Tlp SekarangWA Sekarang
Yuk, Mari Simak Perbedaan Motor Matic dan Manual

Perbedaan Motor via motorjagung.blogspot.co.id

 

Bagi yang mempunyai rencana untuk membeli motor, motor dibedakan dua jenis yaitu, matic dan manual mungkin saat ini sedang bingung untuk memilih antara motor matic ataukah manual yang sebaiknya dibeli. Sebenarnya pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa, harus mempertimbangkan kemampuan keuangan, ada baiknya jika mengecek daftar harga oli motor matic dan manual sebelum memutuskan untuk membelinya, karena ganti oli merupakan service rutin yang wajib dilakukan. Bahkan, bagi orang yang tidak terlalu peduli dengan perawatan motornya sekalipun, ganti oli secara berkala biasanya tetap dilakukan.

Motor matic handal dalam keadaan macet. Tidak harus pindah gigi dan pastinya menghemat tenaga. Motor manual pasti sudah sangat sulit pada keadaan macet. Harus memindah gigi secara manual. Itu akan  sangat menyulitkan dan menguras tenaga.

Motor matic sangat boros. Karena disebabkan oleh Spuyer mesin yang digunakan oleh motor matic sangat besar dan setelan katupnya juga termasuk besar. Perpindahan giginya pun diatur oleh mesin itu sendiri. Itu yang membuat boros walaupun motor itu hanya 110 cc walaupun. motor manual hemat. Spuyer yang dipakai tidak terlalu besar.  Perpindahan gigi dapat diatur sendiri. Jadi walapun 125 cc, tetap hemat.

Motor matic lemah pada saat tanjakan. Apabila ingin berpergian ke puncak gunung yang banyak tanjakan terjal, tidak disarankan memakai matic karena tarikan pertama matic hilang. Untuk motor manual sangat kuat pada saat ditanjakan yang terjal karena dapat mengatur giginya waktu tanjakan tersebut.

Motor matic perawatan mesinnya lebih sulit dan mahal. Karena mesin motor matic tertutup dan dan sulit. Motor manual dapat dikatakan mudah, karena mesinnya yang cukup terbuka membuatnya lebih mudah membersihkannya.

Untuk lebih jelasnya mari simak perbedaan motor matic dan manual dari segi perawatan mesin, bodi motor, transmisi dan olinya :

  1. Perawatan Mesin

Dibandingkan dengan motor manual, perawatan motor matic bisa dikatakan lebih susah. Mengapa? Karena hal ini disebabkan mesin motor matic tertutup dan lebih rumit. Sedangkan mesin motor manual lebih terbuka sehingga lebih mudah dibersihkan. Oleh karena itu, tidak heran lagi jika perawatan mesin motor matic pun lebih mahal dari motor manual.

  1. Bodi Motor

Bisa diperhatikan, bodi motor matic cenderung lebih ringan dibandingkan dengan motor manual. Sekarang memang banyak motor matic yang memiliki bodi lebar tapi rata-rata bodinya lebih pendek daripada motor manual. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa motor matic lebih banyak digemari oleh masyarakat. Joknya cenderung lebih nyaman dan wanita pun bisa dengan mudah menggunakan motor matic karena bodi motor cenderung lebih pendek daripada motor manual.

  1. Transmisi

Selain faktor bodi yang lebih ringan dan pendek, motor matic juga tidak membutuhkan pindah gigi sehingga lebih praktis digunakan, terlebih saat kondisi jalanan macet. Berbeda dengan motor manual, harus memindahkan transmisi secara manual sehingga cukup menguras tenaga. Namun keuntungan transmisi manual adalah saat melalui tanjakan, motor manual akan lebih kuat saat menaiki tanjakan karena dapat mengatur gigi motor. Sedangkan motor matic tidak disarankan untuk melalui tanjakan yang terjal karena dapat berbahaya.

  1. Oli

Jenis oli yang digunakan kedua jenis motor ini pun berbeda. Bukan hanya dari kepkatannya saja, oli motor matic dan manual pun memiliki fungsi yang berbeda. Oli motor matic mengandung zat adiktif untuk menambah tingkat pelumasan oli agar penampilan motor matic juga meningkat. Sedangkan oli motor manual berfungsi untuk meningkatkan daya gesekan kopling agar tidak mudah tergelincir.

Kesimpulan dari semua hasil dilihat dari kelebihan dan kekurangannya adalah :

Motor Manual :

Kelebihan : Mengatur gigi sendiri dan hemat

Kelemahan : Menguras tenaga karena harus mengatur gigi dalam keadaan tertentu

Motor Matic :

Kelebihan : Nyaman dan mudah. Tidak harus memindah gigi pada waktu berkendara

Kekurangan : Bensin lebih boros dan perawatannya lebih mahal dan rumit

Demikianlah perbedaan antara motot matic dan manual.

 

 

Dari berbagai sumber.