Tlp SekarangWA Sekarang

Pemilik mobil tentunya bangga jika bodi kendaraannya tampil bersih dan mengkilap. Oleh karenanya, segala hal dilakukan guna membuat bodi selalu terlihat seperti mobil baru.

Biasanya, pemilik mobil memilih pergi ke salon mobil, atau cuma sekedar melakukan perawatan dengan memoles bodi dengan cream maupun obat yang banyak beredar di pasar.

Memoles mobil via mobilimo.com

Akan tetapi, hal tersebut tak selamanya membuat cat bodi mobil mengkilap dan elok. Alasannya, apabila hujan turun, perawatan yang dilakukan menjadi tidak ada gunanya lagi. Di samping itu, pemolesan yang dilakukan secara rutin akan memperpendek usia kualitas cat kendaraan.

Pada umumnya, mobil hasil produksi pabrik hanya dilapisi dengan lapisan cat biasa (varnish) dengan ketebalan sekitar 200-300 mikron.

Efek Terlalu Sering Memoles Body Mobil

Jadi, saat proses pemolesan ada bagian yang diamplas tipis dan memang bisa sampai terlihat mengkilap. Tetapi pengikisan itu bisa memotong 20 atau 30 persen mikron,” kata Maverick Jonathan, Director PT Cemerlang Abadi yang berlokasi di Tangerang.

Semakin sering bodi mobil dipoles, maka semakin cepat juga mikron menipis sehingga lapisan varnish akan cepat pudar. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap lapisan cat, kemudian botak dan pada akhirnya cat bodi mobil hancur.

Bintik jamur pada body mobil via topspeedindonesia.com

Selain itu, ada beberapa jenis material yang dapat menyebabkan menurunnya kualitas Cat mobil, yaitu air aki, kotoran burung, air, getah pohon, bahkan sabun. Pada dasarnya cat mobil terdiri atas dua lapisan, yakni base coat atau lapisan cat dan clear coat alias lapisan pernis.

Apabila mobil sering dipoles, apalagi menggunakan kompon yang sifatnya mengikis, lama kelamaan lapisan pernis akan menipis.

Demikian juga base coat (lapisan cat), bisa terkikis kalau terlalu sering dipoles. Untuk itu, agar pemilik kendaraan tak terlalu sering memoles kendaraannya. Disarankan pemilik mobil menggunakan compound yang memiliki tingkat abrasi rendah.

Pemilihan bahan kompon yang tepat atau proses memoles yang sesuai aturan dapat mengurangi pengikisan pada pernis. Sehingga, bodi mobil tetap cemerlang tanpa khawatir warnanya pudar.