Tlp SekarangWA Sekarang
3 Langkah Membuat Kapasitor Audio Mobil Sendiri Dengan Mudah

Kapasitor Audio Mobil via teknovanza.com

 

Di dalam sistem audio mobil, terdapat perangkat yang dinamakan kapasitor bank. Bentuk dari komponen ini kebanyakan seperti silinder dan sering terdapat pada lampu yang dijadikan sebagai indikator. Namun tidak jarang hanya dipasang sebagai penghias saja. Kebanyakan orang lebih memilih memasang kapasitor bank ini sebagai tampilan, padahal ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pemasangan kapasitor bank.

Kapasitor ini memiliki fungsi yang cukup signifikan dalam menjaga agar hasil suara serta listrik di mobil berkualitas. Kualitas ini harus dijaga dikarenakan terkadang kabel bisa saja telat dalam menyalurkan daya yang berasal dari aki. Hal ini bisa terlihat dari lampu mobil yang meredup saat audio mobil diaktifkan. Disinilah peran dari kapasitor, komponen ini nantinya mengumpulkan daya yang tersalurkan jika daya tersebut sedang tidak digunakan. Jika simpanan daya berlebihan, maka daya tersebut nantinya akan dilepas. Untuk pemasangan kapasitor sendiri bisa dilakukan di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel.

Berikut ini langkah membuat kapasitor audio mobil yang bisa dicoba :

Sebelum melakukan langkah membuat kapasitor audio mobil, maka terlebih dahulu untuk mengisi agar mencegah sekring meledak.

1. Langkah pertama dengan cara modifikasi audio menggunakan voltmeter dan resistor secara bersamaan untuk pengisian audio kapasitor. Setelah skala voltmeter menunjukkan pada angka 12 volt, maka kapasitor telah terisi. Saat memasang kapasitor audio mobil bisa secara paralel dengan amplifier. Ukuran kapasitor mobil ada berbagai ukuran, mulai dari 1, 1,5, 2, 3-4, 9, 5, 6, 8, 10, 20, 30 dan lainnya. Setidaknya gunakan 4-8 ukuran dengan cara menyambung kabel audio mobil.
2. Langkah kedua kapasitor audio mobil memiliki 2 terminal, yaitu negatif dan positif. Hubungkan terminal positif dengan terminal positif aki mobil dan amplifier. Sedangkan untuk terminal negatif dihubungkan ke tanah. Pastikan jika mengamankan kabel tersebut ke tanah. Kapasitor audio mobil harus ditempatkan di bagian yang aman serta jauh dari penumpang. Ada yang berpendapat jika kapasitor mobil ditempat dekat dengan amplifier agar mengurangi panjangnya kabel yang digunakan. Teori ini memang benar dan dapat mengomptimalkan kerja kapasitor karena pengurangan jarak yang dibutuhkan saat listrik mengalir. Hal ini juga bermanfaat untuk mengomptimalkan kerugian yang sia-sia.
Pendapat lainnya yang menyarankan jika pemasangan kapasitor yang diperlukan untuk komponen yang memperlihatkan kekurangan tegangan, misalnya saja seperti lampu mobil. Sehingga saat lampu depan mobil mati atau redup, maka bisa memasang kapsitor untuk memperbaikinya. Hal ini bisa dengan menghubungkan antara kapasitor denan aki, terminal amplifier, maupun blok distribusi.
3. Langkah ketiga dapat menggunakan 2 kabel groun secara bersamaan serta menjalankan 1 kabel tanah pada masing-masing terminal negatif maupun terpisah. Jalankan kabel listrik dengan melalui terminal positif aki dan amplifier. Ingatlah untuk hanya menggunakan kapasitor dalam jumlah yang diperlukan saja. Tidak harus untuk menggunakan kapasitor terbesar pada mobil.
Untuk menentukan jumlah maupun ukuran yang dibutuhkan bagi audio mobil bisa dihitung dengan menggunakan watt amplifier dan mengubahnya ke dalam bentuk farads. Jangan sampai salah dalam pemasangan yang dapat menyebabkan permasalahan baru, misalnya menjadi penyebab power audio mobil cepat panas.

Penjelasan mengenai langkah membuat kapasitor audio mobil yang dapat dilakukan sendiri, semoga dapat memberikan manfaat.

 

 

 

Dari berbagai sumber