Tlp SekarangWA Sekarang
Trik Mengendalikan Kekurangan Daya Listrik dan Penyebabnya

Token Listrik via rmolsumsel.com

Listrik tidak setabil atau listrik kekurangan daya masalah ini sudah merupakan hal yang umum dan tentunya sering anda alami sehari-harinya. Tegangan listrik yang tidak stabil tersebut tentu tidak hanya menggangu jalannya arus listrik, namun juga pastinya akan sangat berpotensi merusak barang-barang elektronik yang anda gunakan dirumah.

Bagaimana tidak sobat, ketika barang-barang anda sedang anda gunakan dan terhubung dengan arus listrik, namun tiba-tiba harus mati seketika tanpa kita off terlebih dahulu, hal ini akan berdampak negatif pada barang-barang elektronik anda.

Oleh karena hal tersebut diatas, tidak heran banyak sekali masyarakat yang mengeluh ketika tegangan listrik tidak stabil atau mengalami kekurangan daya,karena hal ini akan sangat menggangu aktifitas sehari-hari. Baik dirumah, di kantor atau ditempat kerja lainnya.

Perlu anda ketahui penyebab terjadinya kekurangan daya listrik yaitu disebabkan oleh banyak hal, seperti jaringan listrik dirumah anda tidak standar, kabel yang digunakan tidak sesuai dengan kabel standar yang direkomendasikan  oleh PLN, atau mungkin juga trafo mengalami penurunan. Di bawah ini ada beberapa trik mengendalikan kekurangan daya listrik, diantaranya yaitu :

  • Kurangi Impedansi Dari Sumber Kelistrikan

Contohnya dengan menaikkan ukuran transformer, mengurangi panjang kabel, ataupun memperbesar luas penampang kabel. Hal ini mungkin jarang diketahui atau pun digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Kurangnya pengetahuan mengenai kelistrikan yang menjadi salah satu faktor utama.

  • Lakukan Peningkatan Tegangan

Cara mengatasi terjadinya kekurangan daya listrik yaitu melakukan peningkatan tegangan. Misalnya dengan melakukan pengaturan pada tap pengaturan trafo atau menambahkan tegangan pengatur atau otomatis pada pengisi beban tekan.

  • Kurangi Kebutuhan Arus

Misalnya dengan melakukan reloading atau pengoneksian ulang ke substation lain, sehingga kebutuhan arus dijalur tersebut dapat dikurangi. Pengurangan ini sangat tepat dilakukan untuk mengatasi kekurangan daya listrik dan penghematan listrik.

  • Memasang Shunt Capasitor Ata Vant Compensator

Cara mengatasi terjadinya kekurangan daya listrik selanjutnya yaitu dengan memasang shunt capasitor ata vant compensator. Cara ini tentu sangat asing di telinga masyarakat pada umumnya. Karena cara ini memang wajib dilakukan oleh orang yang ahli dibidang kelistrikan. Tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

  • Memasang Stabilizer Listrik

Disarankan untuk memasang stabilizer listrik dirumah ataupun dikantor anda. Stabilizer listrik ini biasa juga disebut dengan nama Stavol atau Stabilizer Voltage, atau AVR yaitu Automatic Voltage Regulator. Alat ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara membuat alat penghemat listrik yang tepat.

Fungsi alat ini adalah untuk menstabilkan tegangan arus listrik yang tidak stabil atau selalu naik turun. Sebaiknya jika menggunakan stabilizer listrik, pakailah stabilizer listrik yang baik mutunya dan jelas kualitasnya, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kestabilan arusn listrik dirumah anda.

  • Menggunakan UPS ( Uninterruptible Power Suply)

Apakah anda mengenal benda ini? Iya, benda ini adalah benda yang fungsinya adalah sebagai pengganti listrik sementara, ketika kondisi listrik dirumah sedang mati-hidup atau naik turun.

Benda ini cukup popular dan banyak digunakan di kantor-kantor ataupun perusahaan, dimana UPS ini juga berfungsi sebagai tenaga listrik sementara sebelum mematikan server utama, sehingga server tidak down, sehingga data kantor anda akan tersimpan dengan aman dan tidak bocor.

UPS ini juga sering digunakan sebagai cadangan tenaga listrik apabila genset anda sedang bermasalah. Dengan adanya UPS ini diharapakan benda-benda elektronik anda tidak akan rusak karena tegangan listrik yang tidak stabil, karena dengan adanya UPS ini bisa dimanfaatkan sebagi pengganti listrik sementara.

Jika instalasi listrik anda telah berlangsung selama lima tahun, sebaiknya perlu untuk direhabilitasi. Hal ini berguna untuk menjaga supaya instalasi listrik dirumah anda tetap sesuai dengan standar dan layak digunakan, juga untuk menjaga kemungkinan hal yang tidak diinginkan terjadi karena ketidakstabilan listrik dirumah anda.

Selain itu dalam kurun waktu lima tahun alat elektronik anda juga pastinya sudah bertambah. Gunakanlah peralatan elektronik rumah tangga anda sesuai dengan daya yang tersambung pada meteran listrik rumah anda.

Selanjutnya jangan menggunakan barang elektronik secara bersamaan, misalnya menyalakan AC, menggunakan mesin cuci, menyetrika, memasak nasi di magic com, atau menggunakan dispenser secara bersamaan, karena hal tersebut akan menaikkan pemakain listrik secara drastis yang mengakibatkan tegangan listrik pasti berpotensi turun dan mati.

Di kutip dari berbagai sumber.