Tlp SekarangWA Sekarang
Motor jaman now

Motor jaman now via otopacu.com

Motor Jadul

Motor CB via Kaskus.co.id

Memang benar motor jadul mempunyai banyak kekurangan dibandingkan motor jaman sekarang. Anda tidak akan melihat motor jadul melaju kencang layaknya motor-motor  masa kini. Memiliki Motor jadul juga cukup merepotkan karena harus bolak-balik masuk bengkel, maklum mesin tua. dari segi body pun kalah jauh.

Motor sakarang mempunyai beragam bentuk body yang sudah modern sedangkan motor jadul, banyak beranggapan bodynya sudah kuno. Motor jaman sekarang juga lebih nyaman digunakan. Selain itu harganya pun cukup terjangkau. Kalau tidak mampu untuk membeli secara cash, banyak dealer yang memberi layanan kredit sehingga bisa dicicil tiap bulan.

Jadi kenapa masih ada saja orang yang mencari motor jadul? Jawabannya sederhana, setiap orang mempunyai selera masing-masing.  Anda tidak bisa menyalahkan selera orang lain yang hobi mengoleksi barang antik. Salah satunya motor jadul. Motor yang mungkin sudah ada sebelum anda lahir ini bagi sebagian orang bukan hanya sekedar motor tua, namun motor ini memiliki beribu kenangan yang mungkin tidak bisa diganti dengan apapun.

Ada orang yang memang berniat membeli motor jadul untuk keperluan sehari-hari. Tetapi banyak orang kaya yang rela menggelontorkan uangnya demi mendapatkan motor jadul yang berharga cukup mahal. Di Indonesia, anda bisa menemukan begitu banyak komunitas-komunitas motor jadul yang sering melakukan touring masuk keluar daerah.

Bentuknya pun sudah bervariasi. Ada motor yang masih seperti bentuk aslinya, namun ada juga motor yang telah dimodifikasi oleh pemiliknya sesuai dengan kreatifitas individu masing-masing.

Satu sisi motor jadul memang mempunyai banyak kekurangan dibandingkan motor jaman sekarang. Namun, disisi lain ternyata motor jadul memiliki kelebihan yang sulit anda temukan pada motor jaman sekarang. Berikut ini saya uraikan 5 Kelebihan motor jadul dibandingkan motor jaman sekarang :

  1. Tahan banting

Apa yang anda lihat pada motor jadul? Motor jadul termasuk motor yang tahan banting. Bagaimana tidak, hampir seluruh bagian pada motor jadul ini terbuat dari besi yang kuat. Pengecualian mungkin hanya pada ban dan beberapa bagian kecil yang dibuat selain dari besi. Sementara motor jaman sekarang sudah seperti motor plastik karena sebagian besar bodynya terbuat dari plastik.

Besi hanya digunakan pada bagian rangka dan mesin saja. Motor sekarang juga tak tahan lama jika anda tak pandai untuk merawatnya. Tabrakan sedikit saja bisa bikin body motor lecet dan pecah.

Bagaimana dengan motor jadul? Tak usah ditanya, motor yang telah berumur 20-30 tahun tetapi masih tetap eksis melintas dijalanan. Ketahanannya boleh di acungi jempol. Komunitas motor klasik sering melakukan perjalanan jauh dari daerah satu ke daerah lain membuktikan bahwa motor jadul memang tahan banting.

  1. Memiliki seni yang tinggi

Apa yang orang pikirkan saat melihat anda memakai honda CB di pusat keramaian kota. Sudah pasti anda akan menjadi pusat perhatian. Apalagi kalau motor CB yang anda tunggangi sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga akan terkesan antik dan unik. Sebagian akan berpendapat bahwa anda orang kuno. Sementara yang lain akan berpendapat bahwa anda seorang yang mempunyai jiwa seni tinggi.

  1. Tabungan masa depan

Ada sebuah semboyan yang mengatakan bahwa tua tua keladi, makin tua makin jadi. Begitu juga dengan motor jadul yang makin tua malah makin mahal. Anda tidak percaya? Anda bisa membuktikan dengan bertanya pada penggemar motor-motor klasik.

