Tlp SekarangWA Sekarang

KNALPOT merupakan alat yang digunakan untuk menyalurkan gas buang yang dihasilkan dari sisa pembakaran mesin dengan jalan pipa yang menjulur untuk akses pembuangan, nah seperti kita ketahui bahwa knalpot itu terdiri dari knalpot motor dan knalpot mobil, dan knalpot itu sendiri seiring dengan dinamika perkembangan jaman dapat dipercantik atau di modifikasi sedemikan rupa sehingga knalpot jaman sekarang banyak variasi dan bentuk serta suara yang begitu mempesona dalam arti suara bulet, empuk, tidak pecah dan tidak membuat bising, bahan asli dari knalpot itu sendiri dari stanless, galvanis dan besi croom, perlu kita ketahui knalpot replika hasil karya putra daerah kabupaten purbalingga sangat diminati oleh masyarakat luas dan membuat seakan dunia bisnis semakin meningkat, apalagi didukung oleh pemerintah daerah purbalingga dengan memberikan maskot berlambang patung knalpot di wilayah purbalingga lor, home industri knalpot yang ada di purbalingga banyak sekali

Knalpot via beritamotor.net

Perkembangan Teknologi Terhadap Knalpot

Berdasarkan riset dan temuan (di serkitar tahun 1950 an ) ternyata knalpot dapat difungsikan sebagai penambah tenaga pada Engine (tapi saat itu masih Engine 2 Tak)
Pada saat itu tepatnya di Jerman ditemukan sistem Chamber  mungkin kita sering lihat pada motor 2 tak dan orang menyebutnya knalpot racing
Sebenarnya ini adalah efek turbulensi yang dibuat optimal makanya disebut chamber.

Cara Kerja nya

Gas buang sisa pembakaran yang berkecepatan dan bertekanan sangat tinggi pada header pipe nya (leher Knalpot) dibuang dan berkumpul di perut knalpot, akibatnya lebih dari sebagian akan balik (efek turbulensi) ke header, membuat tekanan lebih tinggi lagi , menciptakan kompresi baru (yg lebih tinggi) sehingga power up hingga 30% ~ 35 %(untuk 2 tak) dengan hitungan yang tepat.

Hitungan Gas Buang Ditentukan Dengan Satuan

Pokok nya satuan ini menentukan bentuk aliran Fluida terhadap gas buang …jadi pendeknya ada Turbulen dan Laminer. Kalo hasil hitunganya > dari 2300 RE disebut Turbulen, tapi kalo < 2300 RE jadilaminer.

Turbulen berbentuk gelombang sedang laminer berbentuk garis lurus , pada gas buang sebenarnya masih terdapat sisa BBM yg belum terbakar jadi kalau turbulen (gelombang) akan membalikan sisa tersebut ke ruang bakar sehingga pembakaran akan bertambah sekaligus menciptakan tenaga daya dorong yang tinggi jadi kecepatan motor pun bertambah.

Pada Engine 4tak juga sama ,hanya saja pada Engine 2tak pembakaranya tidak lebih bersih sehingga kalau di turbulens (dikembalikan dibakar) materialnya lebih banyak dari 4tak.

Tenaga mesin bisa naik antara 10 hingga 20% bahkan 30% hanya dengan memakai knalpot high performance yang dirancang khusus dengan tujuan meningkatkan performa secara optimal.

Tapi, ini tentu tanpa melanggar ketentuan polusi suara yang diizinkan yang dihitung dengan alat pengukur kebisingan. Knalpot dengan suara mirip sepeda motor balap yang dijual di pasaran umum (tanpa hitungan, makanya murah) untuk berbagai merek tanpa mengerti teknologinya, di jamin tidak akan meningkatkan performa tenaga mesin. Hanya memperbesar desibel polusi suaranya (kebisingan suara), makanya harus berhati-hati dalam memilih knalpot pengganti (racing racingan). Mengenai kebisingan sebenarnya bisa di atasi dengan silencer…jadi sekali lagi bising bukan berarti motor jadi kenceng (mungkin hanya perasaan saja kenceng)

Fungsi Knalpot

Fungsi Pertama

Knalpot ternyata juga berfungsi sebagai peredam suara mesin. Karena mesin sepeda motor menggunakan teknologi pengkompresan udara kemudian dibakar atau meledakan bahan bakar untuk diubah menjadi tenaga gerak. Maka ledakan tersebut pasti mengeluarkan suara keras dan mengganggu.

Untuk itu butuh komponen guna meredamnya yang disebut knalpot. Peredaman suara juga bervariasi, ada yang diatur dengan suara yang masih agak keras namun ‘merdu’, ada yang disetel pelan dan sebagainya.

Fungsi Kedua

Meningkatkan tenaga mesin. Tak dipungkiri karena knalpot sifatnya meredam, maka gas buang hasil pembakaran mesin kadang dihambat lajunya. Peredaman tersebut menjadikan tenaga mesin berkurang.

Namun dengan pengaturan dan perhitungan yang tepat, knalpot justru bisa jadi pendongkrak tenaga mesin sepeda motor. Untuk peredam gas buang yang bisa mendongkrak tenaga mesin sepeda motor ini biasanya disebut dengan knalpot racing dan biasanya memiliki suara lebih keras dibanding knalpot standar bawaan pabrik.

Fungsi Ketiga

Mengurangi polusi udara. Di era sekarang ini, knalpot sudah dibekali teknologi catalityc converter yang berfungsi membantu mengkonversi karbon yang keluar melalui gas buang kendaraan bermotor. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi emisi gas buang yang dikeluarkan dan dapat mengurangi peningkatan polusi udara. (ren)