Tlp SekarangWA Sekarang
CAR SYSTEM OVERVIEW

Car via johncool.net

Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat, menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa yunani  ‘autos’ (sendiri) dan Latin  ‘movére’ (bergerak).

Sebagai suatu sistem, mobil memiliki bagian-bagian utama yang menyusunnya. Setiap bagian mobil memiliki peran mereka sendiri. Bagian tersebut merupakan suatu sistem utuh yang menyusun dan menyokong setiap fungsi dari kendaraan.

Beberapa bagian – bagian mobil yaitu ;

  • Unit Daya (Mesin)

Mesin merupakan bagian utama pada kendaraan roda 4 yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga yang  digunakan untuk menggerakkan kendaraan. Pada fungsinya, mesin mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi panas yang kemudian diubah menjadi energi gerak (mekanik) yang digunakan untuk menggerakkan roda kendaraan melalui sistem pemindah daya.

Mesin memiliki bagian-bagian tersendiri yang tidak sederhana dan cukup kompleks. Di dalam mesin kendaraan, terdapat beberapa sistem yang menyusunnya diantaranya yaitu sistem bahan bakar, sistem pengapian, sistem pelumasan, sistem pendingin, dan sistem lain yang cukup kompleks. Untuk lebih lengkapnya akan kita bahas pada postingan selanjutnya.

  • Sistem Pemindah Daya (Drivetrain)

Sistem pemindah tenaga juga dapat disebut sistem pemindah daya (powertrain), merupakan sebuah mekanisme yang memindahkan tenaga dari mesin ke roda. Sistem pemindah tenaga menurut letak mesinnya dapat dibedakan menjadi empat macam yaitu (Suratman, 2001) :

  • Mesin depan penggerak belakang (front engine rear drive).
  • Mesin depan penggerak depan (front engine front drive).
  • Mesin belakang penggerak belakang (rear engine rear drive).
  • Mesin depan penggerak empat roda (four wheel drive).

Sistem pemindah tenaga yang terdapat dalam mesin terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :

  • Kopling
  • Transmisi
  • Propeller shaft
  • Differential
  • Sistem Suspensi

Sistem suspensi dependen atau sistem suspensi poros kaku (rigid) Suspensi adalah kumpulan komponen tertentu yang berfungsi meredam kejutan, getaran yang terjadi pada kendaraan akibat permukaan jalan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan pengendalian kendaraan. Sistem suspensi kendaraan terletak di antara bodi (kerangka) dengan roda. Ada dua jenis utama suspensi yaitu :

  1. Sistem suspensi independen atau sistem suspensi bebas

Sistem suspensi terdiri dari beberapa bagian yaitu pegas, peredam kejut dan lengan suspensi.

  • Bagian Support dan Penyangga  (Body)
    Bagian support dan penyangga kendaraan merupakan bagian pada kendaraan yang digunakan untuk tempat menyangga semua bagian-bagian yang terdapat pada mobil. Chasis, rangka dan body termasuk dalam kategori ini.

Chasis digunakan sebagai tempat melekatnya sistem suspensi, roda, body, mesin, transmisi, dan bagian-bagian penting lainnya dalam kendaraan bermotor.

  • Sistem Kelistrikan Mobil
    Sistem kelistrikan mobil adalah bagian yang penting karena pada sistem inilah sumber penggerak berasal. Arus listrik dari sistem kelistrikan akan menimbulkan bunga api pada busi di mana bunga api tersebut merupakan syarat utama yang harus ada pada motor bensin. Penerangan pada mobil pun berasal dari kelistrikan. Masih banyak komponen lain yang digerakkan oleh listrik, seperti pompa bensin, motor starter, motor penghapus kaca dan sebagainya