Tlp SekarangWA Sekarang
3 JENIS MOBIL PADA UMUMNYA

Mobil via muslimbalitours.com

1. Tipe Mobil Convertible

Salah satu jenis mobil yang populer di pasaran saat ini adalah tipe mobil conertible. Mobil ini biasanya memiliki bentuk yang kecil dengan bagian atap yang dapat dilipat sehingga membuat pengguna mobil dapat mengubah mobil dari kendaraan tertutup menjadi kendaraan terbuka.

Terdapat dua jenis mobil tipe convertible ini, antara lain adalah covertible soft top dan hard convertible. Untuk jenis mobil tipe convertible soft top biasanya pada bagian atap terbuat dari bahan vinyl atau kanvas.

Sedangkan pada mobil tipe hard convertible, bagian atap biasanya berbahan baja atau plastik. Pada beberapa mobil tipe convertible biasanya dapat dilipat dengan cara manual, sedangkan beberapa lainnya sudah menggunakan cara yang otomatis.

Karakteristik lainnya pada mobil convertible ini biasanya memiliki dua pintu, empat convertible, serta jok mobil dari dua hingga 4 buah. Berikut adalah beberapa mobil tipe convertible yang populer di dunia, seperti Volkswagen New Beetle, Dodge Avenger, Ford Mustang, PontiacSunfire, Mitsubishi Eclipse Spyder, dan masih banyak lainnya.

Keunggulan dari mobil ini terletak pada bagian atapnya yang dapat didesain sesuai dengan keinginan pengguna mobil.

2. Tipe Mobil Coupe

Mobil coupe ini adalah mobil kecil dan hanya terdapat 2 jok, namun beberapa diantaranya ada yang memiliki jok penumpang berjumlah empat. Ciri lainnya yang bisa anda lihat adalah pada bagian atap mobil.

Biasanya desain dari atap mobil ini cenderung mengarah ke belakang. Mobil ini didesain dengan unik dengan interior nya yang memang realtif sempit, antara jarak kursi depan dengan belakang berkurang drastis sehingga membuat tampilannya seperti tipe sedan. Berikut ini beberapa jenis mobil tipe Coupe.

Notchback Coupe 

Mobil coupe ini mempunyai bagasi mobil yang datar seperti pada tipe mobil sedan. Jenis mobil ini antara lain adalah BMW Seri 3 Coupe, Nissan Silvia, Mercedes Bez CL, dan lainnya.

Fastback Coupe 

Mobil Coupe ini terlihat cukup unik karena memiliki ciri khas pada bagian kaca belakang mobil yang miring dengan luas bagasi yang lebih kecil. Contoh dari jenis mobil ini adalah Ford Mustang, berbagai tipe mobil ferarri, dan masih banyak lainnya

Liftback Coupe

Bisa dikatakan bahwa jenis mobil coupe ini terbilang paling praktis dibandingkan dengan mobil coupe lainnya. Mobil coupe ini memiliki desain yang indah dengan ciri khas yaitu dua pintu penumpang serta satu pintu pada bagian bagasi. Beberapa contoh mobil dari jenis mobil coupe ini adalah Supra, Toyota Celica, dan lainnya.

Convertible Coupe

Mobil ini juga sering kali dikenal sebagai Cabriolet karena memiliki keunggulan pada bagian atap mobil yang dapat dibuka atau ditutup sesuai dengan keinginan pengguna. Biasanya mobil ini memiliki karakterirstik 4 tempak duduk, namun terkadang juga ada beberapa diantaranya yang hanya memiliki 2 jok penumpang saja atau yang dikenal dengan nama roadster.

3. Tipe Mobil Hatchback

Mobil yang temasuk dalam kategori tipe mobil Hatchback adalah mobil yang bagian kabinnya menyatu dengan ruang bagasi mobil. Biasanya tipe mobil hatchback ini memiliki 5 pintu, 4 pintu khusus digunakan pada penumpang dan 1 pintu lainnya digunakan sebagai pintu bagasi.

Sehingga ruang barang dapat di akses dari kursi penumpang bagian belakang. Untuk ukuran mobil nya sendiri, mobil hatchback ini berukuran mobil mid-size yang sangat menguntungkan bila dikendari di jalaanan-jalanan perkotaan.

Ciri lainnya pada tipe mobil hatchback ialah bentuknya yang kecil sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga untuk menjalankan mobil ini. Penggerak roda depan didesain agar mobil lebih lincah dijalankan. Untuk itulah mobil ini seringkali dinamakan city car.

Ada tiga jenis mobil hatcback yang ada di Indonesia, mulai dari hatchback mini, compact hatcback, serta hatchback kecil. Beberapa mobil tipe hatcback yang populer di saat ini adalah Geo Metro, Dodge Caliber, Mini Cooper, Audi S3, Chevrolet Aveo, Lexus CT 200 h, dan masih banyak lainnya.