada penggunaan. Selain itu, kotoran-kotoran yang ada pada bahan bakar bisa membuat sistem kerja dari injektor mobil dapat terganggu. Apalagi jika mobil yang anda miliki jarang sekali digunakan.

Kondisi injektor yang bermasalah ataupun kotor tentu akan mengakibatkan peforma mesin menurun.

Misalnya Keadaan injektor mobil yang tersumbat akan membuat akselerasi mesin mobil menjadi berkurang dan mesin pada mobil anda tentu akan bermasalah.

Kondisi injektor yang kotor dapar membuat RPM pada mobil tidak bisa bertambah atau meningkat diatas 3000 RPM. Hal lainnya disebabkan dari kondisi injektor yang bermasalah yaitu pemakaian bahan bakar yang akan lebih boros dibandingkan kondisi biasanya.

Keadaan injektor yang kotor dapat menyebabkan hasil dari pengkabutan tidak baik, pola dari penyemprotan tidak akan seragam bahkan lebih banyak ke satu ssisi saja.

Dan yang lebih merugikan lagi yaitu bisa membuat semprotan menjadi lemah hingga tertutup sehingga bahan bakar kendaraan akan terus menerus menetes. Untuk menghindari masalah-masalah tersebut, Tentunya kondisi injektor mobil anda perlu diperhatikan dengan benar.

Untuk itu,  Anda harus membersihkan injektor mobil secara rutin. Sebenarnya untuk membersihkan injektor mobil, anda perlu membawa mobil anda ke bengkel resmi agar bisa dibersihkan langsung dengan mekanik yang sudah profesional serta pembersihan akan menggunakan alat-alat canggih lainnya. Namun jika anda tidak cukup memiliki waktu dan biaya, anda bisa membersihkan sendiri injektor mobil anda.

Berikut Tips dan langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan injektor mobil anda :

Bersihkan Fuel Filter

Yang perlu anda lakukan sebelum membersihkan injektor mobil yaitu dengan melakukan pembersihan pada fuel filter atau yang dikenal dengan saringan bahan bakar. Komponen ini sangat penting untuk dibersihkan sebab proses pembersihan injektor mobil akan sia-sia jika fuel filter tidak dibersihkan. Hal ini dikarenakan kotoran yang ada pada fuel bisa masuk kembali ke dalam ruang injektor mobil.

Bersihkan Injektor 

Setelah fuel filter dalam kondisi yang bersih. anda bisa memulai untuk membersihkan injektor mobil. Tahap pertama untuk membersihkan injektor mobil yaitu dengan menghidupkan mesin mobil anda. Kemudian buka sekring injektor (relay fuel plump) untuk memutuskan arus listrik yang menuju ke fuel pump bensin.

Tunggu Mesin Mati 

Tunggulah beberapa saat hingga mesin kendaraan mati, hal ini sebagai tanda bahwa tidak ada lagi tekanan yang ada pada saluran bahan bakar. Hingga nantinya tidak akan ada bahan bakar yang tumpah pada saat anda melepas sambungan pipa bensin ataupun pada saat melepas injektor mobil.

Matikan Mesin 

Matikan mesin kendaraan melalui kunci kontak lalu lepaskan terminal pada sisi negatif aki. Wajib anda perhatikan pada saat pelepasan aki karena anda memerlukan penyettingan ulang pada beberapa komponen kendaraan.

Buka Pipa Selang Bensin 

Setelah itu, anda bisa membuka pipa selang bensin yang ada di dekat injektor mobil (pipe fuel delivery). Pada saat proses pembukaan injektor akan sangat tergantung dari konstruksi mesin kendaraan yang anda miliki.

Hal ini disebabkan karena setiap mobil memiliki konstruksi mesin yang berbeda-beda, dari yang mudah dilepas hingga yang sulit untuk dilepaskan.

Buka Delevery Pipe Dengan Hati-Hati  

Saat pembukaan injektor melalui delivery pipe ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, berhati-hatilah pada saat proses ini agar seal injektor yang ada tidak putus, cacat, ataupun rusak. Jika seal injektor anda mengalami kerusakan lebih baik anda menggantinya dengan komponen yang baru.

Buka Seal Injector 

Jika injektor mobil sudah terlepas, kemudian anda bisa melakukan langkah selanjutnya. Bukalah seal injector dan pastikan komponen tersebut dalam keadaan baik. Pembukaan injektor diperlukan agar cairan permbersih injektor tidak mengenai dan merusak komponen tersebut.

