Tlp SekarangWA Sekarang
5 Tips Perawatan Mobil Bensin yang Wajib Dilakukan

Membersihkan Mobil via otomart.id

Dari berbagai jenis mobil, salah satu mobil yang paling banyak di minati adalah mobil berbahan bakar bensin. Karena mobil-mobil jenis ini harganya cenderung murah dan terjangkau. Selain itu jenis dan tipenya ada bermacam-macam. Akan tetapi kita juga harus tahu bagaimana cara merawatnya.

Beberapa tes mengatakan bahwa kerusakan parah terhadap mobil di akibatkan oleh pemilik yang cuek terhadap kendaraanya. Nah kali ini ada cara perawatan mobil bensin yang harus di lakukan :

  • Jangan Jemur Mobil Anda

Poin pertama untuk cara merawat mobil bensin adalah jangan sering-sering menjemur mobil anda. Mobil yang mengalami kontak dengan sinar matahari secara langsung bisa berdampak negatif. Baik ke eksterior seperti cat, body atau jok bahkan hingga ke interior termasuk sistem bensin. Banyak orang mengira efek sinar dan panas matahari hanya sebatas eksterior saja. Karena itulah, parkir mobil di tempat yang teduh. Jika tidak ada, anda bisa menutupinya denga selimut mobil

  • Rawatlah Aki

point ke dua cara merawat mobil bensin ialah perawatan pada aki secara rutin. Untuk menghindari hal-hal menakutkan seperti mogok di jalan, tidak bisa dinyalakan dan sebagainya. Bersihkan juga korosi pada aki. Anda perlu mengetahui cara merawat aki kering agar aki anda lebih tahan lama dan jika sudah rusak maka anda perlu tahu cara memperbaiki aki kering.

  • Operasikan Mobil Secara Efisien

Efisien berarti bisa menyesuaikan gigi dan kopling dengan kecepatan dan kondisi jalan. Jika gigi tidak sesuai dengan kecepatan dan kondisi jalan, dikhawatirkan akan berpengaruh ke bensin. Jangan terlalu sering menekan kopling karena mengakibatkan borosnya bensin. Selain itu juga bisa mengurangi umur kanvas kopling. Jika anda akan melewati tanjakan dan macet, hentikan mobil dengan rem tangan. Jangan menahan kecepatan mobil dengan kopling.

  • Periksa Filter Udara

Bersihkan filter udara dengan cara membersihkan filter udara. Lakukan penggantian filter udara secara berkala. Karena filter yang penuh dengan debu memaksa mobil bekerja lebih keras dan itu berarti membutuhkan bensin tambahan.

Ada yang menyarankan tiap satu atau dua tahun sekali. Untuk lingkungan yang panas dilakukan penggantian setelah menempuh jarak 24000 kilometer. Penggantian filter udara yang baik bisa menghemat bensin sebanyak sepuluh persen. Lakukan pengecekan filter udara ketika anda ganti oli.

  • Perhatikan Tekanan Angin di Ban

Pengendalian tekanan angin perlu secara berkala. Sedikit demi sedikit, tekanan angin biasanya akan cepat berkurang karena suhu yang panas dan beban mobil. Disarankan untuk selalu memeriksa tekanan angin sekitar sebulan sekali. Tekanan angin yang tidak optimal berpotensi untuk mengurangi usia ban dan konsumsi bensin yang boros. Rawatlah ban mobil secara rutin. Sesekali gantilah ban dengan jensi ban yang cocok untuk musim hujan.

Nah itu adalah beberapa cara perawatan mobil yang harus di lakukan setiap pemilik kendaraan, dengan ini setiap pemilik kendaraan akan merasa nyaman dan aman dalam mengendarai kendaraannya, Sekian terima kasih.