Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Mengatur dan Melunasi Hutang Dengan Baik

Mengatur dan Melunasi Hutang via matahidup.com

Hutang adalah uang pinjaman yang diperlukan oleh seseorang untuk sebuah kebutuhan. Hutang menjadi sebuah kewajiban ekonomi setiap individu yang terkadang bisa menjadi sebuah masalah tersendiri.

Tidak ada orang yang ingin berhutang,namun ada kalanya bentuk pinjaman yang seperti ini tidak bisa dihindari mulai dari hutang kepada teman dalam jumlah kecil ataupun hutang dalam jumlah besar yang biasanya dipergunakan untuk hal-hal yang besar juga seperti untuk membeli rumah,membeli mobil,atau untuk biaya pendidikan anak.

1.Jenis Hutang

Jenis hutang yang dimaksud disini adalah cara untuk membedakan mana jenis hutang yang baik dan mana jenis hutang yang buruk. Sebenarnya,kunci utama untuk membedakan mana hutang yang baik dan yang buruk adalah berdasarkan tingkat kebutuhan dari penggunaan uang tersebut.

Jika uang tersebut dipergunakan untuk hal-hal yang sangat penting dan bisa jadi menjadi bentuk investasi di masa yang akan datang misalnya saja pinjaman untuk membeli rumah atau pinjaman modal usaha,maka hutang tersebut bisa di bagian sebagai hutang yang baik.

2.Penentuan Posisi Finansial

Terlepas dari baik buruknya sebuah hutang, ada saatnya memang manusia tidak terlepas dari hal ini. Bila hal ini memang tidak bisa dihindari dan seseorang sudah memiliki hutang yang harus dibayar dan dilunasi dalam jangka waktu tertentu,maka hal pertama yang perlu dilakukan seseorang adalah menentukan posisi finansial mereka sendiri.

Rencana budget yang perlu dibuat haruslah rinci dan mengisi segala aspek yang berkaitan dengan pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya. Mulailah dengan membuat:

1. Daftar pemasukan yang memuat asal pemasukan keuangan dan jumlahnya
2. Daftar pengeluaran yang bervariasi setiap bulannya misalnya saja daftar belanja makanan dan pakaian
3. Daftar pengeluaran yang kurang lebih tetap setiap bulannya misalnya saja asuransi, biaya listrik, air, atau biaya pendidikan anak.
4. Daftar pengeluaran yang termasuk dalam hutang atau pinjaman.

Bagi beberapa orang,daftar hutang ini sangat pendek misalnya saja hanya mengisi daftar pembayaran pinjaman rumah.

Namun bagi beberapa orang lain,daftar ini bisa cukup panjang yang mengisi daftar pinjaman rumah,daftar pembayaran cicilan mobil,daftar pembayaran beberapa kartu kredit dan masih banyak lagi. Buatlah catatan yang rinci mengenai jenis hutang,total hutang,nama kreditor atau pemberi hutang,total pembayaran setiap bulan,dan tenggat pembayaran setiap bulan.

Dengan membuat daftar budget seperti ini,maka setiap orang akan bisa memahami posisi finansial mereka serta mampu membuat rencana pembayaran yang tepat sehingga semua kebutuhan mereka bisa terpenuhi.

3.Penjadwalan Pembayaran Hutang

Setelah pembuatan rencana budget,pastikan untuk membuat juga jadwal pembayaran hutang untuk setiap jenisnya. Jenis pinjaman yang berbeda mungkin membutuhkan jenis pembayaran yang berbeda juga,misalnya pembayaran secara auto debet atau pembayaran secara tunai.

Buatlah jadwal waktu pembayaran untuk setiap jenis hutang dan pinjaman,jumlah uang yang harus dibayarkan,dan jenis pembayaran. Buatlah sebuah catatan khusus di komputer atau di handphone untuk mengingatkan anda secara teratur. Pastikan juga anda tidak melewatkan satu kali pun waktu pembayaran,karena hal ini justru akan menambah beban pembayaran hutang di masa yang akan datang.

4.Mengurangi Pengeluaran atau Jumlah Hutang

Hal ini berkaitan erat dengan pembuatan rencana budget yang sudah dibahas sebelumnya. Jika  pembuatan rencana budget hanya berkaitan dengan rencana pemasukan dan pengeluaran,maka anda bisa meneruskannya dengan melakukan pencatatan akan jenis dan jumlah pengeluaran yang sebenarnya,termasuk yang berasal dari kartu kredit.

Buatlah penyesuaian terhadap jenis pengeluaran ini untuk bulan-bulan selanjutnya, dan anda akan menikmati manfaatnya mulai dari mengurangi jumlah tagihan kartu kredit anda setiap bulannya, juga bisa membantu anda untuk menyimpan uang anda.

5.Mencari Penghasilan Tambahan

Salah satu cara paling efektif untuk bisa mengatasi permasalahan hutang adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan mulai dari mengambil pekerjaan sampingan atau membuka usaha rumahan.

Uang dari penghasilan tambahan ini bisa dipergunakan untuk membayar hutang atau bisa juga untuk menutupi kebutuhan-kebutuhan yang lain.

Cara pengelolaan hutang memang bisa menjadi sebuah permasalahan besar yang bisa mengganggu kestabilan finansial setiap orang. Namun,hal ini memang ada kalanya tidak bisa dihindari. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah perencanaan sejak dini untuk bisa mengenali jenis hutang yang bisa diambil dan bagaimana proses pembayarannya dikemudian hari nanti.

Dari berbagai sumber..