Tlp SekarangWA Sekarang
Klakson Erorr

Klakson via blibli.com

Klakson merupakan bagian penting dari kendaraan motor. Jika klakson mati atau rusak banyak riders yang mengeluhkan akan hal ini, soalnya kalo ketemu kenalan, sahabat,tetangga, atau orang terdekat lainnya dijalanan trus kita mau klakson tetapi klakson motor kita mati nanti dikira sombong oleh mereka, iya apa tidak? pastilah iya. Bagi anda yang mengalami klakson mati,rusak, atau bunyi tapi suaranya kecil disini kita akan memberikan solusi untuk mengasinya.

Klakson merupakan komponen wajib pada kendaraan bermotor dan tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan komponen lain. Fitur ini berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pengendara atau pengguna jalan lain sehingga harus selalu dalam keadaan bagus dan mendapatkan perawatan rutin.

  • Periksa kotak sekring jika klakson tidak mengeluarkan suara. Bacalah manual mobil jika Anda tidak dapat menemukan lokasi kotak sekring mobil. Manual mobil juga akan memberi tahu Anda tentang sekring tertentu yang terhubung dengan operasi klakson
  • Lepaskan sekring dengan pinset, tang ujung runcing, atau tang biasa. Anda mungkin dapat melepas sekring dengan jari. Sekring gagal berfungsi jika potongan logam di dalamnya rusak
  • Ganti sekring jika rusak. Anda dapat membeli sekring pengganti dari toko peralatan otomatis. Pasang sekring yang sesuai lalu mintalah seseorang mencoba membunyikan klakson
  • Periksa apakah lampu kantong udara menyala pada dasbor jika sekring Anda tidak bermasalah. “Kantong udara bermasalah dapat membuat klakson gagal berfungsi. Kantong udara yang menjadi lebar dapat mengganggu komponen yang disebut pegas jam yang berfungsi agar daya dapat mencapai tombol klakson dari kumparan relai penghubung klakson”
  • Bawalah kendaraan ke montir jika lampu kantong udara menyala “Jika kantong udara menjadi lebar, montir profesional akan melepaskan lalu memasang ulang kantong udara tersebut. Montir dapat melihat masalah lainnya yang ada pada klakson mobil Anda.”

Klakson Konslet

Teknik Pertama

Cek bagian relay klakson setelah sebelumnya mematikan kunci kontak.Jika tidak ditemukan adanya strum pada koil dan ekternal ground-nya, cek kabel yang menghubungkan terminal positif klakson ke terminal positif aki. Jika strum ditemukan, sambungkan control relay dan relay koil kemudian cek strum dengan tespen sambil menekan klakson.

Teknik Kedua

Jika tidak ditemukan strum, cek bagian tombol klakson padakemudi. Jika strum ditemukan, selanjutnya periksa apakah terdapat strum pada ground dan terminal positip pada switch klakson. Jika tidak ditemukan strum, berarti switch ini mengalami kerusakan.

Teknik Ketiga

Jika ternyata switch masih memiliki strum, cobalah sambungkan terminal output socket relay dan aki dengan menggunakan kabel yang terhubung dengan sekering selama 1 detik. Jika klakson bisa berbunyi, ini berarti relay tersebut perlu diganti.Namun jika tetap tidak berbunyi, lanjutkan pengecekan pada kabel power.

Teknik Akhir

Sambungkan kabel power dengan kabel ground dan kemudian cek dengan lampu pengetes. Jika saat klakson ditekan lampu tidak menyala, kemungkinan terdapat masalah dengan kabel power dan terminal kontrol relay. Jika masih terdapat strum di area ini, lanjutkan pengecekkan pada klakson dengan menggantinya dengan lampu pengecek.

Jika tidak menyala, berarti klakson itu sendiri yang mengalami kerusakan.Ketika ditemukan masalah pada salah satu bagian kelistrikan klakson tersebut dan anda mungkin harus membeli klakson yang baru