Tlp SekarangWA Sekarang
Tips Menabung Yang Baik Supaya Cepat Terkumpul

Menabung Yang Baik via infoperbankan.com

Menabung adalah cara terbaik untuk menyimpan uang,karena dengan cara menabung kita dapat menghemat uang jajan harian. Kita bisa menyimpan sedikit uang yang dimilik dengan cara menabung,untuk membeli sesuatu yang kita inginkan.

Misalkan kita sebagai pelajar atau mahasiswa menabung untuk cepat membeli hp,membeli komputer,laptop,gadget dan keperluan lainnya. Biasanya cara menabung adalah pilihan yang digunakan untuk anak sekolah atau pelajar untuk membeli hp baru,tanpa harus merepotkan kedua orang tuanya

Tetapi,tidak semua orang bisa menabung dengan baik meskipun hanya sedikit. Rasanya terlalu sulit untuk menyimpan uang jajan atau penghasilan yang dimiliki.

Kita bisa memulai menyimpan sedikit uang jajan atau dengan cara menabung uang jajan sebesar Rp 5000 Ribu Rupiah.

Jika Rp 5000 Ribu Rupiah masih terasa berat,kita bisa menurunkan nominalnya menjadi Rp 1000 Ribu Rupiah. Uang yang tidak terlalu besar,tetapi akan sangat berarti jika sudah terkumpul banyak.

Untuk apa kita menabung? Apa tujuan kita menabung? Karena ada alasan dibalik kita menabung,untuk itu mari kita bahas bersama cara menabung yang baik supaya cepat terkumpul dan bisa menabung setiap hari:

1. Berniat Menabung Untuk Sekedar Disimpan Ataupun Untuk Membeli Sesuatu

Modal awal untuk memulai menabung adalah dengan cara berniat,dengan cara ini kita akan lebih mudah dalam masalah menyimpan uang. Kita niatkan terlebih dahulu tujuannya,untuk apa kita menabung. Jika ada sesuatu yang ingin dibeli,maka kita harus berniat dengan sungguh-sungguh.

2. Siapkan Tempat Penyimpanan Uang (Celengan/Toples/Botol Minuman)

Kita cari terlebih dahulu tempat yang cocok untuk menyimpan uang,kita bisa menggunakan tempat sejenis Celengan/Toples/Botol Minuman. Dengan tempat inilah nantinya uang kita akan tersimpan dengan baik.

Disarankan untuk menggunakan tempat yang transparant. Karena dengan tempat yang transparant,kita bisa menyimpan uang sekaligus bisa memperhatikannya. Karena jika semakin banyak uang didalam wadah yang transparant,itu akan membuat kita semakin bersemangat untuk menabung uang. Sehingga akan ada sedikit uang jajan yang bisa dihemat.

3. Jika Ingin Membeli Sesuatu Lebih Dari Satu,Carilah Tempat Untuk Menampung Uang Dari Setiap Keinginan Tersebut.

Jika kita ingin membeli sesuatu lebih dari satu,maka kita harus menyiapkan tempat untuk menyimpan uang sesuai dengan keinginan tersebut.

Misalkan kita ingin menabung untuk membeli HP,Membeli Laptop,Membeli Motor,Atau Untuk Modal Menikah. Maka kita harus menyiapkan tempat untuk setiap keinginan tersebut.

Cara ini cukup sulit dan juga bisa membuat kalian menahan keinginan untuk membeli kebutuhan lainnya dan sulit untuk mengatur keuangan. Karena kita tidak akan terfokus pada satu keinginan saja,dan kemungkinan kita akan gagal menabung.

4. Buatlah Daftar Kebutuhan Dan Pengeluaran

Cara ini digunakan untuk mengontrol kegiatan yang kita lakukan dengan uang milik kita,sehingga setidaknya kita memiliki sisa uang yang bisa disimpan untuk ditabung. Walaupun terlihat terlalu rumit,cara ini bisa digunakan untuk mengatasi lemahnya semangat menabung.

