Tlp SekarangWA Sekarang
Mengetahui Aroma Pada Mobil

Aroma Mobil via kiosban.com

 

Setiap mobil mungkin akan terjadi sebuah permasalahan secara teknis. Mungkin itu permasalahan mesin, pengatur udara (AC), atau ban. Permasalahan ini bisa muncul kapan dan di mana saja. Baik mobil sedang diam (parkir) atau berjalan (dikendarai).

Dalam kondisi berjalan mobil tentu akan sulit diketahui kondisinya. Namun beberapa kondisi yang dapat dideteksi ketika mobil sedang berjalan, dapat diketahui dengan mencium bau wangi-wangian yang muncul di dalam ruang mobil anda.

Jika mulai mencium aroma yang mencurigakan, segeralah periksa apa yang terjadi di dalam mobil itu.

Bau yang ditimbulkan bisa jadi suatu masalah. Jika ini dibiarkan, padahal di sana ada sebuah masalah, bisa-bisa akan merugi karena harus melakukan perbaikan dan itu karena ketidaktahuan seorang pemilik mobil.

Selain perbaikan pada mobil tentu yang dikhawatirkan adalah pengaruhnya terhadap kesehatan. Ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Anda tentu akan kebingungan, apa yang harus diperiksa ketika mencium salah satu bau aneh di dalam mobil.

Berikut adalah beberapa bau yang kemungkinan muncul pada mobil :

  1. Bau Apek

Jika anda menyalakan AC dan mengeluarkan bau apek itu kemungkinan telah tumbuh jamur pada sistem AC mobil tersebut.
Kelembaban muncul dari dinginnya evaporator AC sehingga jamur mengendap dan tumbuh di sana. Selain itu, bau apek bisa muncul karena karpet yang basah karena interior mobil yang bocor.
  1. Manis

Bau ini biasanya muncul dari sistem penghangat. Bau manis ini berarti terdapat bocor pada sistem pendingin.
Ini akan sangat sulit dilihat. Kebocoran bisa terjadi karena terkorosi oleh inti pemanas, biasanya di belakang dashboard. Selain menimbulkan bau, biasanya berpotensi menimbulkan kabut di dalam mobil.
  1. Gosong

Bau gosong ini muncul karena pengereman yang agresif sehingga bantalan rem atau rotor menjadi panas. Pada kendaraan dengan transmisi manual juga dapat terjadi karena plat kopling yang aus atau terlalu panas.
Benda-benda lain dari luar seperti daun rumput yang dibawa oleh tikus atau hewan kecil lain pada komponen mesin terkadang juga dapat terbakar sehingga menimbulkan bau gosong.
  1. Telur Busuk

Bau telur busuk atau sulfur biasanya timbul setelah perjalanan yang jauh dan berat. Masalah pada sistem emisi atau mesin yang dipaksa bekerja terus-menerus akan menjadikan converter overheat.
  1. Karet

Bau karet yang terbakar biasanya terjadi karena aksesoris drive belt rusak karena termakan oleh katrol. Plat kopling, seperti diterangkan sebelumnya, yang terlalu panas akan menimbulkan bau seperti karet terbakar juga.
  1. Listrik

Maksudnya seperti aroma roti panggang. Bau ini biasanya terjadi karena adanya hubungan arus pendek dalam komponen listrik.
Jangan menganggap sepele bau ini, hubungan arus pendek pada komponen yang terlalu panas merupakan sumber utama kemunculan api.
  1. Bensin

Bau bensin normal terjadi pada mobil dengan mesin yang masih dingin. Hal ini dikarenakan pembakaran yang belum sempurna.
Jika mencium bau bensin setelah mesin sudah digunakan atau sudah mulai panas, bisa jadi tutup tangki bensin longgar atau sistem emisi menguap dan bocor atau tersumbat.
Lebih buruk lagi jika bensin pada tangki bocor dan merembes pada sistem bahan bakar lain. Keadaan tersebut bisa menimbulkan api. Selalu periksa bau ini sebelum anda menyalakan mesin mobil.
Demikian kondisi mobil yang dapat diketahui dari aroma yang muncul dalam ruang mobil. semoga menjadi alternatif untuk mengetahui kondisi mobil.
Lakukanlah perawatan dan pemeliharaan secara rutin dan serius untuk mengetahui kondisi mobil yang sebenarnya secara spesifik.

 

 

Dari berbagai sumber