Tlp SekarangWA Sekarang
Penyebab Sekring Mobil Meleleh Dan Cara Mengatasinya

Sekring Mobil via superpolishpremium.com

Mungkin anda sering melihat atau mendengar mobil terbakar dengan sendirinya,memang hal itu sangat menakutkan karena harga mobil itu tidak murah dan jika terbakar pastinya semua yang ada didalam mobil tidak akan bisa selamat kecuali bagian besi yang ada pada mobil.

Dan saat ini kami akan membahas mengenai faktor sekring mobil meleleh karena hal ini memang bisa menjadi faktor adanya hubungan arus pendek pada mobil anda,mungkin ketika anda melihat sekring mobil anda suka menemukan sekring yang meleleh ataupun soket dan rumah sekring yang meleleh,hal itu wajib diwaspadai dan anda harus menggantinya dengan yang baru jika mendapati sekring mobil meleleh.

Dan berikut ini faktor sekring mobil meleleh supaya anda bisa mengantisipasi dan memperbaikinya secepatnya supaya mobil anda terhindar dari hal-hal yang tidak anda inginkan.

Faktor Sekring Mobil Meleleh

Sebenarnya faktor sekring mobil meleleh itu secara umum disebabkan karena adanya panas yang timbul di sekitar sekring,dan panas itu terkadang memang disebabkan karena ampere suatu sekring lebih kecil daripada arus listrik yang mengalir melewati sekring tersebut sehingga sekring tidak kuat,sebagai gambaran mudahnya ketika anda menjumper aki yang tidak terisi daya dengan menggunakan kabel yang kecil misalkan kabel listrik rumah yang hanya menggunakan serabut kecil.

Ketika anda sudah menyambungkan kedua aki tersebut dan menyetater mobil itu maka yang akan terjadi bukannya mobil menyala namun kepulan asap yang akan keluar dari kabel yang anda gunakan untuk menyambung aki tersebut.

Kemudian faktor sekring mobil meleleh yang kedua adalah rumah sekring yang sudah usang membuat soket sekring longgar,atau mungkin terdapat kotoran yang ada pada sekring dan kotoran tersebut yang menyebabkan sekring meleleh.

Sekring yang meleleh memang sangat jarang ditemui pada mobil-mobil baru karena semua bagiannya masih baik,biasanya sekring meleleh ini bisa ditemukan pada mobil tua atau bisa juga di mobil-mobil yang ditambahkan asesoris seperti penambahan audio ataupun perangkat lain yang menambah beban daya listrik pada mobil anda.

Cara Menangani Sekring Mobil Meleleh

Setelah kita membahas mengenai Faktor Sekring Mobil Meleleh sekarang kita beralih untuk cara menanganinya,karena jika tidak segera diatasi nantinya bisa membuat kabel-kabel juga ikut meleleh.

Dan setelah permasalahan pada rumah sekring sudah teratasi sekarang anda perlu mengganti sekring dengan kapasitas yang lebih besar supaya sekring tidak mudah meleleh,dan untuk mengetahui berapa jumlah beban yang melewati sekring anda harus melakukan pengetesan berapa ampere listrik yang melewati sekring anda,dan setelah anda selesai melakukan pengukuran anda bisa membeli sekring dengan ukuran 5 ampere lebih tinggi dari arus yang lewat pada sekring,dengan perubahan ini pastinya sekring anda tidak akan mudah meleleh karena kapasitas sekring lebih besar.

Sebagai contohnya ketika lampu pada mobil anda menggunakan daya sebesar 130 watt lalu berapakah sekring yang digunakan,cara menghitungnnya cukup mudah yaitu dengan membaginya 130 watt dibagi dengan 12 Volt ukuran aki mobil dan hasilnya adalah kisaran 10,8 ampere,sehingga anda bisa menggunakan sekring yang memiliki kapasitas 15 ampere atau lebih besar.

Dan itulah FaktorSekring Mobil Meleleh Dan Cara Menanganinya sebenarnya sekring sendiri memang memiliki harga yang cukup murah,namun ketika sekring ini rusak dan tak kunjung diperbaiki nantinya akan membuat masalah lain yang mungkin akan melibatkan kabel body,sehingga ketika anda melakukan perbaikan kabel justru anda akan mengeluarkan biaya yang banyak,karena semua bagian harus dibongkar dan diteliti satu per satu,pastinya prosesnya cukup lama dan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Dari berbagai sumber..