Karena dengan adanya daftar kebutuhan dan pengeluaran,kita bisa melihat sesuatu yang sudah kita beli dan uang yang dikeluarkan. Jika mengeluarkan uang dengan berlebihan dan kita melihat hasil daftar catatan pengeluaran,kita bisa sadar dengan apa yang kita perbuat bahwa menghabiskan seluruh uang itu tidak baik.

5. Jangan Terlalu Boros

Dalam hal menabung,bukanlah soal menahan untuk membeli sesuatu. Melainkan cara untuk menyimpan uang atau penghasilan yang kita punya. Meskipun sulit untuk menahan keinginan untuk melakukan pengeluaran yang berlebihan,tetap kita harus mencobanya.

Kita masih bisa membeli kebutuhan yang kita inginkan,tetapi dengan catatan kita bisa menyimpan sedikit uang supaya bisa tersimpan. Dengan begitu,menabung akan terus berjalan meski cuma sedikit.

6. Targetkan Jumlah Uang Yang Ingin Ditabung

Menabung bukanlah sebuah paksaan,melainkan niat tulus diri sendiri dalam mencapai keinginan. Biasanya kita akan terlalu pusing memikirkan berapa banyak uang yang harus ditabung dan yang harus dipakai.

Untuk mengatasi hal itu,kita bisa menargetkan jumlah uang yang ingin ditabung. Sehingga kita masih memiliki uang untuk digunakan membeli kebutuhan yang lain meskipun sedang dalam proses menghemat uang.

7. Bukalah Tabungan Rekening Bank

Untuk menabung melalui rekening bank, biasanya kita harus memiliki KTP dan sejumlah uang 500 rb untuk membuka tabungan. Uang yang cukup banyak untuk memulai menabung dengan serius,karena dengan adanya tabungan di bank. Kita bisa menabung kapan pun dan mengambilnya setiap saat.

Dalam menabung di bank,tidak seperti menabung dirumah dan di celengan. Tentunya kita harus mengakumulasikan uangnya terlebih dahulu dan baru kita pergi ke bank. Tidak mungkin kita datang jauh-jauh ke bank tetapi hanya ingin menabung sejumlah uang sebesar 5 rb atau 20 rb rupiah.

Minimal uang yang ditabung adalah 100 rb atau 200 rb,sehingga kemungkinan kita akan dilayani dengan baik. Takutnya mereka malas melayani kita jika kita datang menabung hanya dengan 5 rb rupiah.

8. Berjualan Pulsa

Selain menabung,kita juga bisa sekalian berbisnis. Pulsa merupakan kebutuhan semua orang,maka dari itu kemungkinan tinggi bisnis ini adalah hal yang tepat untuk menabung dan sekalian berbisnis. Berjualan pulsa merupakan Cara menabung yang baik untuk mahasiswa maupun pelajar. Dengan keuntungan yang terdapat dari penjualan pulsa,kita bisa menabung sedikit demi sedikit. Meskipun sedikit,kita harus selalu bersyukur.

9. Bekerja Keras

Bekerja keras adalah kunci utama dalam menabung,kita harus selalu berusaha keras untuk mendapatkan uang. Yang nantinya uang tersebut digunakan untuk ditabung. Seberapa pun hasilnya,simpanlah untuk ditabung. Karena tidak ada hasil yang mengkhianati hasil kerja keras.

10. Jangan Membeli Barang Yang Tidak Dibutuhkan

Jika kita hanya sekedar ingin menggunakan,atau sekedar ingin coba-coba dalam menggunakan sesuatu yang baru. Lebih baik batalkan niat itu,dan simpan saja uangnya. Hal tersebut hanyalah pemborosan dan nantinya barang yang dibeli akan tidak terpakai.

Menabung adalah hal yang sangat penting untuk semua orang,maka dari itu kita semua sudah diajarkan menabung sejak kecil. Tapi sayangnya,kebiasaan menabung tersebut terus menghilang sejalan dengan berkembangnya diri kita.

Padahal dengan cara menabung,kita bisa membeli semua yang kita inginkan dengan tertarget,tanpa harus menyusahkan orang tua atau siapapun.

Dari berbagai sumber..