Tlp SekarangWA Sekarang
7 Tahapan Menjaga AC Mobil Agar Tetap Dingin

Ac Mobil via rotarybintaro.co.id

 

Kita tentu selalu berharap agar AC mobil dapat terus memberikan udara yang sejuk di kabin. Namun, apakah sudah ingat untuk merawatnya?

Padahal untuk menjaga agar AC tahan lama dinginnya, hanya perlu memeriksakan AC secara teratur setahun sekali, dan sebaiknya matikan switch AC agar tidak terbuang percuma saat mesin dinyalakan, hal ini berguna sebagai langkah penghematan.

Namun, ada bagian-bagian dari AC yang harus diperhatikan dalam langkah perawatan dan hal ini dapat dilakukan sendiri pada waktu liburan :

1.Periksalah selang AC/ hose AC, apakah ada kebocoran atau tidak. Karena kebocoran pada bagian ini dapat menyebabkan AC menjadi tidak lagi dingin.
2.Periksa juga apakah receiver/dryer masih layak pakai atau harus diganti. Perhatikan bagian indikatornya. Apabila terjadi kerusakan, cepat ganti. Karena apabila tidak, lama kelamaan kerusakan akan menyebar ke alat lain seperti expansion valve, kompresor, dll.
3.Periksa juga apakah pelumasnya masih cukup atau harus ditambah.
4.Bersihkanlah bagian Condensor. Karena sebagai tempat heat exchange / tempat sirkulasi udara panas berpindah, kotoran tentu akan banyak menumpuk di bagian ini dan dapat mengurangi udara dingin yang dihasilkan AC.
5.Periksa juga bagian unit pendingin. Apabila bagian ini kotor, segeralah bersihkan. Sebab apabila tidak, udara dingin yang dihasilkan tentu saja tidak dapat menembus keluar karena dinding unitnya dilapisi kotoran tebal. Dan yang lebih parah lagi, hal ini ternyata dapat menimbulkan karat serta apabila suatu saat dibersihkan dapat terjadi kebocoran.
6.Jangan lupa untuk memeriksa  freon AC, masih layak atau tidak dan untuk mengisi freon / gas harus diperiksa terlebih dahulu oleh bengkel service AC.
7.Periksa juga bagian Evavorator dan bersihkan bagian ini dari kotoran.

 

 

 

Dari berbagai sumber