Tlp SekarangWA Sekarang
Bahaya mengemudi mobil dengan Ban Mobil yang Kempes

Ban Kempes via blog.belionderdil.co.id

Mengendarai mobil memang harus didukung oleh kondisi pengemudi yang prima serta kondisi mobil yang baik. Apabila hal tersebut di sepelekan maka resiko gangguan di tengah perjalanan atau kecelakaan mungkin saja akan terjadi.

Mengemudi dalam kondisi ban mobil yang kempes, sangatlah tidak dianjurkan bagi siapa pun, karena Sangat berbahaya. Anda harus menghindari hal tersebut. Di bawah ini ada beberapa bahaya mengendarai jika ban mobil anda kempes, di antaranya yaitu :

1. Rawan terhadap kecelakaan

Jika tanpa sadar kita melajukan kendaraan mobil dengan kecepatan tinggi sementara ban dalam kondisi kempes, mudah sekali mengalami resiko kecelakaan. Laju kendaraan akan mengalami ban mobil tidak stabil. Dan tentunya Mengemudi mobil pun terasa kurang nyaman dengan kondisi ban seperti itu.

Bila anda membawa kendaraan di jalanan yang menurun atau menanjak, resiko kecelakaannya justru lebih besar, baik itu kecelakaan tunggal atau kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain.

2. Ban akan mudah meletus jika dibiarkan lama

Ingat bahwa ban yang meletus tidak hanya dipengaruhi oleh tekanan angin yang berlebihan, tetapi ha ini  juga berpengaruh oleh tekanan angin pada ban mobil yang kurang. Ban yang kempes bisa membuat permukaan ban menjadi retak, bolong, dan rusak.

Jika hal ini di biarkan saja tanpa perbaikan, maka ban mudah meletus. Resikonya jika Anda mengemudi maka ban yang kempes akan membuat ban meletus yang mengakibatkan resiko kecelakaan. Ban yang rusak tentu saja membuat perjalanan menjadi terganggu.

3. Rawan terhadap gangguan kejahatan bila berada di tempat sepi

Jika kondisi ban yang kempes Anda tetap memaksakan untuk berjalan maka kendaraan anda akan muncul resiko bahaya lain yang tidak kalah besarnya yaitu kejahatan. Inilah resiko yang akan anda dapatkan jika anda  tetap membawa mobil dengan ban kempes.

4. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros

Ban kempas akan membuat bahan bakar anda menjadi boros. Hal ini tentu menjadi bahaya karena anda harus mengeluarkan uang berlebih untuk membeli bahan bakar dari konsumsi bahan bakar biasanya.

Ban yang kempes akan membuat tapak ban mengalami perubahan yang dampaknya akan mempengaruhi energi yang membuat mesin bekerja keras dengan konsumsi bahan bakar berlebih. Ban juga akan cepat naik suhunya menjadi lebih panas.

5. Mobil sulit dikendalikan

Ban yang kempes akan membuat mobil sulit dikendalikan karena kondisi yang tidak stabil dan seimbang. Hampir sama dengan kondisi ban motor yang kempes juga sulit dikontrol. Pada akhirnya mengendarai mobil menjadi tidak nyaman.

Apabila  mobil sulit dikendalikan saat sedang berjalan maka laju kendaraan mobil menjadi terganggu. Apalagi jika anda nekat memacu mobil yang kempes dengan kecepatan sedang maupun tinggi resiko kecelakaan rentan terjadi.

Itulah bahaya mengemudi mobil dengan ban mobil yang kempes. Jadi sebaiknya lakukan pengecekan 1 bulan sekali, dan biasakan saat mau melakukan perjalan jauh cek terlebih dahulu, tujuannya supaya aman saat di perjalanan.

Di kutip dari berbagai sumber.