Tlp SekarangWA Sekarang
Mengatasi Motor Mogok

Mengatasi Motor Mogok via nofgipiston.com

GADAIBPKBMOBIL.COM – Kesulitan mengatasi motor mogok mogok di jalan pastilah merupakan pengalaman yang amat tidak menyenangkan. Tidak hanya itu, motor yang mogok mendadak bisa membahayakan keselamatan anda sebagai pengemudi dan sesama pengguna jalan.

Namun untuk mengatasi motor yang mogok secara mendadak pada saat berkendara, kerap menjadikan sebagian orang kebingungan dimana masih banyak orang yang kurang mengetahui tentang penyebab yang bisa menjadikan motor sampai bisa mogok mendadak.

Jadi Kita langsung saja membahas tentang penyebab nya terlebih dahulu, berikut ini adalah penyebab motor mogok:

Penyebab Motor Mogok

1. Filter Yang Kotor

Kenapa filter yang kotor dapat menyebabkan motor mogok, hal ini dikarenakan filter udara yang kotor akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan motor akan mendadak mati atau mogok.

Jika belum tahu apa fungsi filter pada motor, fungsi filter udara adalah untuk menyaring udara masuk ke dalam ruang bakar agar tidak tercampur dengan kotoran debu pasir dan semacamnya, tujuannya agar campuran udara dan bahan bakar menjadi sempurna.

2. Tidak Adanya Proses Pengapian

Bagian kedua yang perlu anda ketahui adalah bagian pengapiannya kenapa harus diperhatikan, karena jika tidak adanya pengapian tersebut mesin motor akan mati dengan sendiri.

Apa penyebabnya? salah satu penyebab sepeda motor mendadak mogok adalah hilangnya pengapian. Percikan api dalam pengapian ini berfungsi membakar uap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran.

Di ruang pembakaran inilah motor bisa memperoleh daya gerak. Jika api hilang maka akan berdampak tidak ada proses pembakaran dan mesin pun tidak akan hidup. Untuk mencari penyebab hilangnya api harus mendeteksi satu per satu komponen pengapian motor, mulai dari busi, koil, CDI, sepul dan lainnya.

3. Tutup Tangki Tersumbat

Bagian yang ketiga adalah masalah tutup tangki yang tersumbat, ini adalah masalah mudah untuk diperbaiki. Pada tutup tangki ada lubang kecil yang di sebut ventilator atau pernapasan. Apabila lubang tersebut tersumbat akan berakibat kehilangan sirkulasi udara sehingga bahan bakar tidak turun atau tidak dapat mengalir dengan sempurna.

4. Mesin Yang Terlalu Panas Atau Overhead

Bagian lainnya yang perlu anda perhatikan adalah mesin yang terlalu panas sehingga akan membuat mesin mati tiba-tiba dengan sendirinya.

Penyebab overheat pada motor adalah sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. Ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring. Yang akhirnya suhu panas tersebut tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik. Akibatnya piston memuai dan macet pada liner boring.

5. Setelan Klep Yang Tidak Pas

Jika anda melepas bagian klep haruslah berhati-hati, karena apabila pemasangan klep tidak tepat akan membuat mati mesin. Ada juga penyebab mesin motor mendadak mati bisa juga diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat.

Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselarasi terlampau kurang. Kerenggangan klep ini sangat penting, maka dari itu setiap motor diberikan rentang ukuran yang sudah distandarkan sesuai spesifikasi mesin.

6. Penggunaan Bahan Bakar Yang Beroktan Rendah

Pemilihan jenis bahan bakar menjadi pengaruh terakhir dalam penyebab motor mogok. Pemakaian oktan yang rendah akan menimbulkan jumlah timbal yang lepas penyumbat klep, sehingga mesin motor mudah mati mendadak.

Cara Mengatasinya

1. Mengatasi Motor Mogok Karena Filter Yang Kotor

Cara mengatasi filter yang mudah adalah cukup anda secara berkala melihat saringan udaranya dan bagi anda yang mempunyai motor matic honda sayangnya tidak lagi bisa di bersihkan akan tetapi langsung ada penggantian. Penggantian filter udara ini lebih awet untuk kesehatan mesin dibandingkan dengan kondisi filter yang terus-menerus di bersihkan.

