Tlp SekarangWA Sekarang
Tujuh Kesempatan Hasilkan Uang Berawal Dari Manfaatkan Hobi

Kesempatan Hasilkan Uang via karier.kompas.id

 

Sebenarnya, ada banyak ide bisnis kreatif yang bisa dijalankan dan berpotensi mendapatkan banyak keuntungan. Bahkan, hanya dari hobi yang disukai, dapat menjalankan bisnis menguntungkan yang harus dicoba.

Berikut ini ada beberapa kesempatan bisnis yang berasal dari hobi yang dapat menjadi ide bisnis yang menguntungkan :

  1. Menyediakan jasa fotografi

Bagi yang memiliki hobi fotografi, mengapa tidak mencoba memanfaatkan hobi dan kemampuan yang dimiliki sebagai kesempatan bisnis. Apalagi, jika memang sudah memiliki banyak pengalaman dalam ilmu fotografi, tentu saja akan sangat menguntungkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Banyak sekali peluang yang dapat diambil sebagai fotografer. Misalnya, mencoba untuk mengirimkan foto-foto terbaik ke beberapa perusahaan besar.
Perusahaan besar, tentunya tidak ragu untuk mengeluarkan biaya besar, jika memang foto-foto tersebut sesuai dengan keinginan perusahaan. Bisa mencoba juga menjadi fotografer mandiri. Hampir setiap momen acara apapun, pastinya membutuhkan jasa fotografi untuk dapat mengabadikan momen-momen yang penting. Mulai dari acara pernikahan, pre wedding, reuni, wisuda, dan lainnya.
  1. Bisnis restoran

Senang atau hobi memasak? Jangan disimpan sendiri. Lebih baik, bisa manfaatkan sebagai salah satu kesempatan bisnis yang menguntungkan. bisa membuka restoran yang memang sesuai dengan keinginan. Jika memang menyukai makanan-makanan berat, bisa mencoba untuk membuka restoran. Namun, jika lebih hobi membuat roti atau kue, mungkin bisa membuat toko kue atau bakery atau bisa juga membuka sebuah coffe shop yang asyik dijadikan tempat nongkrong.
  1. Sedia jasa menulis

Memiliki hobi menulis? Kembangkan bakat tersebut sebagai kesempatan bisnis yang memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan. Banyak sudah kisah-kisah orang sukses yang memulai semuanya dari menulis. Dapat melihat sendiri banyaknya jumlah buku yang dipajang di toko buku yang merupakan hasil dari para penulis. Belum lagi yang terdapat di koran, majalah, dan di website.
Ada banyak sekali kesempatan yang dapat dijadikan untuk bisnis menulis ini. Mungkin  bisa mencobanya untuk menawarkan jasa artikel yang dibuat ke beberapa perusahaan media cetak dan media online. Bisa juga mencoba melamar ke website-website besar contohnya milik Pemerintah atau bisa membuat blog sendiri yang nantinya bisa mendapatkan keuntungan dari iklan yang muncul pada blog dan lainnya.
  1. Kerajinan tangan

Bagi orang-orang yang memiliki ide kreatif yang sangat banyak, bergerak dalam bidang pembuatan produk-produk kerajinan tangan atau handmade tentu menjadi hal yang menyenangkan dan memberikan kesempatan keuntungan yang cukup besar. Untuk yang senang merajut, menjahit, membuat boneka dari bahan-bahan bekas, dan membuat barang-barang unik lainnya, jadikan kemampuan itu dan hobi  tersebut untuk membuat bisnis kerajinan tangan.
Yang terpenting dari bisnis ini adalah ide-ide kreatif, unik, dan berbeda dari kebanyakan kerajinan tangan lainnya. Dengan begitu, produk-produk tersebut nantinya akan dilirik banyak orang.
  1. Clothing Line

Senang mendesain pakaian? bisa mencoba membuka bisnis clothing line dari desain yang dibuat sendiri. Tentunya akan sangat membanggakan melihat banyak orang yang menggunakan pakaian yang didesain sendiri. Selain itu, desain yang unik dan bagus tentunya harus seimbang juga dengan kualitas yang diberikan. Karena itu, pastikan agar tidak salah memilih jenis kain yang akan digunakan sebagai bahan pakaian.
  1. Kursus tari

Memiliki bakat tari yang sangat baik akan sangat sayang sekali jika dipendam saja. Lebih baik terus berlatih sambil mengajarkan ilmu yang dimiliki kepada orang lain. Bisa membuka kursus tari yang memang sesuai dengan genre yang dipahami. Bisa tari tradisional ataupun tarian modern. Selain mendapatkan pemasukan, juga bisa terus melatih kemampuan tari dalam diri.
  1. Olahraga

Ada banyak kesempatan usaha yang dapat dikembangkan dari hobi olahraga. Mulai dari pelatih fitness, menjadi guru olahraga di klub kesehatan atau sekolah dan masih banyak lainnya. Tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, tetapi juga mendatangkan pemasukan.

 

 

Dari berbagai sumber