Tlp SekarangWA Sekarang
Trik Mudah Merencanakan Tempat Usaha Yang Produktif

Mesin Cuci via rocketmanajemen.com

Memilih tempat usaha yang strategis dan produktif dapat anda lakukan secara mudah sebelum memulai sebuah usaha. Apabila anda memutuskan untuk membuka tempat usaha baru, baik yang baru dirintis atau membuka cabang, sebaiknya anda melakukan survei tempat terlebih dahulu.

Survei calon tempat usaha diperlukan supaya anda dapat menilai apakah tempat tersebut sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak, dan apakah tempat tersebut strategis, karena menentukan tempat untuk membuka usaha sangatlah penting, di bawah ini ada beberapa trik mudah untuk mendapatkan tempat usaha yang produktif, diantaranya yaitu :

1. Memilih Tempat di sesuaikan dengan jenis usaha yang di rencanakan

Usaha kuliner, percetakan, laundry atau elektronik tidak bisa dianggap sama karena pengoperasiannya berbeda-beda. Usaha showroom mobil membutuhkan gedung yang luas serta berada di dekat jalan raya yang sering dilewati pengendara mobil. Sementara sebuah usaha fotokopi tidak membutuhkan ruang yang terlalu besar untuk dapat beroperasi.

Pastikan tempat usaha yang anda pilih dapat mengakomodasi keperluan anda seperti ruang kantor, tempat penyimpanan atau gudang, wilayah penjualan. Jika kebetulan anda membuka usaha toko mainan anak di bangunan bekas toko roti, anda bisa mengakali interiornya dengan memasang wallpaper yang selaras dengan tema usaha anda. Fungsi wallpaper salah satunya menghias ruang bangunan usaha anda.

2. Tentukan target pasar

Setiap usaha memiliki pembagian pasar masing-masing. Pembagian pasar yang menjadi calon konsumen usaha anda berperan penting dalam menemukan lokasi tempat usaha yang strategis.

Usaha tour akan membidik para wisatawan, oleh karena itu usaha ini akan strategis jika berada di kawasan wisata yang ramai akan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Ada juga usaha minuman yang disukai anak-anak lebih baik diletakkan di daerah dekat sekolah atau tempat kursus.

3. Perhatikan Pesaing Setempat

Apabila anda baru merintis sebuah usaha, sebaiknya anda memilih lokasi dimana belum belum banyak usaha yang sama dengan anda. Menjadi perintis sebuah usaha di suatu lokasi akan lebih menguntungkan karena belum ada pesaing lain. Namun jika anda sudah memutuskan untuk membuka tempat usaha yang berada di dekat pesaing, jadikanlah hal tersebut sebagai tantangan untuk membuat usaha anda lebih menarik dibandingkan para pesaing setempat.

Untuk menjadikan usaha anda menarik, bisa dilakukan promo potongan harga, mengedepankan pelayanan maupun dengan mendekorasi bangunan fisik semenarik mungkin. Selain itu, jangan sampai tempat bisnis anda memiliki hal-hal yang dapat menjatuhkan nilai jual dibanding pesaing lain.

4. Mengetahui Sejarah Lokasi Tersebut

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha di suatu lokasi, anda harus mengetahui latar belakang atau sejarah bangunannya terutama jika bangunan tersebut telah lama berdiri. Pastikan bangunan atau lokasi yang anda pilih tidak memiliki latar belakang yang dapat mengurangi citra usaha anda di mata pelanggan. Contohnya membuka usaha penginapan di bangunan yang dikenal angker tentunya akan membuat pelanggan enggan datang.

Tanyakan mengenai usaha apa saja yang sebelumnya menempati bangunan tersebut. Jika sebelumnya ada beberapa usaha yang tutup berturut-turut anda perlu menanyakan sebabnya, apakah karena faktor bangunan atau lokasi atau faktor dari manajemen tempat usaha itu sendiri. Sebelum membeli rumah untuk dijadikan tempat bisnis, periksa dahulu pointers membeli rumah bekas dan baru.

5. Periksa kondisi infrastruktur bangunan

Sebuah tempat usaha disebut strategis bukan hanya dilihat dari lokasinya tapi dari segi infrastruktur bangunannya juga. Periksalah jika ada bagian bangunan yang bocor karena dapat membahayakan usaha anda. Carilah penyebab atap yang bocor dan bagaimana mengatasinya. Disamping itu, pastikan tempat usaha anda memiliki sirkulasi udara yang baik dengan ventilasi yang cukup karena fungsi ventilasi rumah memiliki fungsi bagi kesehatan dan penghuninya.

6. Lahan parkir

Ketersediaan lahan parkir sangatlah penting terutama bagi tempat usaha yang berada di kawasan ramai. Usaha penginapan tentu membutuhkan lahan parkir yang luas sehingga dapat mengakomodasi  seluruh tamunya. Sementara bisnis kebab dengan konsep take-away akan membutuhkan lahan parkir yang relatif kecil karena pelanggan tidak akan berlama-lama disana. Untuk bisnis yang lebih besar, alur keluar masuknya kendaraan harus diatur sedemikian rupa supaya tidak mengganggu keluar masuk pengunjung.

Apalagi jika tempat bisnis anda kerap didatangi supplier yang memasok kebutuhan usaha anda, pastikan lahan parkir memadai untuk mengakomodasi baik dealer, pegawai maupun pelanggan. Jika calon pelanggan anda didominasi mobil atau bus, perhatikan juga apakah lahan yang ada cukup untuk kendaraan dapat memutar balik. Bilamana lahan tidak memadai, mungkin anda harus mempertimbangkan untuk membeli tanah di sekitar tempat usaha anda.

7. Terjangkau oleh pelanggan

 

Ketika akan menentukan lokasi yang strategis untuk dijadikan tempat usaha, anda harus memastikan tempat tersebut dapat dijangkau oleh pelanggan. Baik pelanggan yang menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan transportasi umum.

Lokasi yang mudah dijangkau tentu akan menarik lebih banyak pelanggan, apalagi yang dilalui banyak transportasi umum. Kalaupun anda mendapatkan lokasi yang kurang mudah dijangkau, dilalui dengan memasang iklan sebanyak mungkin untuk mengenalkan lokasi usaha anda ke masyarakat umum.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih tempat usaha yang strategis adalah ketersediaan listrik dan air. Anda tentu tidak ingin kegiatan usaha anda terhambat diakibatkan oleh listrik mati atau air yang tidak jernih.

Ketersediaan listrik dan air harus dapat mencukupi kegiatan usaha anda. Apabila anda banyak menggunakan barang elektronik seperti pendingin ruangan, laptop atau kulkas, cek apakah tegangan listriknya menyanggupi. Untuk usaha laundry, pastikan saluran air nya lancar dan bersih supaya tidak menggangu proses pencucian.
Di kutip dari berbagai sumber.