Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi “millennial”

Keuangan Keturunan “Millennial” via kreditgogo.com

Keuangan menjadi salah satu pondasi yang penting di dalam kehidupan,terutama untuk masa yang akan datang. Manajemen keuangan yang tepat tentunya akan berdampak baik juga untuk kehidupan anda di masa yang akan datang.

Namun sayangnya generasi millennials yang cenderung lebih suka menikmati hidup untuk saat ini saja,kebanyakan kurang begitu memahami tentang mempersiapkan keuangan untuk masa depan yang lebih baik.

Padahal seiring dengan berjalannya waktu,akan ada banyak hal yang perlu diwujudkan. Sehingga penting bagi kaum muda saat ini mempelajari pengaturan finansial yang tepat.

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan para millennial untuk bisa mempersiapkan keuangan di masa depan yang lebih baik,diantaranya :

1. Anda Harus Punya Tujuan dan Rencana Keuangan yang Jelas

Memiliki keuangan yang terencana tentu saja akan sangat baik untuk kondisi keuangan anda kedepannya. Hal ini lah yang harus dilakukan oleh kaum millennial saat ini. Penting sekali untuk memiliki tujuan dan rencana keuangan yang jelas dan detail.

Nah,yang paling utama adalah anda harus menentukan terlebih dahulu mengenai tujuan finansial yang memang ingin anda capai,baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sehingga nantinya proporsi untuk pengeluaran anda akan tepat.

Lalu bagaimana mengatur jummlah keuangan yang tepat?

Anda bisa menggunakan sistem 50/20/30 dari pemasukan yang anda miliki. 50% untuk kebutuhan sehari-hari,20% digunakan memenuhi tujuan finansial seperti tabungan,investasi,dan lainnya,dan 30% lainnya digunakan untuk kebutuhan pribadi.

2. Jika Perlu Utang Gunakan untuk Hal yang Produktif

Tidak ada salahnya berutang jika memang diperlukan. Utang dikatakan buruk jika memang digunakan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

Jadi,sah-sah saja memiliki utang dari manapun asalnya,baik itu itu kartu kredit,kredit tanpa agunan,dan lainnya. Asalkan,ada hasil terhadap pemasukan anda, seperti untuk keperluan usaha,barang kebutuhan pokok tahan lama yang dibutuhkan kegiatan sehari-hari,dan masih banyak lagi.

3. Jangan Lupa Siapkan Dana Pensiun dari Sekarang

Meskipun masih berada di usia muda sekalipun,penting bagi anda untuk mulai mempersiapkan dana pensiun dari sekarang. Tentunya anda tidak akan bekerja seumur hidup.

Maka dari itu,anda akan membutuhkan dana pensiun untuk memenuhi kebutuhan di masa tua. Sehingga tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan dana pensiun sejak dini.

Bahkan semakin awal anda memulainya maka akan semakin banyak dana yang terkumpul dalam tabungan anda.

4. Persiapkan Dana Pendidikan untuk Anak

Pastinya setiap orang akan mendambakan kehadiran anak di masa yang akan datang. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan biaya untuk anak anda,terutama dalam bidang pendidikan. Sayangnya generasi millennial dikenal kurang begitu sigap dalam memahami hal ini.

Biaya Pendidikan di Indonesia dikenal tidaklah murah. Untuk itu,anda perlu mempersiapkan dana pendidikan sang buah hati nantinya. Sehingga anak-anak anda akan mendapatkan tingkat Pendidikan yang baik.

Saat ini biaya pendidikan selalu meningkat dari tahun ke tahun,bahkan biaya tersebut dapat meningkat hingga 6-20% setiap tahunnya. Tentu saja hal ini akan sangat memberatkan  kedepannya.

Sehingga tidak ada salahnya untuk mempersiapkan sejak awal. Anda bisa memanfaatkan tabungan pendidikan,asuransi pendidikan,dan lainnya untuk menabung biaya pendidikan anak.

5. Ini Penting untuk Anda Memiliki Tabungan dan Investasi

Punya tabungan dan investasi akan sangat menjamin kehidupan finansial anda di masa yang  akan datang.

Saat ini ada banyak jenis tabungan dan investasi yang disediakan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya,seperti deposito,tabungan berjangka,reksa dana,saham,dan lainnya.

Tabungan dan investasi dapat menjadi pilihan terbaik yang bisa mewujudkan tujuan finansial anda. Namun dalam memilih investasi yang tepat,anda harus menyesuaikannya dengan karakter dan ideal yang dimiliki masing-masing investasi.

Misalnya saja anda menginginkan keuntungan yang besar dari dana yang anda tanamkan dan dijamin pengembaliannya saat terjadi krisis,maka jangan menginvestasikan dana anda pada saham.

Sebab konsekuensi dari investasi saham lebih besar karena sewaktu-waktu anda bisa mengalami kerugian.

Buktikan Bahwa Generasi Millennial Bisa Diandalkan

Meskipun anda masih muda dan menikmati hidup,tidak ada salahnya untuk menerapkan gaya hidup hemat di dalam kehidupan anda. Gaya hidup hemat akan sangat bermanfaat menjaga kestabilan finansial anda di masa yang akan datang. Buktikan bahwa anda,generasi millennial yang bida diandalkan.

Dari berbagai sumber..