Tlp SekarangWA Sekarang
Mengetahui Perbedaan Mobil Diesel Mobil Bensin

Perbedaan Mobil via beritabelita.blogspot.co.id

 

Jika membicarakan mengenai mesin, selalu ada dua pilihan yang muncul. Pertama adalah mobil dengan mesin diesel dan yang kedua mobil dengan mesin bensin.

Saat dihadapkan pada pilihan ini banyak orang mengalami kebingungan karena tidak memahami perbedaan dasar dan keuntungan masing-masing mesin. Apalagi karena banyak mobil yang ditemui menggunakan mesin bensin daripada mesin diesel.

 

Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dari jenis mobil di atas coba untuk mengecek hal-hal berikut yang mungkin bisa merubah keputusan awal:

Bahan Bakar Solar vs Bensin

Perbedaan mendasar pada jenis mobil ini adalah bahan bakar.
Mesin diesel menggunakan solar sebagai bahan bakarnya, sedangkan mobil bensin tentu saja menggunakan bensin. Solar biasanya lebih aman daripada bensin, karena tidak seperti bensin, solar biasanya lebih tahan terhadap panas yang tinggi.
Api juga tidak akan langsung menyambar solar selayaknya api menyambar bensin.
Sifat lain solar yang menguntungkan pemakainya adalah ketika mesin bekerja, solar tidak menghasilkan uap sebanyak bensin. Sehingga mengurangi kemungkinan terbakar akibat panas yang tinggi. Akibatnya, pemakaian solar lebih aman daripada bensin.

Ketahanan Mesin

Jika dibandingkan dengan mesin bensin, mesin diesel jauh lebih kuat padahal mesin diesel merupakan mesin mobil yang terlebih dahulu diciptakan sebelum mesin bensin.
Diesel memang sudah di rancang untuk bisa off road, artinya diesel dapat menghasilkan torsi tinggi pada rpm rendah, sehingga cocok sekali digunakan pada daerah dengan trek yang jauh dari kata halus.
Kelebihan lain pada mesin diesel juga dapat di lihat saat terjadi banjir. Mesin diesel yang tidak memiliki komponen listrik seperti busi tidak akan menyebabkan adanya arus pendek seperti yang suka terjadi pada mobil bensin.
Bahkan saat hujan lebat, mobil bensin terkadang masih mengalami hal yang sama. Untuk ketahanan mesin, coba saja lihat rekor Mercedez-Benz yang mampu bertahan hingga 1,5 juta km.

Perawatan Mesin

Membandingkan perawatan mesin diesel dengan mesin bensin cukuplah mudah. Mesin diesel yang lebih kompleks membutuhkan perawatan ekstra yang terkadang harus merogoh kantong dalam-dalam.
Berbeda dengan mesin bensin, perawatannya sangatlah mudah dan tidak serumit perawatan mesin diesel ketika mengalami kerusakan. Di tambah lagi, mesin diesel mungkin membutuhkan perawatan lebih rutin daripada mesin bensin.

Efisiensi Mesin

Mesin diesel cenderung jauh lebih efisien daripada mesin bensin. Jika dibandingkan pada penggunaan bahan bakar yang sama, mesin diesel memakai bahan bakar 40% lebih sedikit daripada mesin bensin.
Maka mesin diesel juga akan menghasilkan panas yang lebih sedikit, sehingga penggunaan mesin diesel lebih efisien.
Hal ini juga berhubungan dengan kompresi tinggi yang dihasilkan oleh mesin diesel untuk menghasilkan tenaga.

 

 

 

Dari berbagai sumber