Tlp SekarangWA Sekarang

Mobil memiliki komponen kelistrikan yang banyak seperti semua lampu, HID, klakson, audio, video, power window, central lock, dsb. Semua alat-alat tersebut memilki komponen kelistrikan misalnya saja kondensator, resistor, dll dengan memilki volt yang beragam.

Akumulator (accu, aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor.

Pada umumnya di Indonesia, kata akumulator (sebagai aki atau accu) hanya dimengerti sebagai “baterai” mobil. di dalam standar internasional setiap satu cell akumulator memiliki tegangan sebesar 2 volt. sehingga aki 12 volt, memiliki 6 cell sedangkan aki 24 volt memiliki 12 cell.

Aki merupakan sel yang banyak kita jumpai karena banyak digunakan pada sepeda motor maupun mobil. Aki temasuk sel sekunder, karena selain menghasilkan arus listrik, aki juga dapat diisi arus listrik kembali. secara sederhana aki merupakan sel yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4

Jika kekurangan suplay listrik atau suplai kelistrikan yang tidak stabil akan sangat memungkinkan menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen kecil tersebut, dengan rusaknya komponen tersebut pasti akan menjalar kebagian-bagian yang lain.

Berikut cara memilih aki yang harus anda ketahui:

  • Hindari beli aki rekondisi


Aki rekondisi via hargamurah.com

Sebisa mungkin untuk menghindari aki rekondisi / aki bekas. Aki rekondisi adalah aki dari hasil tukar tambah dengan aki baru, terkadang aki rekondisi dijual sama dengan yang baru, artinya ialah penipuan dan pemalsuan barang, memang tidak semua penjual seperti itu, namun ini tindakan pencegahan pada diri kita sendiri.

Berdasar pengalaman terkadang aki bukan lagi yang soak tapi bahkan aki rusak yang dimodifikasi setidaknya bisa nyala lalu dijual lagi. Hati-hati dengan yang satu ini, silahkan anda beli aki rekondisi pada orang yang betul-betul bisa dipercaya.

  • Memilih aki basah atau aki kering

Macam aki via jagaotomotif.id

Aki kering memiliki performa dan kekuatan lebih bagus daripada aki basah, namun kekurangan dari aki kering ialah tidak tahan terhadap panas dan tentunya harganya lebih mahal. Lebih mahal sedikit namun lebih awet juga bagus untuk pertimbangan.

  • Perhatikan kapasitas aki


Tes kapasitas aki via pusat solar cell.blogspot.co.id

Setiap aki baik aki kering atau aki basah memiliki kapasitasn dan ukuran yang berbeda-beda pula, perhatikan pada bagian amper, ukuran, dimensi serta memiliki tegangan berapa. Pastikan aki yang akan dibeli memiliki kapasitas dan tegangan sama dengan ukuran standar mobil anda. Jika tegangan aki lebih besar dari standar mobil anda akan menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan mobil yang anda miliki.

  • Merek aki


Merk aki via camargus.com

Banyak beredar berbagai merek aki ditoko atau dibengkel seperti; Acdelco, Amaron, Delkor, Dryfit, G-Force, Global, Hyundai dan yang paling banyak dipakai adalah merek GS dan Yuasa, dua merek ini sudah yang banyak tahu kualitas dan keawetannya. 

  • Garansi aki jelas

 


Garansi aki via Kaskushootreads.com

Sebelum anda membayar sejumlah harga pada penjual aki, pastikan dipertanyakan masalah garansi, mintalah bukti dan bila perlu dibelakang nota penjualan minta dibuatkan statemen jika rusak dalam sekian hari akan di replace atau ganti dengan aki yang baru bukan perbaikan.