Tlp SekarangWA Sekarang
Penyebab Dan Cara Mengatasi Kaca Film Mobil Bergelembung

Kaca Mobil Bergelembung via gridoto.com

Kaca mobil merupakan salah satu bagian pelindung dan juga berfungsi sebagai penglihatan dari dalam dan luar mobil. Kaca mobil sering kali menjadi pusat perhatian sebuah mobil yang mana harus kita jaga dan kita rawat. Fungsi utama dari kaca mobil sendiri adalah untuk melihat lingkungan luar di sekitar mobil. Selain itu adanya kaca mobil juga menjadikan suasana di dalam mobil menjadi lebih terang.

Untuk melindungi kaca mobil dari goresan benda-benda tajam biasanya kita melapisinya dengan kaca filmNamun sayangnya banyak pemilik mobil yang mengeluh karena kaca film yang terpasang di kaca mobil terdapat gelembung-gelembung yang dapat mengganggu pandangan dan membuat penglihatan kita tidak nyaman.

Biasanya gelembung di kaca film ini bisa berbentuk gelembung kecil maupun gelembung yang ukurannya sangat besar. Bukannya membuat tampilan mobil jadi lebih baik dan bermanfaat,malahan pemakaian kaca film yang bergelembung justru membuat tampilan mobil menjadi kurang baik.

Sebenarnya apa sih penyebab kaca film mobil menggelembung? Berikut beberapa faktor mengapa kaca film di mobil timbul gelembung:

1.Panas Sinar Matahari

Faktor cuaca turut berpengaruh menyebabkan kaca film mobil timbul gelembung. Panas sinar matahari langsung yang menyengat dan dalam masa waktu yang lama memiliki efek yang tidak baik untuk kaca film. Apalagi jika kita menggunakan kaca film dengan kualitas yang buruk,tentu kaca film akan dengan mudah timbul bintik-bintik gelembung kecil dan bisa terus membesar.

2.Kualitas Lem Kaca Film

Faktor berikutnya yang menyebabkan kaca film menggelembung adalah buruknya kualitas  dari lem atau perekat kaca film mobil sehingga ketika kaca mobil terpapar sinar matahari secara langsung menyebabkan timbulnya gelembung maupun bintik-bintik kecil.

3.Pengaruh Musim

Musim hujan juga bisa menyebabkan terjadinya gelembung udara ada kaca film. Hal ini karena adanya proses kondensasi di kaca mobil selama musim hujan. Sehingga terjadilah gelembung udara di kaca film mobil.

Cara Sederhana Menghilangkan Gelembung Kaca Film Mobil

Biasanya kaca film mobil membutuhkan waktu sampai 7 hari untuk bisa dibersihkan. Supaya cairan perekat kaca film benar-benar kering. Selain itu kita juga tidak dianjurkan untuk membuka kaca mobil selama 3 hari sesudah pemasangan kaca film. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan kaca film yang belum kering sempurna.

Jika kita menginginkan hasil pemasangan kaca film pada mobil supaya lebih bagus,ada baiknya supaya kaca film dijemur di bawah sinar matahari sampai kering supaya hasil pemasangan menjadi lebih maksimal.

Solusi yang terbaik adalah memperbaiki kaca film mobil bergelembung tersebut ke dealer resmi atau bengkel terpercaya,tempat anda melakukan pemasangan kaca fim pada kaca mobil anda.

Biasanya akan diberikan garansi,sehingga kita tidak perlu mengeluakan biaya lagi. Tetapi bagi anda yang memiliki kaca film yang menggelembung dan sudah dalam waktu yang lama saran terbaik adalah menggantinya dengan yang baru,karena sudah tidak bisa diperbaiki lagi,andai masih bisa diperbaiki tidak akan mandapat hasil yang maksimal.

Supaya kaca film mobil yang baru bisa kita pasang merekat dengan sempurna ada baiknya jangan membuka dan menutup jendela mobil terlebih dahulu sampai benar-benar kering. Ada juga saran untuk menusuk bagian kaca film yang menggelembung kemudian dipanasi dengan korek api. Setelah itu ditekan sampai menempel lagi.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai beberapa faktor dan cara menangani kaca film mobil terdapat gelembung-gelembung. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Dari berbagai sumber..