Tlp SekarangWA Sekarang
10 Tips Membeli Mobil Bekas

Mobil Bekas via archive.rimanews.com

 

Pada dasarnya tentu tidak ingin kecewa jika membeli mobil dengan mobil impian pilihan sendiri. Meskipun mobil yang dibeli tersebut bukanlah mobil baru, walaupun jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membelinya tidaklah sedikit.

Berikut ini beberapa tips penting yang mungkin dapat dijadikan pedoman ketika hendak membeli mobil bekas :

  1. Periksa latar belakang mobil tersebut. Langkah ini memang tidak akan menjamin bahwa mobil tersebut layak untuk dibeli. Tetapi, setidaknya, dengan melakukan langkah itu bisa mendapatkan sejumlah info penting. Seperti misalnya, ternyata mobil tersebut sudah pernah mengalami tabrakan yang parah atau odometernya sudah pernah diubah, dll.

  2. Minta tolong kerabat yang lebih pandai dan mengerti dalam hal membeli mobil untuk membantu memilih mobil bekas.

  3. Jangan pernah membeli mobil bekas yang pernah mengalami tabrakan parah. Terutama tabrakan frontal. Jika tidak ingin banyak masalah yang timbul belakangan, sebagai akibat dari tabrakan parah tersebut.

  4. : ”Love at first sight”, mungkin sering kali memengaruhi penilaian dalam hidup. Tetapi, sebisa mungkin hindari perasaan itu ketika hendak membeli mobil bekas. Jangan langsung membeli mobil bekas saat pertama kali melihatnya. Bersabarlah. Jika benar-benar menginginkannya, cobalah dulu mobil tersebut. Biasanya, masalah akan terdeteksi ketika mencobanya.

  5. Jangan mudah percaya dengan pernyataan pemilik, yang mengatakan bahwa mobilnya adalah tangan pertama dan hanya dipakai di jalan tol saja. Karena, siapa tahu, mobil itu adalah mobil bekas yang dibelinya dari perusahaan rental.

  6. Jangan bertransaski jika masih merasa ragu. Ikuti apa kata hati. Sekecil apa pun penilaian yang membuat ragu terhadap keadaan mobil bekas yang dicari, maka turutilah. Misalnya, suara mesinnya terdengar agak berisik, transmisi kurang halus, agak berkarat, dan sebagainya, segeralah berpindah ke lain hati. Carilah mobil bekas lain yang dapat memuaskan.

  7. Jangan membeli mobil yang mana harus melakukan “sedikit” perbaikan. Karena pada kenyataannya, ke depan, harus melakukan perbaikan sana-sini tanpa henti-hentinya.

  8. Jangan membeli mobil bekas yang pernah menjadi korban banjir. Air yang masuk ke dalam mesin dan kabin, dapat menyebakan elemen-elemen logam mobil tersebut berkarat, kerusakan pada perangkat elektronik, transmisi, dan sebagainya.

  9. Jangan terlalu ragu-ragu dan kasar terhadap penjual mobil. Tidak semua penjual mobil bekas yang ada di negeri ini curang. Yakinlah bahwa penjual mobil yang benar-benar jujur jauh lebih banyak.

  10. Pegang teguh pendirian, namun jangan kasar. Bersikaplah baik dan ramahlah kepada para penjual mobil, jika mereka ingin dapat membantunya. Mengutip lagu Seurieus, pedagang mobil bekas juga kan manusia.

 

 

 

Dari berbagai sumber