2. Mengatasi Tidak Adanya Pengapian

Cara mengatasi tidak adanya pengapian adalah secara berkala melakukan pengecekan pada satu-persatu bagian motor seperti busi, koil, CDI, sepul dan bagian-agian yang lain untuk memastikan kompenen mana yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

A. Pengecekan Busi

Caranya adalah lepaskan dan dekatkan busi pada blok mesin, kemudian tekan tombol starter. Jika busi memercikan api berwarna biru artinya busi anda sehat-sehat saja. Jika busi memercikan api berwarna merah maka segera ganti busi sesuai dengan jenis motor anda.

B. Pengecekan CDI

Komponen ini adalah otaknya sistem pengapian. Sama halnya dengan koil, CDI bawaan sepeda motor jarang rusak kecuali korsleting atau sudah diganti dengan CDI aftermarket. Jika pakai CDI aftermarket, ganti dulu dengan CDI standar. Jika mesin hidup, masalah ada pada CDI aftermarket Anda.

C. Koil

Untuk bagian mengatasi koil yang rusak caranya adalah tempelkan kabel koil ke badan mesin lalu starter mesin, bila terdapat percikan api jangan terburu-buru menyimpulkan koil masih bagus.

Cek ulang dengan memasang busi, bila ternyata tidak ada percikan api berarti koil tidak berfungsi optimal. Karena fungsi koil untuk memperbesar arus listrik kalau ternyata arus di busi tidak ada maka komponen itu tidak berfungsi lagi. Alangkah lebih baik bawa ke bengkel terdekat supaya bisa dicek dengan multitester.  

3. Mengatasi Tutup Tangki Tersumbat

Cukup anda pastikan bagian lubang ventilator tangki bersih dan tidak tersumbat. Cara untuk menghilangkan lubang ventilator tersumbat cukup menggunakan udara yang bertekanan atau kompresor untuk membuang kotoran di dalam lubang ventilator.

4. Mengatasi Mesin Yang Terlalu Panas atau Overhead

Mengatasi mesin yang terlalu panas atau overhead cukup mendiamkan beberapa saat sampai mesin benar-benar dingin, setelah itu lepaskan busi kemudian masukkan oli yang baru ke dalam lubang busi. Ini berguna untuk melumasi piston yang tersumbat atau macet setelah selesai anda bisa menghidupkan mesin motor anda menggunakan starter.

5. Mengatasi Motor Mogok Karena Setelan Klep Yang Tidak Pas

Ketidakcocokan setingan klep in dan ex bisa memperpendek masa pakai dari komponen tersebut. Selain ikuti celah standar pabrikan, penyetelan harus dilakukan ketika mesin dingin. Segera bawa motor anda ke bengkel terpercaya untuk diseting sesuai standar motor karena satuan yang digunakan adalah milimeter

6. Mengatasi Bahan Bakar Beroktan Rendah

Cara yang terakhir anda hanya harus memilih bahan bakar yang tepat pada motor anda pilihlah bahan bakar seperti pertamax yang mempunyai kadar okdan yang tinggi di atas 92.dengan kapasitas okdan yang tinggi proses pemkaran bahan bakar akan sempurna dan tingkat polutan yang di hasilkan kecil.

(Diedit oleh Timothy Fathi; dikutip dari berbagai sumber. Gambar: nofgipiston.com)

marketing officer

0823 1212 7755 (Call Center)

Butuh Dana? Punya BPKB? Ketik pesan SMS seperti format dibawah ini atau hubungi via telepon, FAST RESPONSE. Dalam 5-10 menit kami akan segera menghitung detail simulasi pinjaman, angsuran, masa tenor dan lain-lain. Apabila data lengkap, akan kami jemput sekaligus SURVEY (No Tipping!). Proses maks 1 HARI (data lengkap). Melayani seluruh Indonesia. NO BI CHECKING.

Ketik: Nama/No. HP Anda/MEREK MOBIL-TIPE-MT-AT/Tahun Kendaraan/Domisili

Contoh: Krisna/082312494977/Toyota Innova G 2.0 AT Bensin 2012/Surabaya  KIRIM ke: 0823 1212 7755