Tlp SekarangWA Sekarang
Memperoleh Uang dengan Memanfaatkan Mobil Bekas

Mobil Bekas via otoblitz.net

 

Jika mempunyai mobil di bagasi yang sudah tidak bisa jalan lagi? Mesinnya masih bisa diperbaiki tetapi memang sudah tidak layak jalan? Mobil tua mungkin? Mobil yang teronggok seperti ini biasanya disebut dengan mobil bekas.Ternyata mobil bahan ini masih bisa dimanfaatkan jadi ladang uang. Mungkin menjual secara keseluruhan untuk dipakai kembali bukanlah sebuah pilihan lagi, apalagi melihat kondisi kendaraan yang mungkin tidak bisa mengaspal lagi dengan baik.

Berikut cara memperoleh uang dengan memanfaatkan mobi bekas :

  1. Bersihkan semua bagian mobil

Sebelum menjual mobil bekas, tentu saja harus melakukan pembersihan. Membersihkan mobil ini sangat penting karena akan membuat mobil bekas terlihat lebih baik dibandingkan sebelumnya. Mulailah dari bagian paling luar yaitu, body mobil. Bersihkan dengan baik semua bagian body mobil kemudian lanjutkan membersihkan bagian mesin dan juga interior mobil. Saat membersihkan bagian mesin, perhatikan juga bagian-bagian kelistrikan yang tidak boleh terkena air. Usahakan bagian-bagian tersebut tetap kering agar tidak mengganggu kinerja mesin seperti aki, busi dan ECU.
Untuk bagian interior mobil, bersihkan juga dari bagian-bagian yang mudah terlihat oleh orang. Contohnya bagian sound system, tape atau lcd (jika ada). Bagian-bagian ini bisa memiliki harga yang lumayan tinggi saat dijual, Setelah membersihkan semua bagian, bisa mentukan seberapa baik dan buruknya mobil bekas itu.
  1. Manfaatkan pasar mobil bekas

Ada banyak sekali pasar mobil bekas yang menerima mobil kampakan. Tetapi ada satu hal yang harus diketahui, bahwa banyak pihak mobil bekas yang meminta memperlihatkan bahwa mobil yang dijual adalah milik pribadi. Tentu saja mereka sebagai pihak pembeli akan berhati-hati saat membeli kampakan mobil. Sebagai pihak pembeli, mereka tidak ingin terlibat kasus apalagi dianggap melakukan pembelian dari mobil hasil curian. Pastikan membawa dokumen-dokumen penting terkait kepemilikan mobil bekas yang ingin dijual.
  1. Menjual per part/Kampakan mobil

Menjual kampakan mobil berarti harus menentukan harga jual tiap bagian yang dijual. Melalui media online tersebut dapat menentukan harga jual untuk bagian-bagian mobil seperti mesin, audio dan banyak bagian lainnya. Jika mengalami kesulitan dalam menentukan harga, bisa mencoba mendatangi pasar mobil bekas dan menanyakan harga pasaran untuk bagian-bagian mobil yang sama. Jika bagian tersebut masih berfungsi dengan baik dan terlihat baik juga, maka harga yang ditawarkan bisa mengikuti harga pasaran pada umumnya. Jika tidak, harus memberikan penawaran yang jauh lebih murah.
  1. Bandingkan penawaran yang datang

Tentu saja saat melakukan penjualan sebuah barang akan mendapatkan penawaran harga dari para calon pembeli. Jika bagian mesin yang dijual memiliki kualitas baik, maka tentu saja akan mendapakan banyak penawaran dari para pembeli. Saat melakukan penawaran, gunakanlah teknik negosiasi yang baik dan benar. Beritahukan keuntungan mereka memiliki barang yang dijual dan kondisinya dengan jujur. Setelah negosiasi biasanya akan mendapatkan tawaran dengan harga terbaik. Bandingkan harga yang sudah didapatkan dan pilih nilai yang paling tepat untuk barang tersebut.
  1. Tips tambahan

Saat melakukan pembersihan mobil yang akan djual, simpanlah barang-barang yang menurutnya masih bisa dapat digunakan dengan baik. Periksa secara baik-baik semua bagian mobil terutama tempat terbiasa menyimpan barang. Barang kali akan menemukan benda-benda yang sudah lama dicari sebelumnya. Benda-benda kecil seperti ini terkadang terlihat tidak perlu, tetapi ternyata sangat dibutuhkan. Segeralah simpan barang-barang tersebut setelah menemukannya.
Pokok utama dari penjualan mobil bekas adalah memahami pasar dan target penjualan. Lakukanlah hal yang diperlukan untuk membantu memperbaiki bagian-bagian dari mobil tersebut.

 

 

 

 

Dari berbagai sumber