Tlp SekarangWA Sekarang
Sparepart kendaraan Sepeda Motor yang Mudah Rusak

Spareparty via neton.id

GADAIBPKBMOBIL.COM – Memiliki sepeda motor sendiri memang menyenangkan. Bisa berpergian keliling kota dengan cepat dan efektif dalam masalah keiritan bahan bakar.

Tapi ketika sepeda motor sedang di kendarai mendadak mogok masalah ini yang membuat kesal, nah perlu anda ketahui ketika motor tiba-tiba mati atau merasa ada yang aneh sebaiknya anda cek satu persatu sparepart sepeda motor yang mudah rusak, diantaranya yaitu :

1. Busi

Busi adalah salah satu komponen yang berbentuk kecil yang mudah rusak dan bikin masalah besar bagi motor anda ketika sedang di perjalanan. Busi ini kontribusinya sangat besar untuk kehidupan motor anda.

Selain dari faktor usia, busi bisa mati dan rusak ketika terkena cairan. Cairan ini bisa berupa air yang ‘nyelip’ ke dalam rongga busi, atau bisa juga berasal dari oli mesin yang naik ke ruang pembakaran, sehingga busi menjadi basah dan tidak bisa memercikkan bunga api. Selain itu, salah penggunaan busi juga bisa menjadi biang masalah.

Penggunaan busi dengan bermacam-macam racing pada mesin yang standar akan memperpendek umur busi, karena tidak sesuai dengan kondisi mesin, bahan bakar, dan pengapian.

Bagi yang tidak mau businya cepet mati dan rusak, gunakanlah tipe busi yang sesuai dengan rekomendasi pabrik, atau sesuai dengan kondisi mesin anda. Selain itu, selalu cek busi secara rutin, terutama setelah menerjang banjir.

2. Kampas Rem

Sparepart kampas rem memng mudah aus.  Baik di sistem rem tromol ataupun cakram juga memiliki usia yang relatif singkat. Cepat atau tidaknya bagian ini aus bisa terjadi karena banyak hal.

Setelan rem yang terlalu kencang bisa membuat part ini berumur  yang lebih singkat dari biasanya. Selain itu, posisi velg atau disk cakram yang tidak rata juga bisa membuat part ini aus sebelah.
Untuk memperpanjang usianya, gunakanlah selalu kampas rem berkualitas, yang original atau asli. Selain itu cek juga setelan rem, jangan terlalu kencang, dan jangan terlalu kendor.

3. Laher atau Bearing Roda

Di atas sudah dibahas tentang roda dan disk cakram yang tidak rata sehingga membuat kampas rem bisa aus sebelah.

Penyebabnya salah satu  yaitu yang menjadi masalahnya adalah banyak lubang di jalanan. Lagi asik ngebut, ada lubang, gak sengaja kena hajar. Hancurlah bola-bola penahan bearingnya. Supaya sparepart anda lebih kuat dan tahan lama sebiknya beli sparepart yang ori.

4. Bohlam

bohlam ini bentuknya kecil tapi Bohlam dapat penghasil cahaya, mulai dari bohlam lampu utama, sen, rem, sampe speedometer sering sekali putus. Mungkin memang kualitas bohlam yang kurang bagus, namun juga ada kemungkinan kelistrikan motor anda ada masalah sehingga putusnya bohlam menjadi penyebabnya.

Cek dulu kelistrikan motor anda, kalau memang bagus, berarti memang kualitas bohlamnya buruk. Kalau memang normal kelistrikannya, bisa dicoba untuk mengganti bohlam wolfram standar dengan bohlam LED. Selain wattnya lebih kecil, bohlam LED juga diklaim memiliki umur yang lebih panjang dari pada wolfram biasa.

5. Seal Karet

Seal karet ini ada di mana-mana. Namun yang paling sering rusak biasanya adalah seal shockbreaker, seal kruk as dan seal pompa oli. Untuk seal shockbreaker biasanya bisa hancur atau rusak karena efek menerobos lubang yang tak terduga. Kalau seal-seal yang letaknya di dalam mesin biasanya bisa rusak karena suhu mesin yang kadang-kadang terlalu panas, sehingga seal bisa memuai.

Untuk mencegah seal karet tersebut rusak, pastikan menggunakan part asli yang berkualitas. Jangan segan-segan untuk membayar lebih untuk seal-seal karet yang harganya lebih mahal. Untuk seal shockbreaker, anda bisa mengendarai lebih santai dan hati-hati supaya  bisa terhindar dari lubang.

Dan untuk seal karet di dalam mesin, seperti seal kruk as, anda bisa mencoba untuk mengatur ‘napas’ dari motor anda supaya suhu mesin tidak terlalu panas, yang mana akan membuat bahan karet memuai.

6. Kabel Kopling

Buat yang motornya menggunakan kopling, pasti tau gimana keselnya kabel kopling putus di tengah jalan. Kabel kopling ini juga di beberapa motor sering mengalami kerusakan dan putus.

Tapi kalau tidak sampe putus, biasanya kerusakannya cuman sebatas seret. masalah ini bisa timbul karena selain kualitas kabel yang jelek, bisa juga karena timbulnya karat di dalam kabel kopling. Sering terkena air hujan, bisa membuat karat bersarang di kabel kopling.

Supaya seret ini ga berujung putus, silahkan langsung ganti dengan kabel kualitas baik ketika gejala seret mulai terasa. Atau bisa juga dirawat dengan menyemprotkan pelumas ke dalam kabel kopling supaya karat yang bandel itu bisa berkurang.

(Diedit oleh Timothy Fathi; dikutip dari berbagai sumber. Gambar: neton.id)

 

marketing officer

0823 1212 7755 (Call Center)

Butuh Dana? Punya BPKB? Ketik pesan SMS seperti format dibawah ini atau hubungi via telepon, FAST RESPONSE. Dalam 5-10 menit kami akan segera menghitung detail simulasi pinjaman, angsuran, masa tenor dan lain-lain. Apabila data lengkap, akan kami jemput sekaligus SURVEY (No Tipping!). Proses maks 1 HARI (data lengkap). Melayani seluruh Indonesia. NO BI CHECKING.

Ketik: Nama/No. HP Anda/MEREK MOBIL-TIPE-MT-AT/Tahun Kendaraan/Domisili

Contoh: Krisna/082312494977/Toyota Innova G 2.0 AT Bensin 2012/Surabaya  KIRIM ke: 0823 1212 7755