Tlp SekarangWA Sekarang
5 Masalah pada Mobil Matic yang Sering Terjadi Tanpa Disadari

Mobil matic via mobil123.com

Setiap mobil pasti mempunyai masalahnya tersendiri sehingga mengganggu kinerja mobil. Masalah ini dapat mengakibatkan penggunanya menjadi tidak nyaman ketika berkendara. Masalah bisa saja terjadi pada semua jenis mobil termasuk mobil matic.

Mobil matic adalah mobil yang sederhana dan nyaman untuk dikendarai. Cukup nyaman juga ketika harus menghadapi macet. Namun beberapa orang menganggap mobil matic sering menimbulkan masalah di perawatannya karena transmisi mobil matic tidak menggunakan sistem elektronik.

Nah berikut adalah contoh – contoh masalah yang ada pada mobil matic tanpa di sadari :

  • Mobil Bergetar

Mobil matic bergetar memang biasa karena mesin yang sedang aktif. Tapi ketika getaran mobil mulai mengganggu anda, kemungkinan besar masalah pada mobil matic ada di bagian transmisinya. Pada saat menginjak pedal gas dan memasukkan gigi, jika ada getaran ketika mobil berjalan maka sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel. Tapi bisa juga aus di kampas kopling dan akibatnya terjadi gesekan.

  • Perpindahan Gigi yang Diikuti Hentakan

Pada saat anda menginjak pedal gas atau masuk gigi, biasanya anda merasakan getaran dan hentakan. Jika terasa ada hentakan yang sedikit kasar dan perpindahan tuas agak sulit, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk diperiksa lalu  diperbaiki. Setelah itu bisa merasakan perpindahan gigi. Kalau mobil matic akan terasa ada ayunan. Tapi jika terdengar bunyi aneh dari transmisi dan agak susah, maka mobil matic anda mengalami masalah.

  • Susah untuk Mundur

Kesulitan untuk mundur adalah masalah pada mobil matic yang cukup merepotkan. Tentu mobil akan kesulitan untuk parkir. Kondisi ini merupakan tanda apabila ada bagian elektrik atau mekanik di bagian transmisi. Untuk matik konvensional biasanya terjadi masalah di reverse gear ratio atau ratio gigi mundur dan patahnya return shift patah. Untuk matik elektrik, kemungkinan ada yang salah di kabel solenoid dan kehilangan listrik.

  • Transmisi Stuck

Salah satu tanda masalah pada mobil matic adalah transmisi yang stuck di posisi gigi tertinggi. Ini terjadi karena TCM mendeteksi sensor yang salah yang berpotensi terjadi kerusakan pada seluruh sistem. Kemudian TCM memerintahkan transmisi untuk tetap di posisi netral. Jika mobil matic anda mengalami kondisi seperti ini, coba periksa signal engine di panel instrumen. Sehingga bisa dibilang, mobil matic mengalami safe mode atau limp mode secara tidak terkendali.

  • Bahan Bakarnya Boros

Kalau bahan bakarnya boros, berarti ada masalah di torsi. Hanya sebagian tenaga torsi yang mengalir ke penggerak akhir. Dengan kata lain tenaganya tidak maksimal.

Itu beberapa contoh masalah yang ada pada mobil matic. Pastikan anda merawat kendaraan anda dengan baik ya, agar nyaman dan aman dalam mengendarainya sekian terima kasih.