Bayangkan saja, motor CB yang diproduksi tahun 80an jika dijual pada tahun sekarang harganya bisa mencapai 5 juta rupiah lebih. Jika spare part motor masih utuh dan motor sudah dimodifikasi sedemikian rupa harganya bisa mencapai 60 juta rupiah. Kenapa bisa semahal itu? Seperti yang saya jelaskan diatas, setiap orang memiliki selera masing-masing. Seorang kolektor motor antik akan membayar berapa saja untuk motor yang ia sukai.

Itulah motor jadul yang sering dikesampingkan orang. Jika anda memiliki motor jadul yang anda beli dengan harga 5 juta rupiah, mungkin 5 sampai 10 tahun mendatang anda akan mendapat tiga sampai empat kali lipat saat menjualnya. Anggap saja bahwa motor jadul anda merupakan tabungan dimasa depan. Tentunya jika anda merawat motor dengan baik.

Berbanding terbalik dengan motor jaman sekarang, coba anda jual motor yang baru 2 tahun anda beli. Pasti harganya akan turun drastis. Sementara motor jadul, makin lama umurnya malah makin mahal harganya.

  1. Bisa dimodifikasi menjadi lebih keren dan kencang

Selain bodi motor yang bisa dimodifikasi, mesin motor pun bisa dibuat selayaknya mesin motor jaman sekarang. Dengan bantuan mekanik-mekanik ahli motor jadul, motor jadul bisa di buat melaju sekencang motor sekarang.

  1. Lebih ekonomis

Di tengah maraknya kenaikan BBM yang semakin melambung tinggi, motor jadul bisa menjadi alternatif terbaik bagi sebagian orang yang kurang secara finansial. Motor jadul terkenal sangat irit jika dibandingkan dengan motor jaman sekarang. Kapasitas mesin jadul yang kecil membuat motor jadul tidak akan boros bensin. Walaupun resikonya anda akan melaju kencang, namun secara finansial, akan lebih ekonomis.

  1. Aman aksi pencurian

Siapa orang yang mau mencuri motor jadul? Mungkin tidak ada kecuali memang sudah tidak ada lagi motor jaman sekarang yang bisa di curi. Namun sekali lagi pencuri motor akan berfikir dua kali untuk mencuri motor jadul. kenapa?

Selain karena motor jadul lajunya pelan sehingga akan mudah dikejar jika ketahuan, pencuri motor akan susah untuk menjual motor jadul secara cepat karena tidak semua orang berminat dengan motor tua.

Motor jadul hasil curian pun pasti mudah dikenali oleh pemiliknya. Jika pemilik motor bergabung dengan komunitas, maka motor yang dibawa si pencuri akan dengan mudah dikenali oleh teman-teman komunitas karena sudah pasti motor jadul punya keunikan tersendiri dibandingkan motor lain.

  1. Bebas tilang

Bagi pengguna motor jadul, razia polisi tidak akan terlalu memusingkan mereka walaupun pajak mati atau memang tidak ada surat sama sekali. Selain karena polisi malas untuk memeriksa motor jadul, seandainya kena tilangpun biaya pajak termasuk kecil sehingga tidak akan terlalu memberatkan pengguna motor jadul.

Beda halnya dengan motor jaman sekarang. Biaya pajak motor sangat mahal sehingga ketika ada razia polisi, bagi yang merasa kelengkapannya kurang pasti lebih memilih untuk kabur.

  1. Mengurangi rasio kecelakaan

Sekarang ini banyak sekali terjadi kecelakaan di jalan raya. Kecelakaan yang terjadi biasa disebabkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mengendarai sambil mengantuk atau melaju dengan kecepatan tinggi. Motor sekarang memang banyak didesain sehingga dapat melaju sangat kencang. Jika digunakan oleh orang yang belum terlalu pandai maka rasio kecelakaan bisa bertambah.

Dan untuk motor jaman dulu jarang sekali ada kecelakaan lalu lintas, dikarenakan cc yang kecil dan jalan yang begitu pelan.