Tlp SekarangWA Sekarang
2 Cara Menghilangkan Noda Karat Pada Cat Mobil Mudah dan Cepat

Mobil berkarat via vidio.com

Karat merupakan salah satu penyakit yang seringkali menyerang kendaraan, termasuk mobil. Banyak hal yang menyebabkan karat dapat menempel pada sebuah kendaraan, seperti air, garam, hujan, panas, atau apapun yang memiliki kandungan zat besi serta garam yang tinggi di dalamnya. Biasanya karat akan menyerang bagian mobil yang berbahan dasar besi atau seng.

Dengan hadirnya karat akan menyebabkan bagian mobil menjadi keropos sedikit demi sedikit dan kemudian menjadi rapuh. Namun meskipun begitu, karat merupakan proses alamiah sehingga sangat sulit untuk dihindari sebuah kendaraan.

1. Amplas dan Cat Ulang

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan noda berkarat pada cat mobil anda adalah dengan cara mengamplas dan mengecat ulang bagian body mobil yang terkena karat tersebut.

  • Siapkan alat-alat dan bahan yang digunakan dalam proses ini
  • Pertama kali anda bisa mengamplas bagian body mobil yang terkena karat. Anda bisa menggunakan mesin pengamplas.
  • Untuk pencegahan, anda bisa mencoba menutupi semua bagian yang mana tidak boleh terkena debu. Partikel-partikel debu tersebut nantinya dapat menempel pada cat mobil dan susah dihilangkan. Anda bisa menggunakan plester dan kertas koran.
  • Setelah itu hilangkan cat yang berada di sekitar karat dengan menggunakan sander dual action. Lakukan hal ini hingga permukaan mobil terasa hingga halus.
  • Gunakan grinding wheel logam untuk menghilangkan bagian berkarat yang cukup tebal.
  • Semprotkan primer secara tipis dan merata pada bagian cat mobil tersebut. Semprotkan 3 lapis primer dan tunggu beberapa saat hingga mengering. Jangan terlalu banyak menggunakan primer yang akan membuat anda menunggu lama agar primer dapat kering dengan baik.
  • Setelah itu gosok dengan menggunakan kertas amplas grit 400 yang sudah dibasahi
  • Semprotkan satu lapisa cat secara merata dan tipis saja dan diamkan selama 1-2 menit.
  • Jangan lupa menggosokkan pinggiran cat baru agar bisa membaur dengan lapisan cat lama.

2. Menggunakan Bahan-Bahan Dapur

Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan dapur yang sederhana sebagai cara membersihkan karat, antara lain adalah:

  • Lemon

Anda bisa menggunakan lemon yang ternyata mampu untuk menghilangkan karat yang menempel pada body mobil. Caranya pun sangat mudah, anda hanya cukup merendam kain dalam perasan lemon beberapa saat. Setelah itu gosokkan pada bagian cat mobil yang terkena noda karat. Jika ingin hasilnya lebih maksimal, anda bisa menggunakan penggosok aluminium dan taburkan garam pada bagian mobil yang berkarat tersebut.

  • Cuka

Campurkan cuka dengan air dan setelah itu teteskan pada bagian cat mobil yang terkena noda karat. Cara ini inijuga  cukup ampuh sebagai cara menghilangkan karat pada mobil. Gosok secara perlahan dengan menggunakan sikat hingga karat yang menempel tersebut benar benar menghilang dan setelah itu lap dengan menggunakan kain bersih.