Tlp SekarangWA Sekarang
Efek Buruk Mengemudi Mobil Dalam Keadaan Ban Kempes

Ban Mobil Kempes via merdeka.com

Mengemudi mobil memang harus didukung oleh kondisi pengemudi yang sempurna dan kondisi mobil yang baik. Jika lupa akan hal tersebut resiko gangguan di tengah perjalanan atau kecelakaan mungkin saja akan dialami.

Mengemudi dalam kondisi ban mobil kempes,misalnya sangat tidak dianjurkan bagi siapa pun. Sangat berbahaya. Anda harus menghindari hal tersebut.

Ada 5 bahaya berkendara dengan ban mobil yang kempes:

1. Rawan Terhadap Kecelakaan

Jika tanpa sadar kita memacu mobil dengan kecepatan tinggi sementara ban dalam kondisi kempes,mudah sekali mengalami resiko kecelakaan. Kecepatan kendaraan akan mengalami oleng dan tidak stabil. Mengemudi mobil pun terasa kurang nyaman dengan kondisi ban seperti itu.

Jika anda membawa kendaraan di jalanan yang menurun atau menanjak,resiko kecelakaannya justru lebih besar,baik itu kecelakaan tunggal maupun kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain.

2. Rawan Terhadap Gangguan Kejahatan Jika Berada Di Tempat Sepi

Dengan kondisi ban yang kempes anda tetap memaksakan mempercepat kendaraan akan muncul resiko bahaya lain yang tidak kalah besarnya yaitu kejahatan. Inilah resiko yang akan anda dapatkan jika tetap ngotot membawa mobil dengan ban kempes.

Di kota-kota besar kadangkala dijumpai kondisi ban mobil sengaja dikempesin supaya ketika berada di tempat sepi,pengemudi akan meminggirkan kendaraannya.

3. Ban Mudah Meletus Jika Dibiarkan Berlama-lama

Ingat bahwa ban yang meletus tidak hanya dipengaruhi oleh tekanan angin yang berlebihan,namun juga dipicu oleh tekanan angin pada ban mobil yang kurang. Ban yang kempes bisa membuat permukaan ban menjadi retak,bolong,dan rusak.

Jika ini dibiarkan terus-menerus tanpa perbaikan,maka ban mudah meletus. Resikonya jika anda mengemudi maka ban yang kempes akan membuat ban meletus yang mengakibatkan resiko kecelakaan. Ban yang rusak tentu saja membuat perjalanan menjadi terganggu.

4. Pemakaian Bahan Bakar Menjadi Lebih Boros

Hal ini tentu menjadi “bahaya” tersendiri karena anda harus mengeluarkan uang berlebih untuk membeli bahan bakar dari pemakaian bahan bakar biasanya.

Ban yang kempes akan membuat tapak ban mengalami perubahan yang dampaknya akan mempengaruhi energi yang membuat mesin bekerja keras dengan pemakaian bahan bakar berlebih. Ban juga akan cepat naik suhunya menjadi lebih panas.

5. Mobil Susah dikendalikan

Ban yang kempes akan membuat mobil susah dikendalikan karena kondisi yang tidak stabil dan seimbang. Hampir sama dengan kondisi ban motor yang kempes juga sulit dikontrol. Akibatnya mengemudi mobil menjadi tidak nyaman.

Jika mobil susah dikendalikan saat sedang berjalan maka percepatan motor menjadi terganggu. Bahkan jika anda nekat mempercepatkan mobil yang kempes dengan kecepatan sedang maupun tinggi resiko kecelakaan rentan terjadi.

Tips Mengatasi Ban Kempes

Jika kondisi ban mobil anda sedang kempes beberapa tips berikut bisa anda aplikasikan.

1. Segera menepi ke tepi jalan dan tempat memarkir mobil yang cukup luas.

2. Pilih tempat menepikan kendaraan di tempat yang ramai. Jangan menepikan kendaraan di tempat yang sepi karena resiko kejahatan bisa terjadi di tempat tersebut dari orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Ganjal ban anda dengan penahan,seperti batu,bata atau kayu supaya membuat mobil bergerak tanpa kendali. Kondisikan transmisi gigi mobil berada pada gigi satu atau parking (P).

4. Nyalakan lampu hazard sebagai tanda darurat. Lampu ini akan membantu sebagai sinyal anda ketika sedang mogok atau mengalami ban kempes.

5. Anda bisa memompa sendiri ban mobil jika jauh dari bengkel atau service kendaraan. Jika sulit dipompa gantilah dengan ban cadangan. Tentunya anda harus punya dongkrak dan peralatan pendukung supaya mudah mengganti dengan ban cadangan.

Semoga tips-tips di atas dan bahaya berkendara dengan ban mobil yang kempes bisa menjadi informasi penting bagi anda.

Dari berbagai sumber..