Tlp SekarangWA Sekarang
5 Manfaat AC Mobil Untuk Pengguna Mobil

AC Mobil via tribunnews.com

AC mobil pasti sangat di butuhkan setiap pengguna mobil terlebih lagi saat ini sedang ada pemanasan global. Banyak pengendara mobil yang hanya memikirkan AC hanyalah penyejuk ruangan semata padahal manfaat AC cukup banyak.

Nah berikut manfaat apa saja yang ada dalam AC :

1. Mengontrol temperatur atau suhu dalam mobil

AC mobil akan menyerap panas dalam kabin mobil dan mengganti dengan udara yang lebih dingin. Agar kita merasa nyaman didalam mobil kita maka diperlukan proses pendinginan atau pemanasan. Proses pendinginan dilakukan jika temperatur udara disekitarnya terasa panas, sehingga diperlukan alat pendingin udara. Pada saat ini yang kita kenal dengan nama AC.

Sebaliknya, proses pemanasan dilakukan jika temperatur udara sangat dingin, seperti pada musim salju. Mobil dengan sistem pemanasan dipakai di daerah yang memiliki empat musim.

2. Mengontrol sirkulasi udara

Pernah berpikir kenapa kita harus menutup kaca mobil saat AC menyala ?

Pernahkah kita berpikir mengapa saat kita berada dimobil, AC tidak akan ada artinya jika kita membuka kaca mobil?

Karena AC tidak akan menyejukan ruangan apabila kaca mobil terbuka sehingga udara lain masuk ke dalam mobil.

Udara yang dalam kabin tetap bersirkulasi dengan baik jika pintu dan kaca mobil dengan keadaan tertutup. Hanya saja sirkulasinya melalui AC mobil yang penuh dengan CO2 akan di hisap kembali dan diganti dengan udara yang baru mengandug O2. Proses inilah yang berulang-ulang dikerjakan oleh AC mobil.

3. Mengontrol kelembapan

Udara yang keluar dari AC mobil bukan hanya udara dingin saja. Melainkan udara dingin hasil ekspansi embun. Pada temperatur udara yang panas diluar mobil, mendinginkan udara dalam mobil saja belum tentu dapat menyejukkan penumpangnya. Jika kelembapan udara didalam atau diluar mobil lebih tinggi.

Dengan tingkat kelembapan yang rendah dan temperatur udara yang cukup tinggi justru dapat membuat tubuh kita menjadi nyaman. Dengan demikian, kelembapan udara memegang peranan dalam menyejukkan ruangan.

4. Memurnikan udara

AC mobil memiliki filter yang menyaring freon dalam bentuk liquid. Selain menyaring, kelebihan freon filter ini juga memisahkan debu dan kotoran. Inilah mengapa AC mobil dapat memurnikan udara. Fungsi AC mobil sangatlah penting bagi kita. Karena tidak hanya mementingkan kenyamanan penggunanya saja tetapi juga menciptakan udara yang sehat dan bersih.

Bagi kita yang sudah menggunakan mobil ber-AC. Ada baiknya selalu memperhatikan keadaan AC mobil. Lakukan servis rutin meskipun AC mobil tak ada masalah yang serius.  Saat melakukan servis jangan lupa pula periksa radiator dan kabin mobil.

5. Mencegah kaca mobil yang berembun

Manfaat AC mobil yang kita bicarakan dari tadi hanya fokus pada suhu udara. Selanjutnya kita akan membahas manfaat lain diluar itu.

Ketika hujan turun dengan lebat dengan kondisi ac rusak maka suhu diluar mobil menjadi lebih dingin ketimbang suhu yang ada didalam kabin mobil yang terasa hangat. Oleh karena perbedaan udara yang sangat tajam antara suhu udara yang diluar dan didalam mobil dapat menyebabkan timbulnya embun pada kaca bagian dalam mobil kita.