Tlp SekarangWA Sekarang
Keutamaan Menggunakan Kaca Spion Mobil Atau Sepeda Motor

Kaca Spion melalui camargus.com

Apa fungsi kaca spion mobil. Tanpa kaca spion di kiri dan kanan anda tidak akan bisa mengemudi dengan benar. Kaca spion mobil sebenarnya termasuk dalam kategori cermin. Berapa harga kaca spion mobil. Saat kaca spion mobil pecah maka anda tidak akan dapat melihat keadaan sekeliling mobil anda, dan hal ini sangat berbahaya jika di gunakan berkendara di jalan raya.

Mengapa kaca spion harus di pasang pada kendaraan khususnya mobil dan motor. Kaca spion mobil merupakan perangkat aksesoris atau perangkat tambahan kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting. Tanpa kaca spion maka pengemudi mobil tidak dapat berbuat banyak, bahkan kemungkinan besar pengemudi tidak akan mampu menjalankan mobil dengan baik, bahkan akan menjurus pada kecelakaan lalu lintas.

Kaca spion motor merupakan aksesoris pelengkap pada kendaraan roda dua ini.
Ketika mengendarai sepeda motor anda disarankan untuk selalu melihat kaca spion sebelah kanan maupun sebelah kiri. Hal ini bertujuan untuk memantau keadaan di sebelah kanan dan kiri kendaraan anda. Ketika anda ingin berbelok kekanan maupun kekiri maka diwajibkan melihat keadaan di sekeliling anda. Sehingga anda terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Kaca spion termasuk dalam peraturan lalu lintas, sehingga jika kendaraan anda tidak dilengkapi dengan kaca spion, maka petugas kepolisian dapat melakukan tilang dan anda diwajibkan membayar denda tilang sesuai dengan undang undang lalu lintas yang berlaku.

Keutamaan menggunakan Kaca spion ini berguna untuk melihat keadaan di sekeliling kendaraan anda. Dengan dipasangnya kaca spion maka anda dapat terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Namun demikian banyak pengemudi khususnya pengendara roda dua banyak yang tidak mengikuti peraturan lalu lintas tentang pemasangan kaca spion pada kendaraannya, bahkan banyak pemilik sepeda motor memasang kaca spion seadanya, sehingga tidak berfungsi secara optimal. Hal ini tentunya sangat membahayakan anda dan pengendara lainnya.

Kaca spion ada berbagai macam. Pihak kepolisian sendiri tidak memberikan syarat khusus tentang jenis maupun model kaca spion, namun demikian kaca spion dengan lebar hanya dua jari tidak disarankan sama sekali, karena tidak maksimal memantau keadaan sekeliling dan jika ada razia kendaraan, maka pengguna kaca spion dua jari akan dikenakan denda tilang, bagi pemilik mobil penggunaan kaca spion sudah benar, bahkan hampir semua pemilik mobil menggunakan kaca spion sesuai rekomendasi.

Memang mobil tanpa kaca spion sama saja dengan cari masalah dan sangat mudah mengalami kecelakaan. Lain mobil lain motor, masih banyak pengguna motor yang memasang kaca spion dengan benar, namun masih jarang yang memanfaatkannya.

Dan adanya kaca spion saat parkir di pinggir jalan pengemudi sangat terbantu. Demikian juga saat mobil berjalan mundur maupun ketika memarkir kendaraan, maka pengemudi tidak dapat berbuat banyak tanpa adanya kaca spion kanan dan kiri.

Di kutip dari berbagai sumber.