Tlp SekarangWA Sekarang
Macam-macam Konfigurasi Mesin

Mesin Mobil via blogspot.co.id

Bentuk mesin adalah sebuah kata yang menunjuk kepada”layout” piston dalam sebuah mesin pembakaran dalam. Kata”blok”sering digunakan juga sebagai pengganti kata mesin dalam terminologi,penggunaan umumnya adalah blok V dan mesin V,keduanya menunjuk ke hal yang sama.

Dalam dunia permesinan dapat dikelompokan sesuai fungsi-fungsinya tersendiri,teknologi,permesinan maupun teknik ,mesin automotif sangat memiliki ketergantunga terhadap kemajuan teknik mesin produksinya juga atau yang sering kita kenal dengan “mesin perkakas”.

Didalam pengaturan segala konstruksi mesin yang ada pada mekanika otomotif pada dasarnya bersumber dari perancangan sejak dasar oleh permesinan produksi.

1.Mesin Inline Sejajar ( Straight Engine )

Dalam bentuk sebuah mesin,mesin segaris adalah sebuah mesin pembakaran dalam yang semua silindernya terletak segaris. Mesin seperti ini sudah banyak digunakan di dunia otomotif,penerbangan,dan lokomotif.

Mesin segaris lebih mudah dibuat dari mesin jenis lainnya,seperti mesin flat atau mesin V karena hanya membutuhkan satu cabang silinder dan crankshaft. Mesin ini juga membutuhkan cylinder head dan camshaft  yang lebih sedikit.

Tipe ini Banyak dipakai di mesin mesin yang kita gunakan seperti Mesin Mobil Toyota Avanza,Kijang Innova,Suzuki Carry,Mitsubishi Kuda dan lain lain. sedang dalam mesin dieselnya seperti Isuzu Panther,Pajero,Everest,Captiva diesel dan lain lain.

2.Mesin V ( V Engine )

Sesuai namanya maka mesin ini berbentuk seperti huruf V dimana memiliki sudut tertentu,cara termudah melihatnya coba anda amati motor Harley davidson.  Itu adalah mesin tipe V. Mesin V pertama kali diciptakan oleh Karl Benz  pada tahun 1896 ),dalam perkembangnya penamaan mesin V sesuai jumlah tabungnya,V2 untuk 2 tabung, V4,V6,V8,V10,V12V16,V18,V20,bahkan sampai ke V24 ( 24 tabung ).

Mesin V memiliki nilai gravitasi yang lebih rendah dan pengunaan pada mesin dengan tabung yang lebih banyak akan menghasilkan torsi maksimal yang lebih besar dari pada mesin inline pada kemampuan mesin dan teknologi yang sama.

3.Mesin W

Tipe mesin dengan pengaturan menyerupai hufuf W ,pemakaian pertama digunakan pada sepeda motor Anzani pada tahun 1906. Pada Perkembangannya Pabrikan yang banyak mengembangkan Mesin Tipe W adalah Group Volkswagen.

Seperti Penamaan pada mesin bentuk V dalam Konfigurasi W penamaan juga sesuai dengan jumlah sitabungnya misalnya Mesin W8 digunakan pada VW Passat,W12 Pada Mesin VW Phaeton,Toureg,Bentley Continental GT. Puncak Perkembangan Mesin W terjadi pada tahun pada tahun 2006,dengan dikeluarkannya mesin W16 kapasitas 8 liter yang dipasangkan pada mesin Bugatti Veyron. dilengkapi dengan 4 buah Turbo charger dan menghasilkan tenaga 1000Ps/6000 rpm.

4.Mesin X

Jika sebuah mesin W dikembangkan dari mesin V maka pada mesin jenis X ini merupakan gabungan mesin V blok horizontal menentang satu sama lain. Jadi,tabung tersebut diatur dalam empat bank,dilihat tabung bedanya ini akan muncul sebagai X.

Bentuk ini sekarang sangat jarang ditemukan,terutama karena berat dan komplikasi dibandingkan dengan mesin tipe biasa.  Kebanyakan contoh mesin X ada dan dipergunakan pada masa Perang Dunia II,dan dirsiapkan untuk pesawat militer besar. Sebagian besar adalah X-24s berdasarkan ada V-12s.

Sedangkan pelaksana sebagian diantaranya adalah Ford,X-8 prototipe tahun 1920,Daimler-Benz DB 604,yang dikembangkan untuk program Bomber B Luftwaffe (angkatan Udara Jerman Pimpinan Goering) Isotta-Fraschini Zeta R.C. 24/60,dikembangkan untuk Caproni F6 tempur,(1943) Rolls-Royce Exe,sebuah batang katup mesin prototipe berpendingin udara.

5.Mesin U

Mesin jenis ini adalah seperti dua buah mesin inline sejajar yang akan jelas seperti huruf U,kedua mesin ini memiliki poros engkol sendiri yang kemudian dihubungkan dengan yang lain dengan geer atau rantai,mesin ini akhirnya juga tidak berkembang karena lebih berat dan kompleks.

Contoh penggunaan mesin U adalah pada sepeda motor Ariel Square Engine (1931-1959). Desain ini dihidupkan kembali sebagai versi dua-stroke pada beberapa motor Suzuki balap,dan selanjutnya diproduksi massal menjadi Suzuki RG500. Walaupun beberapa mesin jenis U berhasil dalam Dunia balap,tetapi pada perkembangannya tidak begitu laku dalam produksi massal.

6.Mesin H

Sebuah mesin H (atau H-blok) adalah sebuah bentuk mesin dimana tabung sejajar sehingga jika dilihat dari depan,mereka jelas dalam susunan vertikal atau horizontal H. Sebuah mesin H dapat dilihat sebagai dua mesin datar,satu di atas atau di samping yang lain. Masing-masing memiliki crankshaft sendiri,yang kemudian didigabungkan bersama-sama di salah satu ujungmya.

Bentuk H memungkinkan didesain mesin multi tabung  yang lebih pendek,kadang-kadang memberikan keuntungan pada pesawat. Untuk aplikasi balap mobil ada kelemahan karena memiliki bentuk H maka mesin harus dibuat supaya lebih tinggi supaya knalpot dapat tersalurkan dengan baik,padahal dengan mesin yang tinggi maka pusat grvitasi akan semakin tinggi hingga mengurangi kestabilan kendaraan itu sendiri.

Dari berbagai sumber..