Tlp SekarangWA Sekarang
Motor Tua yang Terkenal di Era Modern

Motor Tua via oto.detik.com

 

Sudah banyak motor versi baru yang memiliki teknologi canggih dalam mesinnya. Teknologi injeksi merupakan salah satu loncatan terbesar bagi industri sepeda motor di tanah air. Jika melihat kembali ke beberapa tahun silam, tentu masih teringat teknologi-teknologi motor zaman dahulu yang sudah sangat keren pada masanya. Jika dibandingkan di zaman sekarang ini tentulah dari segi efisiensi dan teknologi yang digunakan sudah sangat jauh berbeda.

Dari segi desain juga sudah berubah 180 derajat. Motor zaman dahulu memiliki garis desain yang sederhana. Berbeda dengan desain sepeda motor di zaman sekarang ini yang memiliki desain body cenderung tajam.

Beberapa motor legendaris yang sampai sekarang ini masih menjadi gaya hidup dikalangan masyarakat luas :

  1. Honda CB Series

Motor klasik yang memiliki desain khas ini sangat digemari oleh banyak kalangan terutama anak muda. Ada yang memodifikasi hingga ke bentuk asli, tetapi ada juga yang membuatnya menjadi bentuk lain. Selain itu, modifikasi menggunakan basis motor ini sudah sangat umum. Tidak heran jika harga jual motor ini saja sudah melambung cukup tinggi. Ditambah lagi kelangkaan unit yang membuatnya menjadi most wanted item yang diburu oleh kolektor.

Di era modern, motor legendaris ini tergolong sangat canggih dibandingkan dengan motor-motor diera modern seperti ini. Sekarang ini banyak kreatifitas modifikasi yang dilakukan terhadap motor ini, mulai dari mengubahnya menjadi CB Monster (CB yang mengalami ubahan mesin), bahkan ada yang menambahkan selongsong silinder di mesin motor CB ini. Ide kreativitas ini berhasil membuat motor tua memiliki jantung baru yang membuatnya kuat untuk diajak touring lebih-lebih bisa untuk balap. Bayangkan saja mesin CB dua atau bahkan tiga silinder ini dipacu di lintasan balap, pastilah akan menjadi motor klasik paling kencang di deretan motor terbaru.

  1. Yamaha RX King

Berbeda dengan motor Yamah RX King, banyak orang mengatakan bahwa motor ini identik dengan motor penjambret atau begal. Hal ini dikarenakan banyak film-film yang menayangkan aksi penjambretan menggunakan motor ini. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa tenaga mesin motor ini sangat luar biasa, sehingga mampu melaju jauh lebih cepat dibandingkan motor-motor sekelas lainnya.

Meskipun motor ini sudah discontinued, namun masih banyak kalangan speedlovers yang mengharapkan performa dahsyat dari motor RX King ini. Tidak heran harga jual motor ini masih sangat tinggi untuk golongan motor tua. Masih terdapat bagian tersendiri yang menggemari spesifikasi dan juga penampilan motor ini. Tentunya jika motor ini memiliki kondisi yang masih sangat terawat, terbukti dengan harga Rp 15 juta masih ada orang yang akan membeli motor legendaris ini.

  1. Honda C70 (Ulung)

Berbeda dengan kedua motor sebelumnya yang bergenre sport, motor Honda C70 ini memiliki genre cub atau sering dikenal dengan istilah motor bebek. Meksipun motor ini sudah tidak terkenal lagi, namun di era modern seperti inilah motor bebek pertama yang masuk Indonesia dengan menggunakan fitur electric starter. Ketika motor lain masih menggunakan teknik konvensional untuk menyalakan motor, Honda C70 sudah memiliki fitur yang tergolong paling canggih.

Motor ini banyak dimodifikasi menggunakan model street cub. Namun banyak juga yang membuatnya seperti di zaman dahulu dengan memperbaharui ke kondisi asli motor ini. Mulai dari segi mesin, motor ini memang hanya dibekali mesin yang mungil, hanya sebesar 70 cc saja. Oleh karena itu banyak orang yang sudah mengubah spesifikasi mesin motor Honda C70 ini dengan mesin yang lebih besar seperti milik Honda Astrea, Honda Supra bahkan ada juga yang menjejalkan mesin Suzuki Satria FU di bagian depan motor ini.

  1. Vespa

Banyak penggemar vespa memiliki kisah menarik sendiri dengan sepeda motor milik mereka sendiri. Motor ini dikenal dengan bentuknya yang unik. Bisa dikatakan bahwa bentuk dan desain vespa ini merupakan asal mula kendaraan Automatic yang sekarang banyak beredar di jalanan. Perbedaannya, vespa ini masih menggunakan kopling seperti motor sport yang kebanyakan sebagai penerus daya di motor ini. Desainnya yang unik, tidak heran banyak yang menyukai motor ini untuk sekedar dikoleksi. Bahkan kalangan anak muda banyak juga yang memodifikasinya hingga tergolong ke modifikasi ekstrim.

Vespa yang banyak beredar di jalanan ini terkenal dengan mesinnya yang sangat kuat. Meskipun sudah sangat tua, namun motor ini terbukti masih mampu menempuh jalan yang sangat jauh. Buktinya banyak diadakan komunitas jambore vespa di Indonesia. Banyak juga pesertanya yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini memang memberikan gambaran bahwa pengguna vespa sangat banyak dan juga memiliki jaringan persaudaraan yang sangat kental. Tidak heran eksistensi Vespa sampai sekarang ini masih sangat banyak penggemar setianya.

  1. Honda Astra 90Z (Benly)

Banyak yang mengatakan motor ini identik dengan motor milik bapak camat. Hal ini dikarenakan dengan modelnya yang kecil kurus dan unik. Meskipun motor ini tergolong kepada motor Sport, namun karena mesinnya yang kecil dan memiliki konfigurasi jatuh seperti motor bebek, oleh karena itu motor ini banyak digunakan oleh orang kantoran karena praktis dan pendek. Walaupun seperti itu, sekarang ini motor Honda astra mulai terkenal, dikarenakan adanya tren neo-klasik yang membangun motor klasik dan diberikan sedikit sentuhan modern tanpa merusak wujud asli motor tersebut.

Memodifikasinya juga sangat mudah dan murah. Hal ini dikarenakan spare part alternatifnya  dapat ditukar menggunakan spare part motor bebek. Mesinnya 90 cc membuat pemilik motor ini banyak yang memodifikasi mesinnya sehingga dapat memproduksi tenaga yang lebih besar lagi. Untuk motor ini, biasanya banyak yang memodifikasinya menggunakan model cafe racer, karena mensinya yang kecil sehingga sangat cocok jika dimodifikasi menggunakan model cafe racer tersebut.

 

 

Dari berbagai sumber