Bersihkan Injector

Selanjutnya anda bisa mulai membersihkan bagian luar dari injektor mobil dengan menggunakan pembersih yang dikhususkan untuk membersihkan injektor yang dikenal dengan injector cleaner. Mulailah dari ujung-ujung injektor mobil, bagian itu yang paling sering tertempel karbon-karbon.

Pasang Adaptor 

Selanjutnya anda bisa memasang adaptor pada mobil, anda bisa membeli ataupun merangkai sendiri adaptor tersebut. Jangan lupa menyiapkan aki dengan daya listrik 12 volt lalu kemudian pasangan injector cleaner. Pasangkan salah satu kabel yang ada pada negatif aki pada salah satu terminal pada injektor mobil. Kemudian pasang kabel lainnya ke terminal injektor lainnya.

Lapisi Soket Kabel 

Pada injektor mobil EFI  biasanya memiliki dua terminal yaitu negatif dan positif. Pada saat anda memasang soket kabel pada dua terminal injektor mobil, jangan lupa untuk melapisi soket dengan isolasi.

Hal ini untuk mencegah terjadinya korsleting karena posisi dari kedua terminal agak berdekatan. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan soket khusus yang digunakan untuk menyambungkan kabel injektor mobil.

Pastikan Adaptor Terpasang Kuat

Tekan injector cleaner sampai cairan pembersih bertekanan lalu terisi ke dalam adaptor injektor. Cek kembali pastikan adaptor yang anda pasang sudah diklem dengan kuat agar tidak mudah terlepas.

Anda juga harus berhati-hati agar cairan pembersih yang digunakan tidak mengenai mata anda. Sangat disarankan agar anda menggunakan alat pengaman seperti sarung tangan dan kaca mata pelindung pada saat proses pembersihan injektor mobil.

Putuskan Salah Satu Kabel 

Jika cairan pembersih injektor sudah mulai masuk ke dalam adaptor, selanjutnya anda bisa memutuskan satu kabel yang ada pada injektor tepatnya yang ada pada terminal aki positif.

Anda bisa menggunakan saklar untuk memutuskannya. Setelah itu proses pembersihan lubang kecil yang ada pada injektor dapat dimulai

Lihat Hasil Cleaner 

Semprotan dari injector cleaner akan keluar saat anda menghubungkan kabel positif injektor mobil dengan terminal aki positif. Perhatikan proses keluar dari cairan pembersih injektor apakah terlihat lembut, baik atau tidak.

Setidaknya untuk membersihkan semua bagian pada injektor mobil, anda wajib menyiapkan minimal satu sampai dua botol cairan pembersih.

Proses Pemasangan Kembali 

Setelah anda memastikan kondisi injektor mobil sudah bersih, anda bisa memasangkan kembali injektor dan seal injector pada tempat asalnya. Perhatikan proses pemasangan, lakukan dengan hati-hati jangan sampai ada bagian komponen yang rusak.

Pasang injektor pada fuel delivery pipe dan pasang juga komponen-komponen lainnya.  Setelah itu, anda bisa mencoba kendaraan anda untuk memastikan perbedaannya.

Namun anda juga perlu melakukan pencegahan agar kondisi injektor tidak kotor. Hal yang paling efektif untuk mencegah injektor menjadi kotor adalah dengan menggunakan bahan bakar yang memang tepat untuk mobil anda. Selain itu segera lakukan pembersihan jika dirasa kondisi injektor sudah mulai kotor.

(Diedit oleh Timothy Fathi; dikutip dari berbagai sumber. Gambar: belionderdil.co.id)

marketing officer

0823 1212 7755 (Call Center)

Butuh Dana? Punya BPKB? Ketik pesan SMS seperti format dibawah ini atau hubungi via telepon, FAST RESPONSE. Dalam 5-10 menit kami akan segera menghitung detail simulasi pinjaman, angsuran, masa tenor dan lain-lain. Apabila data lengkap, akan kami jemput sekaligus SURVEY (No Tipping!). Proses maks 1 HARI (data lengkap). Melayani seluruh Indonesia. NO BI CHECKING.

Ketik: Nama/No. HP Anda/MEREK MOBIL-TIPE-MT-AT/Tahun Kendaraan/Domisili

Contoh: Krisna/082312494977/Toyota Innova G 2.0 AT Bensin 2012/Surabaya  KIRIM ke: 0823 1212 7755