Tlp SekarangWA Sekarang
7 Cara Mudah Merawat Aki Mobil Agar Awet

Perawatan Aki Via suzukibandung.co.id

Aki adalah salah satu bagian dari kendaraan yang sangat penting baik itu motor atau mobil. Karena aki berfungsi untuk menyalurkan daya listrik ke bagian yang lain,  seperti starter, lampu, dan lain nya. Namun dari sebagian orang yang memiliki kendaraan tidak terlalu menghiraukan bagian yang sangat penting ini. Banyak orang yang hampir tidak pernah mengecek aki kendaraannya.

Pada dasar nya aki juga harus di rawat agar aki yang ada pada kendaraan bisa tetap awet dan bisa bertahan lama tanpa kendala apapun. Aki berfungsi sebagai penyalur daya listrik atau sumber listrik dan aki juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai sumber listrik untuk sistem kelistrikan yang terdapat pada mobil ketika mesin mobil sedang mati. Pada kesempatan ini kami akan membahas 7 Cara Mudah Merawat Aki Mobil untuk anda.

Langsung saja anda simak berikut ini :

  1. Mengecek Jumlah Elektrolit Aki

Untuk  permulaan dalam merawat aki kendaraan terutama aki mobil yaitu anda harus rutin memeriksa jumlah elekrolit aki mobil anda. Hal ini sangat mudah di lakukan , pada dasarnya anda hanya melakukan pemeriksaan selama satu bulan sekali. Jika aki berkurang atau berada di bawah garis low level itu menunjukan bahwa garis yang sudah berada di low, Artinya elektrolit aki sudah berkurang dan membutuhkan tambahan air aki.
Dalam proses penambahan atau pengurangan aki maka elektrolit baterai sangatlah penting untuk membantu prosesnya, apabila jumlah aki kendaraan anda jumlahnya sudah berkurang maka anda bisa merasakan bahwa aki anda akan mengalami masalah. Untuk saat ini yang paling sering terjadi adalah aki tekor dan kendaraan anda tidak akan bisa di hidupkan karena elektrolit sudah tidak menampung baterai.
  1. Mengecek Terminal Aki

Langkah selanjutnyal adalah dengan memeriksa terminal aki. Sebagai pemilik mobil bisa memeriksanya dengan cara pastikan terlebih dahulu bahwa terminal aki tidak berkarat, terminal aki tidak berjamur, dan terminal aki tidak mengalami kelonggaran. Apabila aki mobil anda mengalami jamuran dan berkarat anda bisa membersihkan nya.
Jika ingin membersihkan nya, cara nya sangat mudah yaitu dengan menggunakan air panas. Jamur akan lebih mudah hilang jika anda siram dengan air panas. Dan apabila terminal aki anda mengalami kelonggaran atau kendor maka anda harus mengencang terminal aki anda terlebih dahulu.
Jika anda jarang menggunakan mobil untuk bepergian maka anda juga harus tau cara merawat aki mobil anda dengan cara memanaskan mobil setiap harinya, walaupun tidak akan anda gunakan untuk berpergian. Karena pada dasarnya semua aki mobil akan mengalami self discharge karena kapasitas aki akan berkurang walaupun mobil tidak di gunakan.
  1. Mengecek Sistem Pengisian

Cara merawat aki mobil yang sangat sederhana untuk memeriksa sistem pengisian yaitu hanya dengan melihat indikator pada baterai aki yang ada pada dashbord mobil, pada saat kunci dalam keadaan on dan mesin mati maka baterai akan menyala. Dan jika anda menghidupkan mesin kendaraan anda gambar baterai pada aki mobil akan mati.
Apabila mesin mobil dalam keadaan hidup dan gambar baterai baterai aki mobil tetap hidup maka aki mobil anda mengalami permasalahan pada sistem pengisiannya. Anda harus lebih hati-hati dan usahakan untuk melakukan service pada sistem pengisian di bengkel langganan anda. Selain melakukan service bisa di lakukan dengan cara lain yaitu melepas terminal negatif pada baterai aki saat mesin mobil anda di hidupkan.
  1. Menghidupkan Mesin saat tidak ada beban

Selanjutnya adalah menghindari menghidupkan beban-beban berat saat ingin menghidupkan mesin mobil, seperti lampu utama, tv, radio dan lain sebagainya. Jika mesin dalam keadaan mati atau mesin mati dalam jangka waktu lama maka kapasitas baterai akan terkuras dan lama-lama aki mobil anda akan tekor tidak akan mampu untuk melakukan stater. Maka periksalah pada sistem pengisiannya.
  1. Tune Up secara Rutin

Rutin melakukan tune up, baterai atau aki mobil jumlah elektrolitnya akan diperiksa, kondisi terminal aki juga akan di periksa. Aki adalah vital bagi kendaraan sehingga diharuskan untuk di rawat agar bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak.
  1. Mengecek Kualitas Aki

Dalam perawatan aki mobil, untuk mendapatkan hasil yang akan terbukti tentang kualitas aki mobil yang anda gunakan maka anda bisa menggunakan alat yang namanya batteray load tester. Jika anda sudah menggunakan alat ini, untuk mengetes aki anda maka kualitas aki anda bisa terlihat apakah aki masih baik atau sudah tidak baik.
Jika anda sudah melakukan hal yang sudah di jelas kan di atas untuk merawat aki mobil agar baterai aki mobil anda bisa awet dan tahan lama, karena jika di gunakan dengan baik dan di rawat, aki mobil akan bertahan dalam waktu 3 – 5 tahun tetapi semuanya tergantung dengan pemakaian anda. Setiap aki mobil memiliki jangka waktu yang berbeda- beda karena dalam penggunaan mobil sendiri ada yang di pakai setiap hari dan ada juga yang dipakai seminggu sekali.
Dari Berbagai Sumber